-->

Type something and hit enter

Hosting Unlimited Indonesia
author photo
By On
advertise here

Seperti yang sudah saya ungkapan pada tulisan sebelumnya bahwa pada tulisan kalin ini kita akan membicarakan tentang apa saja fungsi dari presentasi dan kenapa kok presentasi itu penting untuk dilakukan. 

Kita langsung saja menuju pada fungsi presentasi yang pertama, yaitu :

1. Mempromosikan & Memperkenalkan Produk Baru

Presentasi bisa dijadikan sebagai alat untuk kita mempromosikan sesuatu kepada audiens ataupun kepada konsumen kita. Misalnya kita memiliki produk baru yang belum pernah ada di pasaran. Produk tersebut juga belum banyak pernah dikenal oleh orang di luar perusahaan maka momen presentasi ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk kita tersebut. Sebagai contoh kita sering melihat pada saat peluncuran produk smartphone baru sering banget yang namanya dilakukan dengan cara presentasi di depan khalayak ramai. Ataupun kalau masa pandemi ini dilakukan secara streaming di internet lewat youtube atapun sosial media yang lainya. Nah, pada saat itulah presentasi digunakan guna menampilkan bagaimana produk baru kita memiliki keunggulan dan kehebatan yang lebih dari produk sejenis milik kompetitor.

2. Mencari Sponsor

Kalau kalian mengikuti kegiatan organisasi di sekolah sebelum masa pandemi ini pasti beberapa dari kalian pernah melakukan hal ini. Mencari sponsor untuk kegiatan organsiasi/eskul kalian guna mendapatkan uang ataupun barang guna menunjang suksesnya kegiatan organisasi/eskul kalian yang sudah dirancang sedemikian rupa. Tidak hanya di sekolah tapi di kampus bahkan diperusahaanpun bisa demikian, mencari sponsor dengan cara mempresentasikan kegiatan yang akan dijalankan, bahwa kegiatan yang akan dijalankan ini memiliki prosepek ke depannya dan akan menguntungkan pihak sponsor karena telah mensponsori mereka selama kegiatan. 

3. Melaporkan Sesuatu

Pernah mendapatkan tugas presentasi di dalam kelas pasti apa yang kalian sampaikan dalam presentasi tersebut lebih sering adalah dalam bentuk laporan dimana sebelumnya kalian telah mengamati ataupun menemukan hasil dari pencarian tugas kalian lalu kalian melaporkannya di depan guru dan temen-temen kalian di dalam kelas. Nah, ini adalah salah satu fungsi dari presentasi dimana digunakan sebagai mendia untuk melaporkan sesuatu. Bahkan di perusahaanpun demikian, karyawan bisa menggunakan presentasi untuk melaporkan hasil pemasaran kepada bos mereka. Dimana di dalam laporan tersebut ada grafik serta bukti-bukti keuangan selama kegiatan pemasaran berlangsung. Bahkan kalau kalian pernah mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham, para direksi perusahaan biasanya melaporkan kinerja perusahaan selama periode yang telah mereka jabat kepada para pemegang saham. Hal ini seperti apa yang saya sebutkan di awal materi ini karena pada dasarnya manusia itu makhluk visual yang senangnya tidak hanya mendengar tapi juga melihat. 

4. Mendapatkan Perhatian

Melapokkan sesuatu, mencari sponsor, memperkenalkan produk baru. Presentasi dilakukan pada saat-saat itu tidak lain dan tidak bukan untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumen, untuk mendapatkan perhatian dari bos, dari pemegang saham perusahaan. Percuma kalau kita presentasi tapi tidak ada yang memperhatikan apa yang kita sampaikan. Sudah capek-capek ngomong panjang lebar tapi tidak satupun audiens yang memperhatikan karena tidak ada yang menarik dari omongan kita karena tidak ada slide presentasi sebagai visualisasi omongan kita di depan audiens.

Itu adalah sedikit fungsi dari presentasi yang bisa saya jelaskan di tulisan ini. Sebenernya masih banyak fungsi lain yang bisa kalian temukan dari presentasi itu sendiri. Pada pertemuan kita di kelas daring sudah saya sampaikan 6 fungsi presentasi yang bisa kalian dapatkan dari melakukan kegiatan presentasi namun pada tulisan ini saya haya menampilkan 4 saja karena saya ingin kalian mengingat kembali apa 2 fungsi yang tidak saya sampaikan di tulisan ini. Selain itu kalian juga bisa mencari sendiri fungsi presentasi dari sumber lain agar kalian tidak hanya terpaku pada materi yang telah saya sampaikan ini. Karena pada dasarnya kalian bisa belajar dari sumber mana saja dan kapan saja.

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Click to comment