Write & WriteLN serta Read & ReadLN

Minggu lalu kita sudah belajar yang namanya konstanta, sedangkan minggu sebelumnya kita juga sudah belajar tentang variabel. Nah, untuk minggu ini kita akan belajar dan membedah fungsi dari WRITE & WRITELN serta READ & READLN.

Kira-kira apa fungsi dari keempat statement itu kok gak pake salah satu aja. Nah, biar atu maka baca tutorial ini sampe selesai dan diakhir tutorial ini juga saya sertakan video youtube yang bisa kalian tonton yang membahasa tentang perbedaan serta fungsi dari keempat statemen itu.


Ok. pada dasarnya WRITE dan WRITELN itu disebut dengan statement yang digunakan untuk menampilkan sesuatu di dalam kode pascal ke jendela tampilan, itu loh jendela tampilan yang warna hitam saat kau ngeklik RUN (kalau di Android tanda segitiga).

Dalam istilah pemrograman, statement WRITE & WRITELN ini digunakan sebagai perintah "output" karena apa yang menjadi nilai dari statement  WRITE & WRITELN ini akan muncul di layar kalian.

Sedangkan perbedaannya adalah, untuk WRITE sendiri digunakan untuk menampilkan sesuatu (anggap saja tulisan) dalam satu baris. Artinya bila ada perintah WRITE dua kali maka kedua nilai dari WRITE ini akan muncul dalam satu baris, seperti perintah dibawah ini yang ditulis dengan WRITE.

Dimana kode di atas bila dijalakan maka hasilnya adalah seperti di bawah ini. 

Dari hasil menjalankan program itu muncul tulisan EDISUSILO yang menyamping ke kanan bukan kebawah seperti halnya saat kita menulis kodenya. Hal ini tentu berbeda dengan yang terjadi bila menuliskan dengan perintah WRITELN (write line) yang hasilnya nantinya akan ke bawah bukan ke samping seperti di atas. Mari kita ubah kode di atas menjadi perintah WRITELN untuk membuktikan hasilnya seperti kode di bawah ini.

Untuk hasilnya bisa dilihat di bawah ini gambarnya. 


Dari hasil program yang dijalankan di atas, maka diketahui sudah perbedaan dari WRITE & WRITELN, yaitu baris dari hasil tampilan layarnya berbeda. WRITE jadinya satu baris (ke kanan) sedangkan WRITELN jadinya ganti baris kebawah.


Sekarang kita akan membahas fungsi dan perbedaan dari READ & READLN yang ada di kode pascal. Nah, kalau WRITE & WRITELN itu digunakan sebagai output dalam pascal, lain lagi kalau READ & READLN yang digunakan sebagai input-nya. 

Untuk menggunakan READ & READLN maka kita membutuhkan variabel yang digunakan untuk menaruh hasil input dari pengguna. Variabel ini harus memiliki tipe data yang sama dengan yang diinput. Misal kita ingin memasukan nama maka tipe datanya adalah string sedangkan kalau kita ingin memasukan umur seseorang maka tipe datanya adalah integer, begitu juga yang lainnya. 

Sekarang coba tulis kode di bawah ini ke dalam aplikasi pascal di PC atau androidn kalian masing-masing.

Dari kode di atas bila dijalankan maka hasilnya adalah sebagai berikut ini. 

Tampilan hasil di atas adalah tampilan setelah saya masukan input ke dalam programnya, bukan saat pertama kali program di jalankan. Untuk memasukan (nginput) data kita harus menggunakan keyboard (komputer) atapu keypad (Android) lalu tekan ENTER agar input berikutnya muncul. Setelah semua data yang dimasukan selesai maka akan menampilkan ringkasan data yang sudah diinput. 

Saya yakin setelah mencoba mempraktikan kode di atas maka kalian sudah mulai paham fungsi dari READ & READLN. Kalau sudah paham cobalah kode diatas diubah nilainya dan tipe datanya agar kalian menjadi lebih paham lagi. 

Untuk perintah READ akan membaca data secara ‘horizontal’. Setelah proses input selesai, posisi kursor akan tetap berada di baris yang sama. Kita bisa menggunakan karakter ‘spasi’ atau ‘enter’ untuk memisahkan 1 input dengan input lainnya (dengan beberapa pengecualian).

Sedangkan perintah READLN akan membaca data secara ‘vertikal’. Setelah proses input selesai, posisi cursor akan pindah ke baris baru seperti halnya perintah <BR> dalam kode HTML yang digunakan untuk membuat baris baru. Kita bisa menggunakan karakter ‘enter’ untuk memisahkan 1 input dengan input lainnya.


 

Sebenernya masih banyak fungsi dari READ & READLN yang bisa kalian pelajari. Namun tulisan ini saya batasi hingga disini saja agar kalian bisa belajar lebih fokus ke fungsi dari keempat statement di atas. Bila kalian ingin mempelajari lebih lanjut silahkan kalian bisa membacanya disini. Sedangkan untuk materi WRITE & WRITELN lainya bisa dibaca disini

Kalian juga bisa belajar dari video di bawah ini tentang materi di atas. Jangan lupa untuk yang baru menonton atau yang belum subscribe silahkan klik SUBSCRIBE, LIKE & SHARE videonya agar bisa dipelajari oleh yang lain juga.


sumber tulisan : write & writeln | read dan readln

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Write & WriteLN serta Read & ReadLN "

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda:

Iklan Tengah Artikel 2

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Iklan Bawah Artikel