Sejarah Algoritma

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang apa itu algoritma, maka terlebih dahulu kita ketahui bahwa Algoritma juga punya sejarah. Tidak hanya sejarah Indonesia yang sering kalian pelajari di kelas tapi algoritma juga memiliki sejarahnya sendiri.

Tapi sebelum itu saya pengen kalian menonton sebentar cuplikan film The Social Network, yaitu sebuah film yang menceritakan awal mula munculnya jejaring sosial Facebook yang terhitung pada tanggal 22 Juli 2020 memiliki market cap sebesar 684.354Miliar Dolar Amerika berdasarkan situs Yahoo Finance. Jadi kalau kalian mau beli dan memiliki facebook seutuhnya, bukan sahamnya doang maka harus sedia duit sebanyak itu, dalam rupiahnya berapa silahkan itung sendiri. Baik, sekarang pertama silahkan tonton dulu cuplikan filmnya di bawah ini.
Itu adalah adegan dimana facebook (facemash) pertama kali dibuat dan si Mark yang membutuhkan bantuan dari Eduardo Saverin teman sekampusnya untuk menggunakan algoritma yang dimiliki olehnya. Dari film itu kita jadi tau bahwa untuk membuat aplikasi awal dari facebook membutuhkan sebuah algoritma untuk melakukan perangkingan.  Kalau mau nonton filmnya silahkan cari sendiri di internet atau youtube.


Sekarang mari kita mulai dengan masuk ke pelajaran kita kali ini yaitu berkaitan dengan sejarah Algoritma.

Sejarah algoritma tidak lepas dari seorang penulis buku Arab yang terkenal, yaitu Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi (Al-Khawarizmi) yang kemudia nama itu dibaca oleh orang barat menjadi algorism. Al-Khawarizmi menulis buku yang berjudul Kitab aljabar wal-muqabala, yang artinya "Buku Pemugaran dan Pengurangan" yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi The book of Restoration and Reduction. Dari buku tersebut kita memperoleh kata aljabar (algebra). 

Perubahan dari kata algorism menjadi algorithm terjadi karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran -sm berubah menjadi -thm. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma seperti yang sekarang kita gunakan. 

Kata algoritma tidak muncul dalam kamus Webster sampai akhir tahun 1957. Orang hanya menemukan kata algorism yang berarti proses menghitung dengan angka Arab (Donald Ervin Knuth, dalam The Art of Computer Programming Volume 1. 1973). Para ahli bahasa yang berusaha mencari asal kata alogrism ini namun penemuan mereka tidak memuaskan. Hingga akhirnya, ahli sejarah matematika menemukan asala mula kata ini yang berasal dari nama sang penulis buku Arab yaitu Al-Khawarizmi. 

Seperti yang ditulis dalam bukunya Donald E. Knuth, yang berjudul The Art of Computer Programming Volume 1 tahun 1973. Kata algoritma pertama kali digunakan pada tahun 1950 dalam algoritma Euclidean (Euclid's Algorithm). Euclid sendiri adalah seorang matematikawan Yunani yang lahir pada tahun 350M. Dalam bukunya yang berjudul Element, menuliskan langkah-langkah untuk menemukan pembagian bersama terbesar (common greatest divisor atau disebut gcd) dari dua buah bilangan bulat, m dan n. Meskipun Euclid tidak menyebutkan metodenya sebagai algoritma, namun baru di abad modernlah orang-orang menyebut metode itu dengan sebutkan "algoritma Euclidean".
Dari metode algoritma Euclidean ini pula dapat diketahui bahwa sebuah algoritma harus benar, dan algoritma harus berhenti, setelah berhenti algoritma memberikan hasil yang benar.

Masih menurut Donald E. Knuth, dalam bukunya The Art of Computer Programming Volume 1, tahun 1973. Sebuah algoritma harus mempunya lima (5) ciri penting, yaitu : 
  1. Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan langkah terbatas
  2. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak ambigu. 
  3. Algoritma memiliki nol atau lebih masukan (input). Masukan ini ialah besaran yang diberikan kepada algoritma untuk diproses, yang dalam contoh algoritma Euclidean masukannya adalah m dan n
  4. Algoritma mempunyai nol atau lebih keluaran (output). Keluaran dapat berupa pesan atau besaran yang memiliki hubungan dengan masukan. 
  5. Algoritma harus efektif. Setiap langkah harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam jumlah waktu yang masuk akal. 
Itulah sedikit sejarah asal muasal kata algoritma yang sekarang sering digunakan dalam dunia matematika maupun komputasi khususnya pemrograman. Kalian juga bisa mencari sumber lain tentang sejarah algoritma, barangkali ada perbedaan cerita yang bisa kalian bagikan kepada saya dan juga temen-temen kelas kalian. Ingat jangan malas mencari tahu sendiri dan juga jangan malas untuk menambah pengetahuan dari berbagai sumber yang ada, karena sumber pengetahuan seputar sejarah algoritma tidak hanya dari saya pribadi tapi justru lebih banyak dari sumber lain yang tentunya tersebar di segala penjuru dunia.
Kalian juga bisa komen atau memberikan pengetahuan kalian seputar algoritma, baik itu pengertian, fungsi, kekurangan/kelebihan, ataupun yang lain yang berhubungan dengan algoritma agar pada pelajaran berikutnya kita bisa belajar dari materi yang kalian temukan.  
Silahkan tuliskan temuan kalian seputar sejarah algoritma di kolom komentar, lalu biarkan temen kalian menambahi dengan cara membalas komentar (hasil temuan kalian) melalui kolom komentar di bawah artikel ini. Selamat belajar dan selamat besenang-senang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

77 Responses to "Sejarah Algoritma"

  1. 14. Julianingsih

    Sejarah algoritma tidak lepas dari seorang penulis buku Arab yang terkenal, yaitu Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi (Al-Khawarizmi) yang kemudia nama itu dibaca oleh orang barat menjadi algorism. Al-Khawarizmi menulis buku yang berjudul Kitab aljabar wal-muqabala, yang artinya "Buku Pemugaran dan Pengurangan" yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi The book of Restoration and Reduction. Dari buku tersebut kita memperoleh kata aljabar (algebra).
    Perubahan dari kata algorism menjadi algorithm terjadi karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran -sm berubah menjadi -thm. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma seperti yang sekarang kita gunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heemm, jangan cuma copast, buat rangkuman dari bahasa kamu sendiri

      Delete
    2. Jadi kalo misal kita menelisik sedikit kebelakang algoritma yg berawal dari aljabar ini bukan semata2 hasil dari usaha al khawaritsmi saja tetapi juga terdapat pengaruh dari penguasa saat itu, timur lenk yg memberikan sokongan dukungan terhadap ulama ulama untuk melakukan penelitian dan menjamin keamanan mereka. Selain itu hal ini juga didukung oleh kebutuhan militer saat itu dimana mereka ditemukan dengan dinamika kebutuhan peralatan perang yang sangat banyak hingga diperlukan metode untuk mengurusi inventoris tersebut hingga tercetuslah al-gebra al mutawashitoh karya al-khawaritsmi

      Delete
  2. Algoritma berasal dari nama penulis buku, yakni Abu Ja`far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi yang berasal dari Uzbekistan. Orang Barat menyebut Al-Khwarizmi dengan Algorism.
    Pada saat itu, Al-Khwarizmi menulis buku dengan judul Al Jabar wal-Muqabala yang artinya `Buku Pemugaran dan Pengurangan` (The book of Restoration and Reduction). Dari judul buku tersebut, kita juga memperoleh kata “aljabar” atau biasa dikenal dengan algebra.
    Abu Abdullah Ibnu Musa al-Khawarizmi (770M-840M) lahir di Khawarizm (Kheva), kota yang berada di selatan Sungai Oxus (sekarang disebut Uzbekistan) pada 770 M. Al Khawarizmi merupakan salah satu ilmuan terkenal di zamannya. Ada beberapa cabang ilmu matematika yang berhasil ditemukannya, antara lain yang dikenal sebagai astronom dan geografer.
    Awalnya, algoritma merupakan istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis yang berguna untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numeric Arab.


    Pada tahun 1950, kata algoritma pertama kali digunakan pada "algoritma Euclidean" (Euclid`s algorithm). Euclid, seorang matematikawan Yunani (lahir pada tahun 350 M), dalam bukunya yang berjudul Element menuliskan langkah-langkah untuk menemukan pembagi bersama terbesar (common greatest divisor atau gcd), dari dua buah bilangan bulat, m dan n [KNU73] (tentu saja Eulid tidak menyebut metodenya itu sebagai algoritma, baru di abad modernlah orang-orang menyebut metodenya itu sebagai "algoritma Euclidean"). Pembagi bersama terbesar dari dua buah bilangan bulat tak negatif adalah bilangan bulat positif terbesar yang habis membagi kedua bilangan tersebut.

    ReplyDelete
  3. Nauroh khisanah (23)
    Dari sumber yang saya baca manfaat algoritma :
    1. Memecahkan program rumit.

    2. Bisa menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana.

    3. Fungsi Algoritma juga bisa digunakan secara berulang atau lebih dari satu kali penggunaan.

    4. Memudahkan dalam pembuatan program.

    5. Mengatasi segala masalah dengan logika dan urut, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Zaidan Rizqi Ananfa
      Kelas : XI IPS 2
      No.presensi : 36

      Selain manfaat diatas algoritma juga memiliki beberapa fungsi lainnya diantaranya :

      1. Membuat program lebih terstruktur.
      2. Menemukan kesalahan pada suatu program.
      3. Memudahkan modifikasi program.
      4. Menggunakan fungsi algoritma bisa melakukan pendekatan top-down dan juga divide and conquer.
      5. Ketika ingin melakukan modifikasi pada program bisa dilakukan hanya pada satu modul saja tanpa harus merubah dan menganggu modul yang lain.

      Delete
    2. Nama : Shofi Hidayanti
      Kelas : XI IPS 1
      No.Absen : 32

      Permisi izin menambahkan jawaban milik Nauroh.

      Menurut saya Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah.
      Beberapa syarat yang harus dimiliki oleh algoritma yaitu:
      1. Umum, artinya algoritma yang dibuat harus umum, tidak berlaku kasuistis.
      2. Finiteness, algoritma harus memiliki akhir.
      3. Efisien, Algoritma yang dibuat harus efisien, karena dalam satu permasalahn yang dapat ditemukan solusi, harus dipilih yang paling efisien.

      Delete
    3. Ufairotul iffat/34/XI Ips 1
      Algoritma ditulis oleh abu ja'far muhammad ibnu al khawarizmi dan dibaca orang barat menjadi algorism al khawarizmi menulis buku aljabar walmuqobala yang artinya buku pemugaran dan pengurangan. Dari buku tersebut kita memperoleh aljabar.
      Algoritma ditambah bahasa / struktur data, metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi setiap langkah dalam algoritma harus logis dan jelas.

      Delete
    4. Algoritma tidak ditulis oleh Al-khawarizmi, tapi beliau yang menulis buku arab soal matematika (aljabar) yang kemudian dari situ namanya beliaulah yang digunakan untuk menyebut algoritma

      Delete
  4. 16. Lerina Meda Ria P

    Seperti yang ditulis dalam bukunya Donald E. Knuth, yang berjudul The Art of Computer Programming Volume 1 tahun 1973. Kata algoritma pertama kali digunakan pada tahun 1950 dalam algoritma Euclidean (Euclid's Algorithm). Euclid sendiri adalah seorang matematikawan Yunani yang lahir pada tahun 350M. Dalam bukunya yang berjudul Element, menuliskan langkah-langkah untuk menemukan pembagian bersama terbesar (common greatest divisor atau disebut gcd) dari dua buah bilangan bulat, m dan n. Meskipun Euclid tidak menyebutkan metodenya sebagai algoritma, namun baru di abad modernlah orang-orang menyebut metode itu dengan sebutkan "algoritma Euclidean".

    ReplyDelete
    Replies
    1. 06. Angeline Putri
      Menurut Saya, Algoritma adalah Urutan Langkah-langkah yang harus ditempuh untuk melakukan sebuah perhitungan untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

      Delete
  5. Nama : Aminah
    Kelas : XI IPS 1
    No.absen : 1

    Jadi pengertian dari algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Firyal Rasyad Krisfianda
      Kelas : XI IPS 2
      No. presensi : 15

      Permisi, izin menambahkan jawaban milik Aminah.

      Jadi, dari beberapa sumber referensi yang sudah saya baca.
      Algoritma adalah sebuah urutan atau langkah-langkah yang mengandalkan logika dalam berpikir kritis dan sistematis guna memecahkan masalah pada pemrogaman komputer. Sehingga, membuat software ataupun perangkat menjadi lebih bagus dan bisa berfungsi dengan lebih maksimal.

      Untuk algoritma itu sendiri, memiliki 2 tipe penyajian, yaitu berupa tulisan dan gambar. Untuk tulisan sendiri, algoritma disusun berdasarkan struktur bahasa tertentu, (seperti bahasa Inggris dan bahasa Indonesia) dan pseudocode (kode yang hampir sama dengan kode pemrogaman yang sebenarnya, layaknya Pascal atau C). Sedangkan, untuk tipe penyajian gambar, algoritma ditampilkan dalam bentuk flowchart (bagan alir), yakni suatu bagan yang menggambarkan arus logika dari data yang akan diproses dalam suatu program dari awal sampai akhir. Nah, untuk lebih mengetahui seperti apa penyajian pseudocode dan flowchart, teman-teman bisa akses link ini. Terima kasih. https://kelasprogrammer.com/algoritma-pseudocode-dan-flowchart/

      Delete
  6. Nama : M.Faesol Abday
    Kelas : Xl ips 1

    Apa itu algoritma Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritme adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritme digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. Algoritme adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Elga Agung Kurniawan
      Kelas: X IPS 2
      Absen: 12

      Ada beberapa manfaat dan penggunaan algoritma selain bisa digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, serta penalaran otomatis dalam AI(Artificial Intelligence), antara lain
      1. Memecahkan program yang rumit
      2. Bisa mengubah program besar menjadi program yang lebih sederhana
      3. Memudahkan dalam membuat suatu program
      4. Mengatasi segala masalah dengan logika yang urut
      5. Memudahkan dalam mencari bug dalam sebuah program (debugging)

      Delete
    2. 23. M Surya Hikmatyar (X IPS 1)

      Permisi izin menambahkan jawaban punya elga agung kurniawan

      fungsi utama dari algoritma adalah untuk memecahkan suatu masalah. Lebih jelasnya, adapun beberapa fungsi dan manfaat algoritma adalah sebagai berikut:

      1. Untuk membantu menyederhanakan suatu program yang rumit dan besar.
      2. Untuk memudahkan dalam membuat sebuah program untuk masalah tertentu.
      3. Algoritma dapat digunakan berkali-kali untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
      4. Membantu memecahkan suatu permasalahan dengan logika dan sistematis.
      5. Untuk meminimalisir penulisan program secara berulang-ulang.
      6. Agar dapat melakukan pendekatan top-down dan divide and conquer.
      7. Untuk memudahkan membuat program yang lebih rapih dan terstruktur sehingga lebih mudah dipahami dan dikembangkan.
      8. Memudahkan proses modifikasi pada program karena bisa dilakukan hanya pada satu modul tanpa harus mengubah modiul lainnya.
      9. Ketika terjadi kesalahan, algoritma dapat membantu menemukannya karena alur kerja yang jelas.
      10. Memudahkan proses dokumentasi.

      Delete
  7. Nama : Novaliza Hayu Imtiyaz
    Kelas : XI IPS 1
    No absen : 26

    Keuntungan dan Kekurangan algoritma dari sumber lain yang saya baca adalah :
    Keuntungan dari algoritma tidak perlu diragukan lagi dalam pemecahan sebuah masalah. karena sudah banyak para ahli dalam melakukan penelitian dengan menerapkan algoritma yang sudah ada.
    Kerugian : algoritma sifatnya spesifik, jadi tidak bisa banyak memecahkan berbagai macam permasalahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 14. Fadhilah Ramdhani (XI IPS 2)
      Izin untuk menambahkan jawaban milik Novaliza.

      Tujuan Dan Fungsi Algoritma
      - Untuk membantu menyederhanakan suatu program yang rumit dan besar.
      - Untuk memudahkan dalam membuat sebuah program untuk masalah tertentu dan dapat digunakan berkali-kali untuk menyelesaikan permasalahan dengan logika dan sistematis
      - Untuk meminimalisir penulisan program secara berulang-ulang.
      - Untuk memudahkan membuat program yang lebih rapih dan terstruktur sehingga lebih mudah dipahami dan dikembangkan.
      - Memudahkan proses modifikasi pada program karena bisa dilakukan hanya pada satu modul tanpa harus mengubah modiul lainnya.
      - Ketika terjadi kesalahan, algoritma dapat membantu menemukannya karena alur kerja yang jelas.
      - Memudahkan proses dokumentasi.

      Delete
  8. 30. Renasha Alifiadhisty

    Keuntungan pembuatan algoritma yaitu Algoritma berisi independen berasal dari bahasa pemrograman dan juga komputer yang melaksanakannya, artinya pembuatan algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun. Membuat notasi algoritma bisa diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman yang beragam output yang akan dikeluarkan sama meskipun menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda.

    ReplyDelete
  9. Jadi intinya algoritma ialah sebuah metode pemcahan masalah melalui pemrosesan data dan pengurutan angka, eh btw pak aku pernah nonton diyoutube katanya algoritma buat game moba susah bett, bener ngga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, makanya kebanyakan di game, gak mesti moba itu programernya banyak, karena butuh banyak pikiran untuk membuatnya. Untuk soal susah atau tidak itu tergantung seberapa rumit game itu, apalagi kalo gamenya harus sering diupdate

      Delete
    2. Apalagi game seperti battleroyale dan open world, update nya besar..contohnya PUBG dan Gta 5. lalu game seperti rpg dan mmorpg, kebanyakan update 1 minggu sekali contohnya game Growtopia,Dragon Nest M Sea, dan lainnya.

      Delete
    3. Pak terus kalo untuk game dinosaurus di google make algoritmanya rumit ngga pak? Trs mungkin ada bug juga ngga sih?

      Delete
    4. Coba diperhatikan gamenya, dia cuma lompat2kan, gak ada gerakan lain selain itu, hanya kalo ada halangan loncat, dan loncat lagi jadi bisa dikatakan itu gak ribet

      Delete
  10. 13.Evelyn Daniela Sidauruk

    Kita pasti sering mendengar kata Algoritma, karena banyak digunakan di dunia pendidikan seperti matematika dan untuk pemprograman . Apa sih itu Algoritma ? Algoritma adalah ilmu yang berisi langkah-langkah untuk menyelesaikan persoalan atau masalah baik dikomputer atau didunia nyata yang diurutkan secara sistematis yang menggunakan bahasa sehari hari atau Pseudocode( cara penulisan algoritma yang hampir sama seperti kode pemprograman) Menurut saya algoritma sama hal nya dengan teks prosedur yang kita pelajari dipelajaran bahasa Indonesia .

    ReplyDelete
  11. Rikarda Chika Marcella Harijanto(30)
    Jadi dengan kata lain, algoritma adalah suatu susunan atau urutan yang logis dan sistematis yang diurutkan berdasarkan sistematika tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabila Tsaqif (24)
      Yap, dalam kehidupan sehari-hari pun banyak terjadi proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Seperti : resep kue untuk membuat kue, pola pakaian untuk membuat pakaian, panduan merakit untuk merakit mobil, jadwal harian untuk mengatur kegiatan sehari-hari, dll.

      Delete
  12. 26.Niken dwi puspitasari

    jadi Algoritma yaitu langkah langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menghitung angka secara logis dan jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 14. Fadhilah Ramdhani (XI IPS 2)

      Permisi, izin untuk melengkapi jawaban milik Niken.
      Untuk sejarah singkat Algoritma

      Asal usul kata algoritma sebenarnya berasal dari kata algorism yang berarti proses menghitung dengan menggunakan angka Arab. Para ahli banyak yang mencari tahu asal kata algorism itu, tetapi hasilnya kurang memuaskan. Tetapi, sebenarnya kata algorism itu berasal dari nama penulis Arab yang terkenal yaitu Abu Ja'far Muhammad ibnu Musa al-Khuwarizmi. Al-khwarizmi ini juga yang menemukan aljabar dan algoritma.
      Kata "algorism" berubah menjadi "algorithm", ini dikarenakan kata algorism sering diidentikan dengan arithmetic. Karena perhitungan Arab sudah biasa, maka lambat laun algorithm berangsur-angsur dipakai dalam perhitungan secara umum. Dalam bahasa Indonesia, algorithm diserap menjadi algoritma.
      Pada tahun 1950, kata algoritma kembali digunakan pada algoritma Euclidean. Seorang matematikawan Yunani yaitu tentang menemukan pembagi bersama terbesar

      Delete
  13. 25. Nawal
    Algoritma adalah tata cara atau urutan langkah-langkah untuk penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma.Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu.Algoritma juga bisa disebut sebagai teknik penyusunan struktur program.

    ReplyDelete
  14. 31. Rossy Rachmasani

    Jadi pengertian dari algoritma adalah urutan langakah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 12. Intan Dwi Yanuarita

      Algoritma juga harus efisien dimana prosesnya dapat diselesaikan secepat mungkin dengan frekuensi perhitungan yang sependek mungkin. Algoritma yang baik harus dengan mudah diimplementasikan ke perangkat komputer. Algoritma yang baik harus mudah dipahami. Hal ini berlaku tidak diskriminatif dimana siapapun dapat dengan mudah memahami algoritma tersebut.

      Delete
  15. 08. Azahra Nur Alivia

    Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas dalam memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukkan dalam jumlah waktu yang terbatas.Berikut 10 dari 32 list /contoh algoritma yang paling umum digunakan di dunia komputer:

    1. Pencariam Beam

    Pencarian Beam adalah algoritma yang mengoptimalkan pencarian terbaik pertama. Pecarian ini menggunakan fungsi heuristic untuk mengevaluasi node-node yang diperiksa.

    2. Pencarian Binary

    adalah Teknik untuk menemukan nilai tertentu di linear array dengan mengesampingkan setengah data setiap langkah.

    3. Kompresi Data

    Kompresi data atau source coding adalah proses encoding sebuah informasi menggunakan bit yang lebih sedikit ketimbang representasi tanpa kode yang harus menggunakan skema encoding yang spesifik.

    4. Branch and Bound

    Branch and Bound adalah Sebuah metode algoritma umum untuk menemukan solusi optimal dari beragam masalah pada pengoptimalan. Hal tersebut terutama pada masalah optimasi disktir dan kombinasi.

    5. Hashing

    adalah Sebuah fungsi untuk merangkum atau mengidentifikasi data secara probabilistik.

    6. Dynamic Programming

    Dynamic Programming merupakan Metode mengurangi runtime algoritma yang menampilkan sub-masalah tumpang tindih dan substruktur optimal.

    7. Maximum Flow

    maximum flow adalah menemukan hukum melalui alur aliran yang maksimal. Maximum flow juga terkait dengan pemotongan di dalam jaringan oleh teori Max-flow min-cut.

    8. Metode Newton

    Metode Newton adalah algoritma yang efisien untuk menemukan perkiraan ke nol dari fungsi bernilai nyata. Metode Newton juga merupakan algoritma yang dikenal untuk menemukan akar persamaan dalam satu atau lebih dimensi. Ini juga dapat digunakan untuk menemukan maksimal lokal dan fungsi minimal lokal.

    9. Karatsuba Multiplication

    Untuk sistem yang perlu mengalikan angka dalam kisaran beberapa ribu digit layaknya sistem aljabar komputer dan perpustakaan bignum, perkalian panjang dinilai terlalu lambat. Sistem ini menggunakan perkalian Karatsuba.

    10. Q-Learning

    Q-Learning adalah teknik pembelajaran penguatan yang bekerja dengan mempelajari fungsi dari nilai tindakan yang memberikan utility yang diharapkan untuk mengambil tidaknakan pada situasi tertentu.

    ReplyDelete
  16. Devi liani putriandi (10)
    Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas dalam memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukkan dalam jumlah waktu yang terbatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. 19 Khazimatul Karimah
      Izin menambahkan komentar dari Devi Liani :

      Dalam algoritma haruslah logis, ini berarti hasil dari urutan langkah-langkah tersebut harus dapat ditentukan, benar atau salahnya. Pengaruh sebenarnya algoritma pada pemograman yaitu pada letak langkah-langkah sebelum membuat program itu sebelumnya diracik dahulu menjadi sebuah algoritma kemudian programmer mentranslasikan algoritma menjadi sebuah program yang dapat diaplikasikan

      Delete
  17. 07. Arientia Purwitasari

    Apa sih algoritma?Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

    Adapun kelebihan algoritma yaitu
    1.Pemecahan masalah yang lebih baik.
    2.Meningkatkan efisiensi
    3.Memberikan kejelasan.
    4.Tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun.

    kalo kekurangannya itu karena algoritma sifatnya spesifik. jadi tidak bisa banyak dapat memecahkan berbagai macam permasalahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salwa Septiani Zahra
      XI IPS 2 / 32

      Untuk membantu menyederhanakan suatu program yang rumit dan besar.

      Untuk memudahkan dalam membuat sebuah program untuk masalah tertentu.

      Algoritma dapat digunakan berkali-kali untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

      Membantu memecahkan suatu permasalahan dengan logika dan sistematis.

      Untuk meminimalisir penulisan program secara berulang-ulang.
      Agar dapat melakukan pendekatan top-down dan divide and conquer.

      Untuk memudahkan membuat program yang lebih rapih dan terstruktur sehingga lebih mudah dipahami dan dikembangkan.

      Memudahkan proses modifikasi pada program karena bisa dilakukan hanya pada satu modul tanpa harus mengubah modiul lainnya.

      Delete
  18. Nama : Nur Juliana
    Kelas : XI IPS 1
    No. Absen : 27
    Jadi, algoritma itu suatu metode pemecahan dalam pemograman.

    ReplyDelete
  19. Nama : Victor vitrianto
    Absen : 34
    Kelas : XI Ips2

    Definisi Algoritma : Adalah langkah langkah Penyelesaian masalah dan disusun secara Sistematis dan Logis. Harus dapat ditentukan Bernilai Salah atau Benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 01. Adinda Joanita Bunga Asmara (XI IPS 2)
      Algoritma mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

      Delete
  20. 04. Ammar Faqih Utomo
    Kelas: XI IPS 2

    Dalam membuat video game, khususnya dari segi pembuatan arsitektur game itu sendiri, programmer dituntut untuk membuat arsitektur game yang memungkinkan game untuk menampilkan performa yang maksimal dengan menggunakan sumber daya yang sesedikit mungkin. Sumber daya yang dimaksud bisa berupa waktu dan ruang (memori). Dalam pembuatan game sendiri algoritma sangat dibutuhkan untuk rancangan awal game.

    ada beberapa jenis algoritma untuk pembuatan game, yaitu:

    1.MINIMAX, Sebuah prosedur pencarian yg melihat kedepan, memperhatikan apa yg akan terjadi, kemudian yang digunakan untuk memilih langkah berikutnya.

    2.ALPHA-BETA PRUNING, Algoritma ini merupakan improvisasi dari algoritma minimax. Algoritma ini untuk meningkatkan efisiensi fungsi minimax dalam hal pencarian, kemudian fungsi evaluasi ditambahkan sepasang nilai alpha dan beta.

    3.FUZZY, Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean. Sistemfuzzy atau logika fuzzy adalah salah satu bahasa soft computing yang memiliki karakteristik dan keunggulan dalam menangani permasalahan yang bersifat ketidakpastian dan kebenaran parsial.

     4.ALGORITMA GENETIKA, Algoritma genetika adalah algoritma yang berusaha menerapkan pemahaman mengenai evolusi alamiah pada tugas-tugas pemecahanmasalah (problem solving). Pendekatan yang diambil oleh algoritma ini adalah dengan menggabungkan secara acak berbagai pilihan solusi terbaik di dalam suatu kumpulan (populasi) untuk mendapatkan generasi solusi terbaik berikutnya yaitu pada suatu kondisi yang memaksimalkan kecocokannya atau lazim disebut fitness.

    5.ALGORITMA AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE), Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan cabang terpenting dalam dunia computer yang membuat agar mesin (computer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awalnya diciptakan computer hanya berfungsi sebagai alat hitung. Tapi sekarang perancomputer makin mendominasi kehidupan manusia. Komputer di harapkan data diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang biasa dikerjakan oleh manusia.



    ReplyDelete
    Replies
    1. Algoritma sendiri memiliki beberapa fungsi jika diimplementasikan kedalam pembuatan aplikasi dan game, diantaranya :

      -Membantu memecahkan program yang rumit
      -Merubah program yang besar menjadi lebih sederhana
      -Fungsi algoritma bisa digunakan lebih dari satu kali
      -Dapat mengatasi segala masalah logika dengan urut
      -Program menjadi lebih rapid an terstruktur sehingga mudah dibaca dan dikembangkan
      -Ketika terdapat kesalahan dapat dicari dengan mudah

      Delete
  21. Nama : Nadhifa Lisania
    Kelas : XI IPS 1
    Absen : 21

    Dari sumber lain yang saya baca algoritma adalah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan ditulis secara matematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.

    Seperti halnya sebuah bangunan yang kuat memiliki struktur rangka yang baik. Demikian juga pada program atau aplikasi yang baik juga harus disusun oleh struktur pemrograman yang baik.

    ReplyDelete
  22. Algoritma yaitu suatu urutan dari beberapa langkah yang logis dan sistematis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu.
    Algoritma juga dapat digunakan untuk melakukan penghitungan, penalaran otomatis, serta mengolah data pada komputer dengan menggunakan software. Dalam algoritma terdapat rangkaian terbatas dari beberapa intruksi untuk menghitung suatu fungsi yang jika dieksekusi dan diproses akan menghasilkan output, lalu berhenti pada kondisi akhir yang sudah ditentukan.

    ReplyDelete
  23. Yosafat Adi Hernowo
    XI IPS 2 / 35

    Dalam algoritma pemograman ada syarat syarat yang ditetapkan yaitu,
    1. Efisien : mempemudah dalam menjalankan fungsi suatu program dan harus bisa diimplementasikan ke perangkat komputer dengan baik dan tepat.
    2. Akurat : Akurasi yang tinggi menjadi syarat dari sebuah algoritma yang baik dan layak untuk digunakan secara umum dan tidak terbatas.
    3. Jelas
    Setiap langkah pada suatu algoritma juga haruslah jelas detail dan terperincu agar penggunaannya bisa dilakukan dengan tepat dan bisa dikembangkan dan memberikan hasil yang terbaik serta berkualitas tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 02. Ahmad Zida Niam
      XI IPS 2

      Permisi, izin menambahkan tanggapan untuk rekan Yosafat.

      Jadi menurut Donald E. Kruth syarat algoritma yang baik ada 5 yaitu, sebagai berikut :

      1. Finiteness (terbatas)
      Algoritma yang baik itu harus ada akhir atau berhenti setelah selesai menjalankan instruksi.
      Misalnya saat kita sedang berkendara motor dan telah sampai tujuan maka kita harus berhenti jangan jalan terus.

      2. Defineteness (Pasti , Jelas)
      Setiap langkah algoritma harus didefinisikan dengan tepat dan jelas, Sehingga tidak menimbulkan makna ganda (ambiguos) .
      Contoh pernyataan tidak tepat :
      Lakukan langkah di bawah ini beberapa kali.
      Pernyataan tersebut membingungkan karena tidak ada yang membatasi berapa banyak perintah itu harus dilakukan.
      Lebih tepat :
      Lakukan langkah di bawah ini sebanyak 10 kali.

      3. Input (Masukan)
      Algoritma yang baik harus memiliki masukan data untuk diolah/diproses.
      Masukan data adalah besaran atau nilai yang diberikan kepada algoritma. Masukan biasanya di awal penulisan.
      Sebagai contoh Untuk menghitung luas segitiga kita membutuhkan masukan berupa nilai alas, nilai tinggi, sehingga luas dapat dihitung.

      4. Output (keluaran)
      Algoritma yang baik adalah algoritma yang menghasilkan keluaran yang merupakan hasil dari pengolahan data masukan. Misalnya setelah kita memasukan nilai alas dan tinggi maka kita bisa mendapat output berupa luas segitiga.

      5. Effectiveness (Efektif, efisien, hemat waktu)
      Algoritma yang baik adalah algoritma yang mempunyai langkah - langkah yang efektif yaitu algoritma yang paling sederhana , sehingga dapat di kerjakan dalam waktu yang cukup wajar.
      Misalkan kita ingin pergi mengantar anak ke sekolah dan ingin pergi ke pasar. Maka kita bisa mengantar anak dulu lalu langsung pergi ke pasar.

      Delete
  24. Nama : Ananda Valentine Endah
    Kelas : Xl IPS 2


    Algoritma adalah dimana susunan langkah-langkah sistematis dan juga logis dalam pemecahan suatu masalah. Ada 3 cara dalam penyunsunan algoritma yaitu (1), Dengan merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah melewati kalimat yang dimana terstruktur ; (2), Menggabungkan kalimat dengan penggalan stratements yang ada di suat bahasa pemrograman (mis: Pascal). Biasanya ini juga disebut juga dengan Pseudo code : dan (3), Menggunakan diagram alir . (Saniman dan Muhammad Fathoni: Pengantar Algoritma dan juga Pemrograman).

    ReplyDelete
    Replies
    1. 13. ira herawati (XI IPS 1)

      permisi, izin melengkapi jawaban milik Nanda
      untuk sejarah singkat algoritma
      asal kata algoritma tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya "Buku pemugaran dan pengurangan" (The book of restoration and reduction).
      Dari judul buku itulah diperoleh akar kata "Aljabar" (Algebra).
      Perubahan kata dari algorism menjadi algorithm muncul karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran usm berubah menjadi uthm.Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa, maka lambat laun kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya.
      Dalam bahasa Indonesia,kata algorithm diserap menjadi algoritma.

      Delete
    2. Nama : Az-Zahra Putri Yusuf
      Kelas : XI IPS 2
      No. Absen : 09

      Permisi, izin menambahkan tanggapan untuk rekan Ananda Valentine

      Dalam bahasa pemrograman ini semakin banyak dipelajari oleh banyak orang. Hal ini terkait dengan kemajuan zaman yang menjadikan teknologi sebagai hal penting untuk menunjang kemajuan. Bagi kalian yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, hal dasar yang harus dipahami adalah algoritma pemrograman tersebut. Untuk mengerti apa itu algoritma pemrograman, silahkan bisa simak pembahasan di bawah ini ya.
      Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah pemrograman komputer.
      Dalam pemrograman, hal yang penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Sebagai contoh, banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah.

      Delete
  25. Nama : Nisa'ul Mumtazah
    Absen : 27
    Kelas : XI IPS 2

    Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
    Dalam pemrograman, hal yang penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat.

    Algoritma tidak selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Misal cara memasak mie, cara membuat kue, dll.

    Penyajian algoritma secara garis besar dapat dibagi dalam dua bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.

    Sedangkan untuk algoritma yang disajikan dengan gambar adalah dengan flowchart. Flowcart adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau merupakan prosedur sistem secara logika. Flowcart digunakan untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.

    ReplyDelete
  26. Nama : Gita Agusti
    Kelas. : XI IPS 1
    No. Absen. : 09

    Fungsi algoritma bisa dikatakan untuk membuat software ataupun perangkat menjadi lebih bagus dan bisa berfungsi dengan lebih maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain itu fungsi algoritma dalam pemrograman dapat mengatasi permasalahan rumit dalam program yang kemungkinan juga melibatkan perhitungan tingkat tinggi. Karena menggunakan perhitungan seringkali program yang dibuat tidak berjalan semestinya karena adanya kesalahan, hal ini dapat diminimalisir dengan menerapkan algoritma dalam pemrograman.

      Delete
    2. Almira Syifa Amadea/03 - XI IPS 2

      Permisi, izin menambahkan untuk fungsi Algoritma. Saya akan menambahkan 5 fungsi Algoritma.
      1. Menggunakan fungsi algoritma bisa digunakan untuk memecahkan program yang rumit.
      2. Menggunakan fungsi algoritma bisa menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana.
      3. Fungsi algoritma bisa digunakan secara berulang atau lebih dari satu kali penggunaan.
      4. Memudahkan dalam pembuatan program.
      5. Bisa mengatasi segala masalah dengan logika dan urut.

      Delete
    3. Nama:Septian catur ade nugroho
      kelas:XI IPS 1
      absen:31

      Manfaat dan Fungsi Algoritma
      1. Memecahkan program rumit
      2. Bisa menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana.
      Fungsi Algoritma juga bisa digunakan secara berulang atau lebih dari satu kali penggunaan.

      Delete
  27. Nama: Elga Agung Kurniawan
    Kelas: XI IPS 2
    No Absen: 12

    Algoritma adalah sekumpulan(deretan) instruksi(perintah) yang diberikan kepada komputer untuk menyelesaikan suatu masalah(tugas komputasi) misalnya seperti menghitung, mengali, membagi nilai pecahan, merender gambar, mencari bilangan phi atau bilangan prima, menjalankan game dan lain-lain.

    Agar komputer tersebut dapat menyelesaikan tugas tersebut maka diperlukan sebuah program. Karena komputer bekerja dengan bahasa mesin(sinyal listrik Input/Output) dalam bentuk kode biner (10101010) supaya komputer tersebut bisa mengerti(paham) terhadap instruksi yang diberikan.

    Maka untuk membuat sebuah program diperlukan sebuah bahasa pemrograman dengan fungsi menerjemahkan set instruksi(perintah) yang diberikan kedalam bentuk bahasa mesin tadi.
    Bahasa pemrograman kini bervariasi macamnya tergantung penggunaanya untuk apa, seperti c++,c#,java, javascript, php, ruby, python, swift, dan c basic.

    Kemudian, untuk membuat sebuah program dibutuhkan sebuah skill, yaitu namanya coding/programming(memprogram) dengan cara meracik kode(menyusun kode) agar kode tadi dapat bekerja. Dan orang yang melakukan programming namanya programmer.

    Terakhir, Hasil programming dan manfaatnya ini berupa aplikasi, app engine, game, system operation, mesin virtual, database, dan masih banyak lagi yang lainnya :-).

    ReplyDelete
  28. Nama : M.Maulana Adani
    Kelas : XI IPS 1
    Absen : 19

    Algoritma adalah langkah langkah dan urutan yang berfungsi untuk penghitungan dan juga untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah yang ditulis dengan urut.Jadi,algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naufal Athaya (22)
      XI IPS 1



      Secara spesifik, pengertian algoritma ialah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara matematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.

      Delete
  29. Nama : M.Maulana Adani
    Kelas : XI IPS 1
    Absen : 19

    Algoritma adalah langkah langkah dan urutan yang berfungsi untuk penghitungan dan juga untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah yang ditulis dengan urut.Jadi,algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Mochamad Fachri H.H
      Kelas : XI IPS 1
      No : 18

      algoritme adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritme digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

      Algoritme adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas[1] dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik[2] untuk menghitung sebuah fungsi.[3] Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkin kosong),[4] instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang, bila dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi terbatas[5] yang terdefinisi dengan baik, yang pada akhirnya menghasilkan "keluaran"[6] dan berhenti di kondisi akhir. Transisi dari satu kondisi ke kondisi selanjutnya tidak harus deterministik; beberapa algoritme, dikenal dengan algoritme pengacakan, menggunakan masukan acak.[7]

      Delete
    2. Nama:puspita dewi rani
      Kelas : Xl ips 1
      No absen :29
      Adapun kelebihan dan kekurangan algoritma:
      Kelebihannya = kita bisa berkreasi dengan agoritma yang kita inginkan. serta agoritma tersebut bisa di kembangkan lagi.

      kekurangannya = biasanya kita melewati dasar" agoritma tersebut yang dapat menimbulkan bug dalam agoritma tersebut

      Delete
    3. Nama : Dafa Tiara
      Kelas : XI IPS 1
      No. Absen : 05

      Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer yang disusun secara sistematis dan logis.Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma.Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu.Algoritma juga bisa disebut sebagai teknik penyusunan struktur program.

      Delete
    4. Naufal Athaya (22)
      XI IPS 1

      Secara spesifik, pengertian algoritma ialah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara matematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
  30. Nama: Hasna Amelia Agustin
    Kelas: XI IPS 1
    No Absensi: 11

    algoritma adalah cara untuk menyelesaikan masalah dengan menghitung dengan angka

    ReplyDelete
  31. Nama: febri maulana(7)
    Kelas : XI IPS 1

    Permisi ijin menambahkan jawaban dari puspita
    fungsi algoritma bisa digunakan untuk memecahkan program yang rumit,

    Menggunakan fungsi algoritma bisa menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana,

    Fungsi algoritma bisa digunakan secara berulang atau lebih dari satu kali penggunaan,
    Memudahkan dalam pembuatan program,
    Bisa mengatasi segala masalah dengan logika dan urut,
    Menggunakan fungsi algoritma bisa melakukan pendekatan top-down dan juga divide and conquer,
    Meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang,
    Program yang ada menjadi lebih terstuktur dengan rapi sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami ataupun dikembangkan,
    Ketika terjadi kesalahan bisa dicari dengan mudah karena dengan fungsi algoritma bisa mendapatkan alur yang jelas.
    Ketika ingin melakukan modifikasi pada program bisa dilakukan hanya pada satu modul saja tanpa harus merubah dan menganggu modul yang lain.

    ReplyDelete
  32. Qorinah ariqoh habil (29)
    XI IPS 2

    Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah. Awalnya, algoritma merupakan istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis yang berguna untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numeric Arab. kata algoritma pertama kali digunakan pada "algoritma Euclidean" pada tahun 1950.

    ReplyDelete
  33. Haidar Ali (10)
    XI IPS 1

    Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk perhitungan atau untuk menyelesaikan masalah yang ditulis oleh berurutan.Terkait, pemrograman-pemrograman urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

    Meskipun algoritma dapat dibilang ilmu komputer atau informasi, tetapi jangan beranggapan bahwa algoritma itu sama dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari, Ada banyak proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Misal cara memasak mie, cara membuat kue, dan lainnya.

    Penyajian algoritma secara garis besar dapat dibagi dalam dua bentuk Penyajian yaitu tertulis dan gambar.
    • Algoritma yang disajikan dengan tertulis yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan Pseudecode. Pseudecode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga tepat digunakan dalam pemikiran algoritma yang akan dikomunikasikan kepada Programer.
    • Algoritma yang disajikan dengan gambar adalah dengan Flowchart. Flowchart adalah bagian (grafik) yang menunjukkan air (flow) didalam program atau merupakan prosedur sistem secara logis. Flowchart digunakan untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.

    ReplyDelete
  34. Nama: Karella Pangeran Achmad
    Kelas : X IPS 1

    Algoritme adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas[1] dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik[2] untuk menghitung sebuah fungsi.[3] Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkin kosong),[4] instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang, bila dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi terbatas[5] yang terdefinisi dengan baik, yang pada akhirnya menghasilkan "keluaran"[6] dan berhenti di kondisi akhir. Transisi dari satu kondisi ke kondisi selanjutnya tidak harus deterministik; beberapa algoritme, dikenal dengan algoritme pengacakan, menggunakan masukan acak.[7]

    ReplyDelete
  35. Nama : Syifa Azzahra Afra
    Kelas : XI IPS 1
    No.absen : 33


    Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer yang disusun secara sistematis dan logis.Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma.Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu.Algoritma juga bisa disebut sebagai teknik penyusunan struktur program.

    ReplyDelete
  36. Nama : Syifa Azzahra Afra
    Kelas : XI IPS 1
    No.absen : 33


    Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer yang disusun secara sistematis dan logis.Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma.Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu.Algoritma juga bisa disebut sebagai teknik penyusunan struktur program.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Henny Agustina
      Kelas: XI IPS 2
      NOMOR: 17

      Permisi, izin menambahkan dan menjelaskan struktur yang dimaksud tersebut.

      Struktur dasal algoritma terbagi menjadi 3:
      1. Runtunan(sequence): dikerjakan secara berurutan sesuai urutan penulisan. Urutan instruksi menentukan keadaan akhir algoritma.

      2. Pemilihan (selection): pada struktur pemilihan memungkinkan kita melakukan aksi jika suatu syarat terpenuhi. Struktur ini ada dua macam yaitu struktur IF dan struktur CASE.
      3. Pengulangan(repetition): digunakan untuk program yang pernyataannya akan dieksekusikan berulang-ulang.

      Delete
  37. Nama : Nova Aulia Z. C (XI IPS 2)

    permisi, izin menambahkan penjelasan dari Arienta Purwitasari

    Kelebihan algoritme:
    1. Algoritme sangat rapat dan mudah untuk di implementasikan
    2. Operasi pertukarannya hanya dilakukan sekali
    3. Waktu pengurutan dapat lebih ditekan
    4. Mudah digabungkan lagi

    Kekurangan dalam penggunaan algoritme:
    1. Membutuhkan method tambahan
    2. Sulit untuk membagi masalah

    ReplyDelete

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel