Tentang

SafelinkU | perpendek linkmu dan dapatkan Uangnya!


Berawal dari kebiasaanku menulis buku harian (diary) sejak di Pesantren Pabelan (2000) yang diinspirasi dari cerita bapak kyai tentang sang pendiri Pesantren Pabelan yang juga ayah beliau yaitu Almarhum Kyai Hamam Ja'far yang juga suka menulis buku harian. Beliau  berkata "setiap orang besar itu punya buku harian", dari kata-kata beliau itulah aku mulai menulis buku harian sejak itu bahkan hingga sekarang meskipun tidak sesering dulu lagi.
 
Mungkin terdengar aneh karena seorang cowok tapi suka nulis buku harian (diary) yang notabene adalah sebuah kebiasaan cewek pada jaman itu. 
Setiap orang besar itu punya buku harian
Mulai berkenalan dengan blog juga saat masih di pesantren Pabelan (2005) pada saat itu masih menggunakan multiply dan driveblog (untuk yang satu ini entah jadi apa tidak ada jejaknya).  Saat itu juga internet masih belum sekenceng sekarang, masih menggunakan dial-up dengan bunyi khasnya seperti di warnet serta masih sedikit pengguna email gmail dibandingkan yahoo. Sosial media juga hanya ada myspace dan friendster saja sementara facebook belum terkenal seperti sekarang ini, mungkin hanya di pake di kampusnya si Mark saja.

Setelah lulus dari pesantren dan masuk kuliah di jurusan Teknologi Pendidikan (UNNES) tahun 2007 adalah saat-saat aku jadi semakin sering ngeblog dan mulai kenal dengan platform blogger serta wordpress. Pada saat itu pula aku mulai sering perpindah-pindah ngeblog dari platform blogger maupun wordpress. Dengan memanfaatkan fasilitas internet dan komputer gratis di laboratorium komputer jurusan aku bisa dengan leluasa mengakses internet untuk hanya sekedar mencoba-coba atapun belajar hal baru. Dari pada harus ke warnet di sebelah rumah kos, lab komputer jurusan merupakan pilihan terbijak dan tercerdik untuk menghemat keuangan selama menjadi mahasiswa. 

Mulai punya laptop sekitar tahun 2008-2009, aku gak inget tepatnya tapi yang pasti saat itu harganya 5jt dan aku sudah menjadi pengurus di himpunan mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan serta sering berada di Kantor PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa), bahkan sering nginep disana karena ada fasilitas internet gratis. 

Itulah sejarah bagaimana sampe sekarang aku suka menulis, dari sekedar suka menulis buku harian (diary) lalu kemudian menulis blog hingga sekarang ini pun masih akftif meskipun apa yang aku tulis tidak sebanyak waktu dulu kuliah. 

Dulunya blog ini tidak beralamatkan ngopot.com tapi awalnya di griyokulo.blogspot.com lalu kemudian aku beli domain www.edus.web.id (2010) lalu pada tahun 2013 karena aku pengen nyari alamat baru yang lebih asing dan menggambarkan diriku maka nemulah alamat baru di www.isengrapher.com yang pada waktu itu instagram lagi booming-boomingnya. 

Ternyata seiring berjalannya waktu, rasa bosan muncul juga dengan domain yang sudah aku miliki sebelumnya, hingga di tahun 2019 akhir kemarin aku ganti lagi alamat blognya di www.hayoo.net. Namun sayangnya pada awal tahun 2020 aku mendapatkan ide untuk ganti alamat baru setelah melihat ada tulisan "ojo ngopot" di moncong sebuah mobil L300 bak terbuka yang terpakir di depan rumah orang. Dari situlah aku jadi kepikiran untuk mengganti lagi nama domain menjadi www.ngopot.com karena ngopot itu artinya adalah ngoceh, tapi kali ini aku ngocehnya tidak pake mulut, namun pake tulisan karena setiap kali aku punya ide untuk ditulis yang awalnya idenya sedikit lalu saat ditulis jadi semakin melebar dan memanjang hingga berberparagraf-paragraf. 

Menulis juga merupakan salah satu caraku untuk mengungkapkan kegundahan, kegelisahan serta ide-ide dan isi pikiranku yang tidak cukup untuk diungkapkan dengan kata-kata.

0 Response to "Tentang"

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah