Tips Menentukan Nama Anak

Memang yang namanya nama itu bisa dikatakan adalah sebuah doa dari orang tua yang akan selalu melekat pada diri anak hingga akhir jaman. Oleh sebab itu memilih nama untuk anak jangan asal apalagi main-main, karena mbikinya saja gak main-main mosok ngasih namanya main main. Selain itu memberi nama anak adalah salah satu dari kewajiban orang tua yang harus ditunaikan dan kelak kewajiban itu akan diakhiri dengan menikahkan anak dengan gadis/pria yang menjadi pilihan hidupnya. 

Nah, untuk itu aku akan ngasih sedikit tips buat para bapak yang sebentar lagi mau punya anak tapi masih bingung mencari nama untuk sang anak tercinta, apalagi kalau anak pertama seperti yang aku alami ini. Sebetulnya sebelum ini aku pernah nulis juga soal mencari nama anak cowok yang ternyata lebih susah dari pada mencari nama untuk anak perempuan. Tapi akhirnya aku dapat juga nama anak cowok yang aku inginkan dan juga disetujui oleh istriku.
New born baby via unsplash
Semua tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadiku, oleh sebab itu bisalah diaplikasikan juga oleh para calon bapak atau bapak-bapak yang akan memiliki anak sebentar lagi. 

Ok, kita mulai dari aku perkenalkan siapa nama pertamaku dan kenapa akhirnya aku memilih nama itu sebagai nama untuk anak laki-lakiku ini. Jadi nama anakku adalah Magenta Reksa Ardana Susilo, nama yang cukup panjang dan lumayan menguras pikiran untuk mencari dan akhirnya dapat nama itu. Magenta sendiri adalah salah satu warna dalam dunia percetakan atau kalau sering ngeprint maka di salah satu tinta printer yang terdiri dari CMYK adalah warna magenta. Magenta adalah warna campuran dari merah dan biru dan artinya dari warna magenta sendiri adalah tenang atau kalem, meskipun banyak arti yang lain tapi aku mengambil arti yang satu ini yaitu kalem/tenang. Sedangkan nama Reksa sendiri miliki arti Menjaga (penjaga) seperti dalam kata Bahurekso (sang penjaga) yang sering kita dengan dari cerita-cerita dari tanah jawa. Untuk kata Ardana sendiri berarti kemuliaan dan kekayaan. Sedangkan nama akhir Susilo itu aku ambil dari nama akhirku sendiri Edi Susilo. Kerana aku punya keinginan bila punya anak maka nama akhirnya semua aku kasih kata Susilo yang berarti sopan santun ataupun akhlak.  
Nah, kalau diartikan maka nama anaku adalah sang penjaga kemuliaan/kekayaan yang kalem dan baik akhlaknya. 
Nama magenta sendiri adalah nama yang pertama aku temukan sebelum aku memutuskan untuk menggunakan nama dengan empat kata untuk anakku. Lalu karena aku sekarang sedang suka dalam dunia investasi terutama saham maka aku harus menemukan nama yang sesuai dengan kesukaanku saat ini yaitu investasi. Akhirnya aku searching di gugel dan menemukan kata reksa yang artinya menjaga dan aku teringat bahwa sebelum aku terjun ke saham dulu tahun 2017 aku pertamanya investasi di reksadana. Akhirnya aku putuskan untuk menggunakan kata reksa juga untuk nama anakku. Tapi aku bingung bagaimana biar kalau disambung nama anakku bisa nyambung sama reksadana. Akhirnya aku searching di gugel lagi kata dana dan akhirnya menemukan kata ardana yang artinya kemuliaan atau kekayaan. Dari situlah aku memutuskan untuk menggunakan nama Reksa Ardana sebagai anakku dengan ditambahkan akhiran Susilo karena dia adalah anakku meskipun aku tau nama susilo itu sudah pasaran dimana-mana. 

Awalnya aku hanya mengusulkan nama Reksa Ardana Susilo sebagai nama anak pertama kepada istriku. Tapi istriku inget dulu aku pernah nawari nama magenta untuk nama anak pertama kami sebelum menemukan kombinasi nama seperti sekarang ini dan istriku meminta agar nama magenta ada di dalam nama anak kami. Akupun setuju meskipun akhirn nama anak kami jadi semakin panjang karena kombinasi dari 4 kata. Istirku juga berkata gak apa-apa namanya empat kata karena nama ibu dan ayahnya masing-masing dua kata dan kalau ditambahkan jadi empat kata seperti nama anak kami sekarang.

Itulah pengalamanku mencari nama anak untuk anak pertama kami, ternyata mencari nama anak bisa terinspirasi dari hobi atau kesukaan yang sedang kita geluti kok. Seperti halnya aku yang menamakan anak kami dengan nama Magenta Reksa Ardana Susilo ada kata Reksadana kalau digabungkan kata tengahnya yang menandakan kalau awal aku investasi adalah di reksadana dan itu juga jadi doa kalau kelak anakku juga suka berinvestasi seperti ayahnya ini dan juga anak adalah salah satu bentuk investasi dunia dan akhirat bagi kedua orang tuanya. 

Istirku juga pernah nyeletuk kalau kata Reksa itu singkatan dari rekening saham, aku sih ketawa aja mendengar istriku sampe nyeletuk begitu, tapi boleh juga celetukan istriku ini. 

Nah, sekarang bagaimana dengan para bapak yang sekarang sedang kebingungan mencari nama untuk calon anaknya. Cobalah cari nama yang berhubungan dengan hobi atau kesukaan bapak-bapak semua barang kali ada nama yang cocok dan unik yang bisa jadi nama untuk anak bapak-bapak sekalian. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi para bapak atapun para ibu untuk mencari nama anak yang unik dan sesuai dengan keinginan tapi tidak melupakan arti dan makna dari nama anak tersebut. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menentukan Nama Anak"

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel