-->

Type something and hit enter

Hosting Unlimited Indonesia
author photo
By On
advertise here

Presentasi pada dasarnya bertujuan untuk mevisualisasikan apa yang ingin disampaikan oleh presenter kepada audiens. Itu adalah tujuan mendasar dari kegiatan presentasi yang dilakukna oleh seorang presenter. Selain tujuan mendasar tersebut masih ada tujuan lain yang menjadi goal dari apa yang dilakukan selama presentasi, dan berikut adalah beberapa tujuan dari presentasi tersebut. 

1. Menyampaikan Sesuatu.

Selain untuk membantu mevisualisasikan apa yang ingin kita sampaikan selama presentasi. Presentasi juga digunakan untuk membantu presenter menyampaikan sesuatu kepada audiens entah itu pesan, pemahaman yang lebih terperinci ataupun hanya sekedar menyampaikan bahwa apa yang disampaikan itu tidak membosankan dan justru menarik untuk diperhatikan.

2. Meyakinkan Audiens.

Presentasi juga bisa digunakan untuk meyakinkan audiens tentang apa yang sedang disampaikan oleh seorang presenter. Sebagai contoh presenter yang sedang presentasi sedang mempresentasikan grafik perkembangan produk mereka nah dengan ditampilkannya grafik tersebut saat presentasi maka audiens yang melihat menjadi lebih paham dan yakin terhadap apa yang sedang disampaikan oleh si presenter.

3. Menghibur Audiens.

Kegiatan presentasi ataupun ngomong di depan umum kadang membuat audiens yang mendengarkan merasa bosan dan jenuh. Oleh sebab itu seseorang bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk menampikan tayangan presentasi sehingga hal ini bisa membuat orang lain merasa tertarik dan terhibur dengan apa yang sedang disampaikan oleh presenter tersebut. Tidak jarang dalam kegiatan-kegiatan pemberian motivasi atau inspirasi kita sering melihat motivator menampilkan slide presentasi yang isinya video atapun gambar yang mana gambar ataupun video tersebut bisa membuat audiens merasa terhibur dan tertawa selama kegiatan berlangsung. 

4. Menyentuh Emosi

Selain menghibur audiens, sering juga dalam acara-acara pemberian motivasi, para motivator memanfaatkan slide presentasi guna menyentuh emosi audiennya. Misal saat membicarakan keluarga, sang motivator menampilkan foto ilustrasi orang tua kita lalu tiba-tiba motivator berbicara dengan nada yang lebih pelan dan halus sehingga apa yang disampaikan sang motivator membuat para audiens meneteskan air mata dan sesenggukan karena hal tersebut. 

5. Menyampaikan Ide atau Gagasan

Misal kita bekerja di sebuah perusahaan dan mempunya ide atau gagasa baru yang bisa membantu memasarkan produk perusahaan tersebut. Kita bisa menyampaikan ide atau gagasan tersebut melalui presentasi di depan kolega ataupun bos kita guna menyakinkan apa yang ingin kita sampaikan. 

6. Memperkenalkan Diri/Instasi

Presentasi juga sering digunakan untuk tujuan memperkenalkan diri kita sendiri atapun juga instansi dimana kita bekerja atau berada. Hal ini lebih membantu orang lain untuk mengenal siapa diri kita ataupun instansi dimana kita berada. 

Itulah beberapa tujuan presentasi yang bisa dijadikan kenapa presentasi itu penting. Sebenernya masih banyak tujuan lain dari presentasi itu sendiri namun saya hanya menuliskan 6 saja karena sisanya harus kalian sendiri agar pengetahuan kalian tidak bersumber dari website ini saja. Pada pembelajaran yang telah kita lakukan minggu ini tujuan presentasi yang saya sampaikan ada 8 bukan 6. Kenapa demikian? kenapa saya hanya menyampaikan 6 saja di tulisan ini. Karena pada dasarnya tujuan presentasi itu tergantung dari presenter ataupun instansi apa goal yang ingin dicapai. Apakah menyampaikan informasi, mengenalkan diri atau hanya sekedar untuk menghibur agar audiesn tidak bosan dan jenuh selama presentasi berlangsung. 

Pada materi berikutnya kita akan membicarakan apa fungsi dari presentasi, dan kenapa kok presentasi itu penting. Jadi selamat belajar dan selamat berpresentasi dengan baik dan menarik. 

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Click to comment