-->

Type something and hit enter

Hosting Unlimited Indonesia
author photo
By On
advertise here

Sebagai anak sekolahan, sudah pasti kegiatan yang satu ini merupakan kegiatan yang pernah dialami oleh kalian semuanya. Entah itu dialami secara suka rela ataupun dialami karena terpaksa disebabkan mendapatkan tugas dari guru untuk melakukan presentasi di dalam kelas. Tapi pada dasarnya presentasi itu adalah kegiatan yang menarik kalau kalian semua tau bagaimana cara berpresentasi yang baik dan menarik di depan khalayak ramai. 

Nah, pada materi pertama di semester 5 ini kita akan belajar banyak hal seputar presentasi. Namun sebelum memulai mempelajari banyak hal tersebut alangkah lebih baiknya kita mempelajari dulu beberapa hal yang harus dipelajari di awal pelajaran. 

Presentasi yang baik dan menarik itu adalah presentasi yang bisa membuat banyak audiens merasa senang dan tenang dengan apa yang kita sampaikan dan visualisasikan selama presentasi kita. Karena banyak seorang presenter yang belum memahami pentingnya presentasi namun sudah melakukan presentasi di depan banyak orang sehingga menyebabkan presentasi yang membosankan. Bahkan dulu ketika jaman kuliah saya pernah mendapatkan cerita dari dosen saya yang mengatakan bahwa ada seorang guru yang sedang mengikuti PPG atau program pendidikan profesi guru  untuk mendapatkan sertifikat profesionalnya. Nah guru ini mempresentasikan sebuah materi namun pada presentasinya itu ada animasi bayi berjoged yang hanya menggunakan popok saja. Sedangkan materi yang disampaikan bukan tentang cara bayi berpopok berjoged. Itu salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para presenter dalam menampilkan presentasi di depan umum. Masih banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh presenter di depan umum selama presentasi dan itu semua akan kita bahas di pertemuan berikutnya. 

Ok, kita masuk materi pertama. Apa itu presentasi? 

Menurut KBBI, Presentasi adalah cara menyajikan atau mengemukakan informasi kepada orang lain untuk tujuan tertentu. Pada dasarnya manusia itu adalah makhluk visual dimana manusia, kita lebih senang tidak hanya mendengarkan tapi juga melihat apa yang diomongkan oleh orang lain. Tidak hanya mendengarkan tapi harus ada apa yang bisa dilihat dari apa yang diomongkan orang lain itu. Kalau cuma haya mendengar pun di dalam kelas sering terjadi seperti itu, tapi ketika seorang guru mampu menyampaikan sesuatu dibantu dengan menggunakan bahan presentasi maka itu bisa menarik minat siswa untuk memperhatikan pelajaran yang disampaikan. Lebih lagi kalau selama memberikan penjelasan guru tersebut menguasai materi dan benar-benar paham bagaimana cara menyampaikan materi dengan presentasi yang baik dan menarik. 

Nah, presentasi dilakukan sudah pasti punya tujuan tersendiri seperti yang disebutkan dalam pengertian presentasi di atas. Tujuan dari presentasi itu tergantung dari presenter itu sendiri, entah itu ingin memperkenalkan produk baru ataupun presenter ingin melaporkan hasil temuannya kepada orang lain yang dianggap punya kepentingan di dalamnya. 

Untuk materi pada tulisan selanjutnya akan membahas apa saja tujuan dari presentasi yang biasanya orang lakukan.

Materi Lain Seputar Presentasi : 

  1. Prolog
  2. Tujuan Presentasi
  3. Fungsi Presentasi

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Click to comment