Pengertian Pemrograman

Selamat datang di kelas XI untuk murid-muridku yang telah pindah kelas dari kelas X di gedung sealatan sekarang ke gedung utara yang lokasinya menghadap ke selatan. Semoga saja di gedung yang baru tapi bangunannya lama ini kalian jadi semakin terbuka pikirannya tentang pentingnya belajar dan memgetahui siapa diri kalian sejatinya. Mari kita tinggalkan dan lupakan semua yang buruk dari kelas X dan move on ke suasana baru yang insya Allah akan lebih baik dan lebih asik tentunya. Meskipun kondisi sekarang memaksa kita untuk tetap melakukan pembelajaran secara daring (online) dari rumah masing-masing. Tapi saya yakin justru dengan belajar dari rumah masing-masing kalian menjadi semakin santai dan tentunya lebih bebas.

Untuk kelas XI ini, kelas XI IPS 1 dan 2 kembali bertemu dengan saya untuk satu tahun ke depan. Dan itu artinya kalian sudah tau bagaimana cara mengajar saya dan apa yang tidak saya suka dari proses pembelajaran yang terjadi. Oleh sebab itu mari kita memulai tahun ajaran ini dengan bersama-sama membuat komitmen agar apa yang akan kita pelajara di kelas XI ini menjadi lebih asik dan mudah dipahami. 

Karena untuk kelas XI ini kita akan mempelajari materi baru yaitu seputar pemrograman komputer. Adapun untuk pemrograman komputer sendiri akan kita mulai dari perkenalan apa itu sesungguhnya pemrograman dan untuk apa sih pemrograman itu sendiri. 

Kalau menurut wikipedia, Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritme, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritme yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma (pandangan) pemrograman. 

Kalau berdasarkan situs codepolitan, Pemrograman adalah sebuah proses yang mencakup kegiatan seperti analisis, algoritma, yang diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman sehingga dapat dijalankan oleh komputer. Pengertian lainya yang secara sederhana, pemrograman adalah proses kreatif yang menginstruksikan komputer bagaimana menyelesaikan suatu tugas.

Nah, untuk pemrograman ini sendiri akan sangat terkait dengan yang namanya algoritme/algoritma.
Kata algoritma/algoritme ini biasanya kalian dengar dari pelajaran matematika. Iya matematika karena pada dasarnya apa yang digunakan dalam dunia pemrograman ini dasarnya adalah ilmu matematika yaitu berhubungan dengan logika. Oleh sebab itu algoritma sendiri pengertinanya adalah urutan langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesiakan masalah (terutama dalam hal ini adalah masalah komputasi) dalam pemrograman. 

Untuk pembahasan secara rinci soal algoritma akan kita pelajaran pada materi selanjutnya, kita pelan-pelan saja belajar materi satu ini, yang penting kalian semua paham dan mengerti dalam serta luarnya.


Setelah kalian membaca penjelasan singkat tentang apa itu pemrograman yang tertulis di atas, sekarang mari kita ulangi lagi dan tambah sedikit tentang apa itu pemrograman?

Sesuai dengan penjelasan di atas, bila kita merangkum semua penjelasan di atas amak  pemrograman adalah suatu kegiatan merancang, menulis (coding), mengujicoba, memperbaiki (debug) serta akhirnya setelah program diluncurkan maka dilakukan perawatan/pemeliharaan program tersebut oleh orang yang yang membuat program yang disebut dengan julukan programer.


Jadi ada istilah, pemrograman, program, programer belum lagi nanti ditambah dengan bahasa pemrograman.

Istilah pemrograman sendiri sudah dijelaskan di atas, sekarang marih masuk ke istilah yang lain, yaitu yang kedua ada istilah program. Program atau sering kali disebut sebagai program komputer adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. Istilah lain dari program adalah aplikasi, istilah aplikasi ini biasanya kalian kenal di smartphone, meskipun di komputer juga sering orang menyebut aplikasi. Nah, aplikasi atau program ini yang biasanya kalian gunakan di komputer ataupun di smartphone. Sebut saja program/aplikasi Microsoft Word, Aplikasi Instagram, Kamera di smartphone, bahkan kalau kalian menggunakan smartphone Android maka semau yang ada di dalamnya itu disebut dengan aplikasi ataupun program.

Untuk programer sendiri adalah orang yang memiliki kemampuan (skill) untuk merancang, menulis (membuat), mengujicoba, memperbaiki, serta merawat program yang ada. Jadi bisa dikatakan programer adalah sebutan untuk mereka yang kerjaanya membuat program komputer, aplikasi smartphone, bahkan program/aplikasi lainya.

Sedangkan bahasa pemrograman sendiri adalah bahasa yang digunakan oleh para programer untuk menuliskan kode-kode yang akan digunakan untuk membuat sebuah program. Jadi bahasa pemrograman itu seperti halnya bahasa kita sehari-hari yang digunakan untuk berkomunikasi antar sesama. Namun bahasa pemrograman disini yang menggunakan adalah sang programer untuk berkomunikasi dengan komputer yang notabene adalah mesin.

Untuk bahasa pemrograman sendiri ada banyak, seperti JavaScript, PHP, C + +, Java, Python, Ruby dan lain sebagainya. Bahkan meskipun banyak yang menganggap HTML & CSS tidak termasuk bahasa pemrograman, tapi nyatanya jika di lihat dari mana program web berasal maka bisa di pastikan html/CSS adalah dasar dari itu semua,jadi jika anda ingin belajar membuat web statis terebih dahulu anda pasti akan belajar HTML/CSS dasar.


Bagaimana, dari sekian penjelasan di atas saya rasa sudah sangat cukup untuk perkenalan pertama berkaitan dengan apa itu pemrograman. Tidak perlu banyak dan terlalu panjang lebar untuk perkenalan pertama dengan pemrograman. Karena selebihnya kalian bisa mencari referensi dari berbagai sumber yang ada di internet maupun di perpustakaan berkaitan dengan pengertian pemrograman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

72 Responses to "Pengertian Pemrograman"

  1. 13. Evelyn Daniela Sidauruk
    Pemprograman : cara kita untuk memberikan instruksi(program) yang simpel dan terstruktur pada komputer. Yang dimana program tersebut adalah instruksi-instruksi dalam bahasa komputer atau statemen yang disusun secara logis dan sistematis

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, bagus sudah bisa merangkum sendiri sesuai dengan bahasa kamu, pemahaman membuat rangkuman materi dengan bahasa sendiri itu penting.

      Delete
  2. 22. Kristiani Lieanna P
    Bagaimana cara menyelesaikan tugas dengan cara permograman?

    ReplyDelete
  3. 3. Almira Syifa Amadea
    Pemprogaman ialah proses penulisan, pengujian, debuggining, dan pengelolaan kode yang menciptakan program komputer. Kode ini ditulis dalam bahasa pemprogaman. Tujuannya adalah untuk memuat program yang dapat melakukan perhitungan atau "bekerja" sesuai dengan keinginan programmer. Yang dibutuhkan pemprogramer adalah pengetahuan ttg algoritma, logika, dan bahasa pemprograman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, betul sekali, tapi tidak itu saja pengetahuan yang harus dikuasai oleh programer, programer juga harus minimal bisa bahasa Inggris. Kenapa bahasa Inggris karena kebanyakan bahasa pemrograman itu ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu banyak juga tutorial pemrograman yang menggunakan bahasa Inggris. Oleh sebab itu programer minimal harus bisa bahasa Inggris agar menunjang pengetahuannya serta membantu mengembangkan kemampuan/skillnya.

      Delete
  4. Nama: Firyal Rasyad Krisfianda
    Kelas: XI IPS 2
    No. Presensi: 15

    Berdasarkan referensi dari sumber lain yang sudah saya baca, yaitu markey.id.
    Jadi, pemrogaman adalah rangkaian langkah untuk menulis, mengetes, memperbaiki, dan melakukan pemeliharaan terhadap perintah-perintah berupa kode pada program komputer.
    Ada beberapa konsep dasar yang harus dipahami dalam materi ini, di antaranya:
    1) Originating yaitu pengumpulan data dalam catatan, guna mempermudah proses input.
    2) Input yaitu proses pemasukkan data-data ke dalam komputer.
    3) Processing yaitu proses menghitung, membandingkan, mengurutkan, dan mengklasifikasikan berdasarkan kelompok tertentu.
    4) Output yaitu keluaran dari input yang telah mengalami proses panjang yang akan dikemas dalam perangkat keras baik audio maupun visual
    5) Distribution yaitu proses penyebaran informasi kepada pihak tertentu.
    6) Storage yaitu rangkaian tahap pemrogaman dalam bentuk proses perekaman terhadap hasil olahan input.
    7) Bahasa pemrogaman yaitu bahasa yang digunakan untuk menuliskan kode dalam membuat sebuah program.
    Di dalamnya, terdapat berbagai jenis bahasa pemrogaman, di antaranya:
    a. Java adalah salah satu jenis bahasa pemrogaman yang sering digunakan. Salah satunya, aplikasi yang kita gunakan di android ini, sebagian besar dibuat menggunakan bahasa pemrogaman Java.
    b. Pascal adalah salah satu jenis bahasa pemrogaman yang jarang digunakan, meskipun begitu kualitas pascal termasuk yang mumpuni dan cocok dipelajari di sekolah atau kampus.
    c. C++ adalah salah satu jenis bahasa pemrogaman yang berorientasi pada objek. Ada juga jenis lain yaitu PHP, salah satu jenis bahasa pemrogaman yang sering juga digunakan oleh banyak orang dan ketika berkombinasi dengan html akan menciptakan aplikasi web yang lebih menarik dalam segi tampilan dan fungsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus, tambahan pengetahuan yang sangat membantu, semoga temen2 yang lain juga membaca komentar/tanggapan2 yang ada agar tidak terlalu terpatok dengan materi yang saya berikan. Karena pada dasarnya ilmu pengetahuan itu luas dan sumbernya banyak, seperti sumber yang diberikan oleh Firyal di atas. Terimakasih Firyal untuk pengetahun tambahanya.

      Delete
  5. 06. Angeline Putri
    Pemograman adalah sebuah seni yang menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan bahasa, untuk membuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau pekerjaan sesuai dengan keinginan si pemogram.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa apa nih yang dimaksud? mungkin maksudnya bahasa pemrograman tentunya. Iya Algoritma digunakan untuk menyelesaikan masalah oleh sang programer.

      Delete
  6. VICTOR VITRIANTO (34)
    pemograman adalah proses penyusunan, pemeliharaan dan juga melakukan modifikasi untuk bisa memberikan perintah pada mesin untuk memproses sebuah data.  Sebuah perintah yang bisa dipahami oleh mesin akan berbentuk sintaks.
    Untuk dapat menyusun sintaks dengan baik maka programmer membutuhkan penguasaan pada suatu bahasa pemrograman.
    pemrograman punya banyak bahasa tetapi hanya 2 yang sering digunakan java, dan phyton.

    Java:
    Bahasa pemrograman ini berusia lebih dari 20 tahun, dan telah digunakan oleh lebih dari 10 juta developer dan 15 miliar perangkat di seluruh dunia. Ia bisa berjalan di hardware dan sistem operasi manapun melalui Java Virtual Machine. Semua aplikasi Android dan 90 persen dari perusahaan-perusahaan Fortune 500 menggunakan Java untuk pengembangan backend-nya.

    Phyton:
    Phyton adalah bahasa pemrograman umum yang digunakan untuk pengembangan web dan bahasa pendukung untuk pengembang software. Bahasa ini juga digunakan secara luas pada komputasi saintifik, data mining, juga machine learning. Tumbuhnya kebutuhan terhadap developer machine learning inilah yang meningkatkan popularitas Phyton. Ia juga digunakan oleh beberapa situs seperti Instagram, YouTube, Reddit, dan NASA

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya tidak hanya 2 (phyton & java) saja sih, tapi ya memang untuk saat2 ini yang populer kebanyakan adalah 2 bahasa pemrograman itu. Sekarang jadi tau kan kalau youtube yang sering digunakan oleh kalian itu dibuat dengan bahasa pemrograman seperti phyton (terdengar familiar karena namanya seperti nama ular).

      Delete
  7. 35. Yosafat Adi Hernowo
    Pengertian Pemrograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, bisa dikatakan begitu, bagus penjelasan secara singkatnya

      Delete
  8. Niken Dwi Puspitasari
    Pemrograman : Suatu proses penulisan dan kode sumber sehingga membentuk sebuah program. Bahwa pemrograman bisa dikatakan proses pembuatan program

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, tapi tidak hanya menulis kode dan kode sumber ya, masih ada pengecekan/ujicoba program yang disebut dengan ......................., belum lagi kalau program sudah jadi nanti harus di....................... juga agar tidak terjadi masalah selama program berjalan (titik2 bisa diisi sendiri)

      Delete
    2. 20. Khoirunnisaa
      Dalam program komputer pengujian unit dalam sebuah metode penguji perangkat lunak program yang sudah jadi harus tetap dijaga agar tidak terjadi masalah selama program berjalan

      Delete
  9. 11.Dewi Sunia
    Pemrograman adalah suatu proses yang melibatkan algoritme dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk menjadi suatu program komputer.Ilmu matematika menjadi ilmu dasar dalam dunia pemrograman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, matematika berperan penting dalam dunia pemrograman tapi bukan berarti kalau tidak bisa matematik terus tidak bisa belajar pemrograman ya.

      Delete
  10. 25. Nawal
    Programming adalah sebuah proses seseorang menulis, memperbaiki, menguji, dan memelihara kode-kode dalam membuat sebuah program komputer. Kode-kode tersebut ditulis dalam bahasa pemrograman yang tidak hanya ada satu macam saja.
    Kita bisa membuat sebuah program dengan bahasa pemrograman yang mungkin berbeda dengan bahasa milik orang lain. Tergantung bahasa pemrograman apa yang kita kuasai dalam melakukan program sistem. Dengan memahami dan mampu mengaplikasikan langsung bahasa ke dalam program.
    Suatu pekerjaan programming akan sesuai dengan keinginan. Namun, untuk melakukan programming tidak hanya bahasa pemrograman saja yang dibutuhkan. Kita juga harus memahami mengenai logika, algoritma, dan pengetahuan lainnya terkait programming. Jadi, hubungan antara semua pengetahuan tersebut merupakan kombinasi yang dapat menciptakan program yang efektif, efisien, dan dapat dijalankan sesuai rencana pembuatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, belum lagi kemampuan berbahasa inggris seperti yang sudah saya jelaskan di balasan komentarnya Almira. Ide dan kreatifitas juga penting agar apa yang diciptakan tidak seperti milik orang lain tapi bener2 orisinil hasil karya sendiri

      Delete
  11. 08. Azahra Nur Alivia
    Pemograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh kompute. Sedangkan pengertian bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

    ReplyDelete
  12. 32. Salwa Septiani Zahra

    Bahasa pemrograman atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan programkomputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenislangkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi

    ReplyDelete
  13. 23. Surya
    pemrograman bisa didefinisikan sebagai proses penyusunan, pemeliharaan dan juga melakukan modifikasi untuk bisa memberikan perintah pada mesin untuk memproses sebuah data.

    ReplyDelete
  14. 01. Adinda Joanita Bunga Asmara
    Pengertian pemograman adalah sebuah proses kreatif yang menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, sehingga dapat dijalankan oleh komputer.

    ReplyDelete
  15. (30) Rikarda Chika Marcella Harijanto
    Pengertian pemrograman bisa didefinisikan sebagai proses penyusunan, pemeliharaan dan juga melakukan modifikasi untuk bisa memberikan perintah pada mesin untuk memproses sebuah data.  Sebuah perintah yang bisa dipahami oleh mesin akan berbentuk sintaks. Untuk dapat menyusun sintaks dengan baik maka programmer membutuhkan penguasaan pada suatu bahasa pemrograman.

    ReplyDelete
  16. 2. Ahmad Zida Niam

    Pemrograman merupakan suatu proses yang meliputi menulis, testing, memperbaiki, danmemaintenace (memelihara) perintah-perintah (kode/ script) sebuah program komputer.
    Sesuai dengan pengertian diatas maka proses pemrograman yang akan dilalui yaitu :
    1)Programmer menulis kode-kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu
    2)Setelah kode-kode selesai ditulis, programmer akan melakukan rilis (biasanya ada versi program alfa, beta, dan stable) dan testing.
    3)Lalu programmer akan mencari apakah ada kesalahan (debug) pada program yang sudah dirisil
    4)jika ditemukan debug, programmer akan mencari dimana letak kesalahan kemudian memperbaikinya
    5)Tahap selanjutnya programmer akan merilis program dengan versi yang lebih baru. Lalu akan dilakukan pemeliharaan secara berkala.

    Tidak ada program komputer yang sempurna. Programmer akan selalu melakukan update terhadap programmnya sesuai dengan kebutuhan user dan perkembangan teknologi yang baru.

    ReplyDelete
  17. 08. Azahra Nur Alivia
    Pemograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh kompute. Sedangkan pengertian bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

    ReplyDelete
  18. Nama: puspita dewi rani (29) Xl ips 1
    Menurut artikel yang saya baca dari artikel makinrajin
    Progaming adalah sebuah proses seseorang menulis,memperbaiki,dan mememlihara kode² dalam membuat sebuah program komputer kode² tersebut di tulis dalam bahasa pemrogaman yang tidak hanya 1 nama saja .untuk melakukan progaming tidak bisa hanya bahasa pemograman yang di butuhkan kita juga harus memahami mengenai logika,algoritma.
    Apa itu logika dan algoritma?
    Logika dan algoritma komputer adalah sebuah ilmu yang digunakan dalam mempelajari pemrogaman komputer
    ~Logika
    Logika adalah sebuah penalaran mengenai sesuatu hal yang berdasarkan sebuah objek.selain itu logika juga digunakan untuk mencari sebuah nilai
    ~Algoritma
    Algoritma merupakan sebuah urutan yang di buat dalam rangka untuk menyelesaikan sebuah masalah atau mencapai tujuan tertentu dengan cara yang masuk akal
    Jenis- jenis logika dan algoritma
    ~jenis-jenis dari logika
    1. Logika Aritmatika
    2. Logika Perbandingan
    3. Logika Boolean
    ~Jenis-jenis algoritma
    1. Algoritma Pseu Code
    2. Algoritma Flowchart
    3. Algoritma structure English

    ReplyDelete
  19. 5. Ananda Valentine Endah

    Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritme, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

    Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritme yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

    Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan ketiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi saat dijalankan (run time) atau memori yang digunakan.

    ReplyDelete
  20. 27. Nisa'ul Mumtazah
    Program : kumpulan instruksi/ perintah yang disusun sedekimikian rupa untuk menyelesaikan suatu masalah pemograman

    pemograman : kumpulan instruksi yang dibuat dengan kode-kode(bahasa pemograman) oleh seorang programer

    ReplyDelete
  21. 04. Ammar Faqih Utomo

    Pemrograman adalah suatu bentuk kumpulan kode - kode intruksi dari bahasa pemrograman yang dibuat oleh programer dalam bentuk produk, aplikasi atau software lalu menghasilkan sebuah program.

    ReplyDelete
  22. 23. Nauroh khisanah (XI IPS 1)
    Dari sumber lain yang saya baca
    Ada 100 bahasa pemrograman yang pernah poluler. Perkembangan dari pembuatan software dan perkembangan website berkembang secara eksponensial dalam kepopuleran nya

    ReplyDelete
  23. Nama: Nova Aulia Z. C (28) XI ips 2

    Bahasa pemrograman adalah semacam intruksi perintah untuk komputer agar menjalankan fungsi tertentu

    Seri umum bahasa pemrograman dibagi menjadi 4, yaitu:
    - object oriented language (visual dBase, visual FoxPro, Delphi, visual C)
    - High level language (seperti pascal dan basic C)
    - Middle level language ( seperti bahasa C)
    - Low level language ( seperti bahasa assembly)

    ReplyDelete
  24. 19. Khazimatul Karimah (XI IPS 2)
    Pemrograman adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengatur atau mengelola komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. 14. Fadhilah Ramdhani XI IPS 2

    Pengertian Pemrograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa pemrograman. Pemrograman sendiri sangat terkait dengan yang namanya algoritme /algoritma, yang pengertiannya adalah urutan langkah langkah yang digunakan untuk menyelesaikan masalah . Untuk melakukan pemrograman diperlukan keterampilan dalam algoritme, logika, bahasa pemrograman, dan banyak kasus pengetahuan lainnya seperti matematika dan bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  27. 07. Arientia Purwitasari
    Pemrograman merupakan suatu kumpulan deretan instruksi atau statement ke komputer untuk mengerjakan suatu tindakan tertentu. Instruksi tersebut membutuhkan suatu bahasa tersendiri yaitu bahasa pemrograman yang disusun secara logis dan sistematis

    ReplyDelete
  28. 24. Nabila Tsaqif

    Pemrograman adalah sebuah urutan perintah yang diberikan kepada komputer, untuk menjalankan suatu instruksi dengan menggunakan bahasa pemrograman.

    ReplyDelete
  29. 12. Intan Dwi Yanuarita

    Pemrograman adalah proses menulis, menguji, memperbaiki (Debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini di tulis dnegan bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 14. Julianingsih
      Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.

      Delete
  30. 05. Dafa Tiara / XI IPS 1

    Pengertian pemrograman adalah suatu kumpulan uturan perintah ke komputer unutuk mengerjakan sesuatu proses yang melibatkan algoritme dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk menjadi suatu program komputer.

    ReplyDelete
  31. 32. Shofi Hidayanti

    Pemrograman : dengan mempelajari pemrograman dasar adalah sangat bagus, karena tidak hanya menghadapai komputer, dalam menghadapi diluar masalah tersebut mampu menanganinya, terutama masalah manajemen, karena biasanya orang yang mempelajari pemrograman dasar, dalam mengambil keputusan selalu terstruktur.

    ReplyDelete
  32. 10. Haidar Ali XI IPS 1

    Pemograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer. Programer sendiri adalah orang yang memiliki kemampuan (skill) untuk merancang, menulis (membuat),mengujicoba , memperbaiki,serta merawat program yang ada. Sedangkan bahasa pemrograman sendiri adalah bahasa yang digunakan oleh para programer untuk menulis kan kode-kode yang akan digunakan untuk membuat sebuah program. Jadi bahasa pemrograman itu seperti halnya bahasa kita sehari-hari yang digunakan untuk berkomunikasi antar sesama. Namun bahasa pemrograman disini yang mengunakan adalah sang programer untuk berkomunikasi dengan komputer yang notabene adalah mesin.

    ReplyDelete
  33. Nama:Lerina meda ria purnama
    Kelas :Xl IPS 1
    Absen:16
    Pemrograman adalah sebuah proses yang mencakup kegiatan seperti analisis, algoritma, yang diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman sehingga dapat dijalankan oleh komputer. proses kreatif yang menginstruksikan komputer bagaimana menyelesaikan suatu tugas.

    ReplyDelete
  34. 34. Ufairotul iffat / XI ips 1

    Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritme yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer.

    Program : kumpulan instruksi/ perintah yang disusun sedekimian rupa hingga mempunyai nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalaan
    pemograman : kumpulan instruksi2 tersendiri yang biasanya dibuat dengan :"SOURCE CODE" yang dibuat oleh programer .

    ReplyDelete
  35. Nama : Syifa Azzahra Afra
    Kelas : XI IPS 1
    No. Absen : 33
    Pemrograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman.

    ReplyDelete
  36. Novaliza Hayu I.
    X IPS 1
    absen 26
    Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer.[1] Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram.

    ReplyDelete
  37. Nama : Nadhifa Lisania
    Kelas : XI IPS 1
    No. Absen : 21
    Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang membangun suatu progam komputer yang menggunakan satu atau lebih algoritme yang slin berhubungan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula.

    ReplyDelete
  38. Nama : Nadhifa Lisania
    Kelas : XI IPS 1
    No. Absen : 21
    Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang membangun suatu progam komputer yang menggunakan satu atau lebih algoritme yang slin berhubungan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula.

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  40. nama : ira herawati
    kelas : Xl IPS 1
    no. absen : 13
    Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. ... Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

    ReplyDelete
  41. Nama. : Aminah
    Kelas. : XI ips 1
    Absen. : 01
    Pemrograman adalah kumpulam kode kode intruksi dari bahasa program yang ditulis, diuji, dan dikembangkan menjadi sebuah program.

    ReplyDelete
  42. Nama : Mochamad Fachri H.H
    Kelas : XI IPS 1
    No Absen : 18

    Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritme yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer.

    ReplyDelete
  43. Nama : Karella Pangeran Achmad
    Kelas : XI IPS 1
    No Absen : 15
    Pemrograman adalah suatu proses yang melibatkan algoritme dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk menjadi suatu program komputer. Programer adalah orang yang membuat program. Ilmu matematika menjadi ilmu dasar dalam dunia pemrograman.

    ReplyDelete
  44. Nama: Octaviana Putri Maharani
    Absen 28
    Kelas: XI Ips 1
    Pemograman adalah suatu kegiatan merancang menulis mengujicoba memperbaiki, setelah program diluncurkan maka dilakukan perawatan oleh orang yang membuat program (programer)

    ReplyDelete
  45. 02.Ashfa Syeila Faza (XI IPS 1)
    Pemrograman adalah rangkaian prosedur untuk menulis, mengetes, memperbaiki kesalahan dan melakukan pengelolaan atau pemeliharaan terhadap perintah-perintah.

    Perintah yang dimaksud adalah kode ataupun script yang ada pada program dalam komputer.

    ReplyDelete
  46. Nama : Az-Zahra Putri Yusuf
    Kelas : XI Ips 2
    No. Absen : 09


    Program komputer atau sering kali disingkat sebagai program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer.[1] Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor.[2] Sebuah program biasanya memiliki suatu bentuk model pengeksekusian tertentu agar dapat secara langsung dieksekusi oleh komputer. Program yang sama dalam format kode yang dapat dibaca oleh manusia disebut sebagai kode sumber, bentuk program yang memungkinkan programmer menganalisis serta melakukan penelaahan algoritme yang digunakan pada program tersebut. Kode sumber tersebut pada akhirnya dikompilasi oleh utilitas bahasa pemrograman tertentu sehingga membentuk sebuah program. bentuk alternatif lain model pengeksekusian sebuah program adalah dengan menggunakan bantuan interpreter, kode sumber tersebut langsung dijalankan oleh utilitas interpreter suatu bahasa pemrograman yang digunakan.

    ReplyDelete
  47. 06. ERIKA OKTARAMA PURNANI

    Pemrograman adalah proses menulis, menguji, memperbaiki , dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan/ pekerjaan sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritme, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain.

    ReplyDelete
  48. Nama: Devi liani putriandi
    Absen: 10
    Pemrograman adalah proses menulis, menguji, memperbaiki , dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Fungsi dasar dari bahasa pemograman adalah agar komputer dapat mengolah data sesuai dengan alur yang dibuat secara sistematis oleh penyusunnya. Lebih lanjut, pemograman dapat memudahkan pengoperasian sebuah mesin sehingga meringankan pekerjaan manusia.

    ReplyDelete
  49. 27. Nur Juliana (XI IPS 1)

    Berdasarkan referensi dari sumber lain yang sudah saya baca, yaitu babahdigital.com dapat disimpulkan bahwa programming adalah kegitan pemograman atau yang disebut dengan istilah ngoding atau coding.
    Pemograman itu ibaratkan bahasa dari dunia komputer dan terdapat beberapa bahasa pada pemograman.

    ReplyDelete
  50. 19.M.Maulana Adani(XI IPS 1)

    Pemrograman adalah suatu proses menulis, memperbaiki, memelihara perintah-perintah kode/script yang membangun suatu program komputer. Tujuannya adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan sesuai keinginan pemrogram.

    ReplyDelete
  51. Apa itu program?
    Berdasarkan referensi dari sumber lain yang sudah saya baca, Program adalah sebuah proses seseorang menulis, memperbaiki, menguji, dan memelihara kode-kode dalam membuat sebuah program komputer. Kode-kode tersebut ditulis dalam bahasa pemrograman yang tidak hanya ada satu macam saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : M.Faesol Abday
      Kelas : XI ips1

      Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagaibahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula.

      Delete
  52. Nama : Gita Agustin
    Kelas : XI IPS 1
    Absen: 9

    Pemprograman adalah kumpulan kode intruksi dari bahasa program yang ditulis,diuji,dan dikembangkan menjadi sebuah program.

    ReplyDelete
  53. 29. qorinah ariqoh habil ( XI IPS 2 )
    pemrograman merupakan suatu proses yang menginstruksikan komputer untuk melakukan sesuatu, instruksinya menggunakan bahasa yang dipahami oleh komputer yaitu bahasa pemrograman. Program memiliki bentuk model menjalankannya tertentu agar dapat secara langsung dijalan kan oleh komputer. program yg sama dengan format kde dan bisa dibaca oleh manusia disebut kode sumber. kode sumber ini dpt dikonversikan ke bentuk berkas yg dpt dilakuakan secara langsung oleh komputer, proses ini disebut sbg kompilasi dan biasa dilakukan sebuah program utilitas dr bahasa pemograman yg digunakan disebut sebagai kompiler. sedangkan Interpreter, kode sumber yg dpt dilakuakn sebagai sebuah program dg bantuan untilitas.

    ReplyDelete
  54. Pemrograman adalah proses, cara, pembuatan pemrogram. Pemrograman juga bisa untuk menguji dan memelihara code yang membangun suatu program komputer. Untuk melakukan pemrograman juga diperlukan logika, keterampilan, dan banyak kasus yang lainnya yang mengendalinya. Pemrograman ini seperti matematika.

    ReplyDelete
  55. 17. Henny Agustina / XI ips1

    Pemrograman memiliki banyak Bahasa pemrograman. Salah satunya yaitu Bahasa C.
    Berdasarkan referensi yang telah saya baca dari "Buku Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C"
    Penulis: Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D.

    Bahasa C dikatakan sebagai bahasa pemrograman terstruktur, karena strukturnya menggunakan fungsi-fungsi sebagai program-program bagian subroutine, fungsi-fungsi selain fungsi utama merupakan program-progam bagian. Fungsi-fungsi ini ditulis setelah fungsi utama/ diletakkan di file pustaka. Jika fungsi diletakkan di file pustaka dan akan dipakai disuatu program, maka nama file judulnya harus dilibatkan di dalam program yang menggunakannya dengan peepocessor direvtive #include

    Bahasa C standar ANSI hanya mendefinisikan 32 kata-kata kunci dan Rurbo C menambahkannya dengan 7 kata-kata kunci. Semua kata kunci adalah dalam huruf kecil. Salah satu contoh: if

    ReplyDelete
  56. 17. Henny Agustina / XI ips2

    Pemrograman memiliki banyak Bahasa pemrograman. Salah satunya yaitu Bahasa C.
    Berdasarkan referensi yang telah saya baca dari "Buku Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C"
    Penulis: Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D.

    Bahasa C dikatakan sebagai bahasa pemrograman terstruktur, karena strukturnya menggunakan fungsi-fungsi sebagai program-program bagian subroutine, fungsi-fungsi selain fungsi utama merupakan program-progam bagian. Fungsi-fungsi ini ditulis setelah fungsi utama/ diletakkan di file pustaka. Jika fungsi diletakkan di file pustaka dan akan dipakai disuatu program, maka nama file judulnya harus dilibatkan di dalam program yang menggunakannya dengan peepocessor direvtive #include

    Bahasa C standar ANSI hanya mendefinisikan 32 kata-kata kunci dan Rurbo C menambahkannya dengan 7 kata-kata kunci. Semua kata kunci adalah dalam huruf kecil. Salah satu contoh: if

    ReplyDelete
  57. Nama:Septian catur ade nugroho
    Kelas :XI IPS 1
    NO ABSEN:31

    Pengertian pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrogramanPemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. ... Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

    ReplyDelete
  58. Nama:Septian catur ade nugroho
    Kelas :XI IPS 1
    No absen:31

    PengertianPemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

    ReplyDelete
  59. Nama :Febri maulana(7)
    Kelas :XI IPS 1
    Permisi,ijin menambahkan jawaban dari ade.
    Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritme yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

    ReplyDelete

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda:

Iklan Tengah Artikel 2

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Iklan Bawah Artikel