Tipe Data Lain di Pascal

Selama ini kita sudah mengenal dan mengaplikasikan tipe data string, real dan integer ke dalam kode pascal kita, namun masih belum sempat mengaplikasikan tipe data char, boolean, enumerated, subrange serta array. Oleh sebab itu kali ini kita akan mencoba membahasa tipe-tipe data tersebut. Semoga saja tidak terlalu panjang penjelasan yang akan saya berikan ini. Untuk tipe data real, integer dan string saya rasa sudah terlalu banyak contoh yang digunakan oleh sebab itu pelajaran kali ini lebih fokus selain ketiganya.



TIPE DATA CHAR
Ok, kita mulai dengan tipe data CHAR. Tipe data char adalah tipe data yang hanya bisa diisi dengan 1 (satu) karakter saja dan karakter itu harus ditulis diantara tanda kutip. Karena hanya membutuhkan satu karakter saja maka memory yang digunakan oleh tipe data ini hanya 1 byte memory saja. Berikut ini adalah contoh penulisan kode pascal dengan menggunakan tipe data CHAR.

Kode di atas kalau dijalankan maka hasilnya adalah seperti dibawah ini. 

 

TIPE DATA BOOLEAN

Tipe data ini hanya bisa diisi dengan salah satu nilai dari dua nilai yaitu BENAR (TRUE) dan SALAH (FALSE) saja. Tipe data ini banyak digunakan untuk pencabangan kode program atau untuk memutuskan apa yang harus dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi dalam sebuah program.

Sebagai contoh bila ada dua tikungan jalan ke kanan dan ke kiri  maka disinilah tipe data ini digunakan. Bila tidak ke kanan maka harus ke kiri, bila tidak ke kiri maka harus ke kanan. Kalau ke harusnya ke kanan tapi malah ke kiri makan itu salah atau FALSE.

Perhatikan contoh kode di bawah ini dan hasilnya juga 

Maka hasilnya adalah seperti di bawah ini.

Itu adalah tipe data boolean, sekarang kita langsung membahasa untuk tipe data selanjutnya yaitu TIPE DATA ENUMERATED. Tipe data yang satu ini adalah tipe data khusus yang isinya bisa kita tentukan sendiri. Sebagai contoh kita bisa menentukan tipe data warna, hari, bulan, bahkan nama manusia yang mana di dalam tipe data tersebut ada berbagai macam nilai juga.

Untuk menggunakna tipe data ini kita harus menggunakan perintah type, lalu kemudian kita mendeklarasikannya menggunakan perintah variabel (VAR).

Bila diperhatikan maka variabel d, h dan r hanya bisa diisi dengan nilai yang sudah ada pada perintah TYPE. Bila diberikan nilai lain selain yang ada pada perintah TYPE maka hasilnya adalah eror. Selain itu nilai angka juga tidak bisa digunakan di dalam tipe data enumerated 
 
TIPE DATA SUBRANGE
Tipe data ini adalah tipe data yang merupakan bentukan yang berasal dari bagain (sub) dari tipe data lain yang masih dalam jangkauan (range). Tipe data ini bisa digunakan untuk membatasi nilai yang akan digunakan dalam variabel. Sebagai contoh, angka 1 sampai dengan 9 yang merupakan bagain (sub) dari tipe data integer. Bila kita mencoba mengisi nilai dari tipe data ini diluar angka 1 sampai dengan 9 maka yang muncul pada program pascal kita adalah eror.

Cara menggunakan tipe data subrange ini sama dengan cara menggunakan tipe data enumerated, dimana kita harus menambahkan perintah TYPE sebelum variabel seperti contoh di bawah ini. 
Bila diperhatikan kode di atas maka saya gabung-gabung antara angka, huruf dan juga data dengan tipe enumerated. Hasil dari kode di atas adalah seperti gambar di bawah ini.

TIPE DATA ARRAY
Nah, tipe data terakhir yang akan kita pelajari adalah ARRAY, yaitu tipe data yang hampir selalu ada di setiap bahasa pemrograman. Tipe data ini adalah tipe data bentukan yang terdiri dari kumpulan tipe data lainnya, hal ini untuk membuat variabel yang lebih simpel dan efisien tentunya dari pada harus menulis tipe data yang banyak.

Sebagai contoh perhatikan kode di bawah ini!
 
Hasilnya adalah seperti di bawah ini.

Lalu bandingkan dengan kode dibawah ini berserta dengan hasilnya.

Hasilnya adalah seperti di bawah ini.

Dari kode di atas dapat dilihat bahwa saya menggunakna dua tipe data yaitu integer dan string di dalam kode pascal yang membahasa tentang tipe data array ini.

Kira-kira itulah materi yang hari ini kita bahas, agar kalian bisa lebih paham lagi silahkan kalian belajar sendiri dengan cara mengubah tipe data dan nilai dari setiap contoh yang ada di atas kemudian kalian jalankan kode itu apakah berhasil atau tidak. Kalian juga bisa menggabungkan semua tipe data ke dalam satu kode program untuk menambah pengetahuan dan keterampilan kalian dalam mempelajari bahasa pemrograman pascal ini. 


Sumber tulisan : char, boolean,enumerated, subrange, array.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tipe Data Lain di Pascal"

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda:

Iklan Tengah Artikel 2

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Iklan Bawah Artikel