Aplikasi Online Trading KOINS

Aplikasi online trading atau biasanya disebut juga dengan OLT adalah aplikasi yang diberikan oleh sekuritas untuk digunakan oleh para nasabahnya untuk bertransaksi saham, baik itu transaksi beli ataupun transaksi jual. Setiap sekuritas memiliki aplikasi online trading masing-masing, dan setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Tidak ada aplikasi oline trading yang sempurnah 100% menurut saya. Oleh sebab itu saya memiliki lebih dari satu aplikasi online trading yang digunakan, begitu juga dengan sekuritasnya.

Nah, kali ini saya pengen sharing sedikit tentang salahs atu aplikasi online trading yang saya gunakan baru-baru ini, bahkan belum sampai satu bulan sejak tulisan ini saya buat. Tapi sebelum dimulai aku akan memberithaukan bahwa aku bukan merekomendasikan ataupun melarang pembaca untuk memakai aplikasi ini, karena keputusan menggunakan atau tidak aplikasi ini sepenuhnya di tangan Anda dan saya tidak bertanggung jawab bila setelah Anda membaca artikel ini jadi tertarik dan pengen membuat akun di Korea Investment & Sekuritas (KISI).
Saya bukan merekomendasikan ataupun melarang pembaca untuk memakai aplikasi ini, karena keputusan menggunakan atau tidak aplikasi ini sepenuhnya di tangan Anda.
Saya juga bukan sales dari sekuritas ini jadi untuk informasi seputar pendaftaran dan lain sebagainya yang berhubungan dengan KISI akan saya jawab sebisa saya dan kalau tidak bisa silahkan tanyakan ke call center/service center KISI di website mereka.


Berawal dari info di akun instagram salah satu sumbe belajarku tentang saham, tapi saya lupa yang mana karena aku belajar dari banyak akun instagram seputar saham. Dari situ ada yang komen kalau di Korea Investmen & Sekuritas biaya feenya hanya 0,13% untuk fee beli, sedangkan untuk fee jual 0,23%. Menurutku itu tergolong biaya fee yang paling murah dari sekurita yang sudah saya gunakan yaitu RHB Sekuritas, Indopremiere Sekuritas dan Sinarmas Sekuritas. Dari situlah aku mulai mencari tau apa itu Korea Investment & Sekuritas yang nantinya disingkat sebagai KISI. 

Saya sempet tanya ke orang yang komen di akun instagram yang saya sebutkan tadi tentang KISI, dari situ saya tau bahwa benar kalo kisi feenya paling murah di antara semua sekuritas di Indonesia setahuku. Setelah mencari tau apa itu KISI, akhirnya aku beranikan diri untuk mencoba secara trial aplikasi yang mereka dengan mendaftar melalui website KISI.co.id yang bisa diakses kapan saja. 

Aplikasi KOINS Mobile
Pertama mencoba adalah mencoba untuk aplikasi mobilenya yang bernama KOINS MTS (Mobile Trading System). Dari sini aku tertarik dengan tampilan watchlistnya yang menurutku ketje sekali (lihat gambar samping). Tampilannya tidak seperti tampilan OLT pada aplikasi yang lain karena kita bisa memilih 4 tampilan berbeda sesuai dengan yang kita inginkan.
Setelah mencoba dengan aplikasi mobilenya, lalu aku coba mendonwload aplikasi dekstopnya yang ternyata tidak kalah ketje dari aplikasi mobilenya. Salah satu bagian dari aplikasi KOINS yang paling aku suka adalah di bagian stock chart, dimana di situ kita bisa menggunakan yang namanya Signal Search yaitu fasilitas yang diberikan untuk mempermudah nasabah dalam memantau grafik saham pilihan yang dilengkapi dengan signal untuk beli dan jual yang muncul pada grafik sahamnya (seperti gambar di bawah).

Meskipun kita harus mencari mana signal yang cocok, karena tidak semua signal memberikan tanda-tanda yang selalu benar, tapi ini menurutku asik banget. Belum lagi di bagian menu Stock Search yang ada fasilitas untuk memilih saham saham berdasarkan chandle atau pattern atau kondisi tertentu yang menurutku mempermudah nasahab untuk terus bertransaksi dengan aplikasi ini.

Sebelum mencoba aplikasi ini aku pernah mencoba tiral di beberapa aplikasi dari sekuritas lain semisal BNI Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, dan juga Danareksa Sekuritas. Menurutku aplikasi KOINS tidak jauh berbeda dengan aplikasi HOTS milik Mirae Asset Sekuritas. Aku berpikir mungkin karena keduanya merupakan serkuritas dari Korea, jadi aplikasinya tidak jauh berbeda hanya peletakan menu dan warna saja yang berbeda. Jadi kalau ditanya mau pake aplikasi apa ya aku memilih KISI karena aplikasinya mirip Mirae tapi fee lebih murah. Sebelum mencoba KOINS aku memang lebih tertarik ke Mirae karena awalnya aku pengen membuat akun syariah tapi setelah tau ternyata OLT sekuritas itu sama saja dengan yang reguler hanya bedanya di saham-sahamnya yang syariah sedangkan fee tetep sama. Maka aku lebih memilih KISI daripada Mirae Sekuritas yang kata orang banyak penggunanya dan menjadi salah satu sekuritas yang paling aktif di Indonesia pada tahun lalu, mungkin yang teraktif deh.
Tampilan Stock Chart KOINS di Dekstop
Oh iya, untuk KISI sendiri pendaftaranya masih manual karena kata salesnya untuk pendaftaran online masih eror dan entah kenapa kok lama sekali diperbaikinya. Jadi saat mendaftar menjadi nasabah KISI aku harus mendolot form yang dikirimkan salesnya ke email aku terus aku cetak dan kirim ke Jakarta. Malahan karena tanda tangan aku yang baru beda dengan tanda tangan di KTP maka aku harus mengirim berkas yang bertanda tangan lagi ke Jakarta. Tapi akhirnya form pendaftaranku di terima dan sekarang aku sudah menjadi nasaban di KISI dan sudah mulai bertransaksi beli dan jual saham.

Memang aku membuat akun di KISI ini untuk kegiatan trading bukan investasi, hal ini karena fee yang ditawarkan oleh mereka tergolong lebih murah dari sekuritas yang sudah aku gunakan lebih dulu. Kegiatan trading ini sendiri aku manfaatin untuk menambah penghasilan harian selain penghasilan bulanan yang aku dapatkan dari bekerja sebagai guru di sekolahan. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Aplikasi Online Trading KOINS"

  1. Replies
    1. apakah yang dimaksud early order itu order sebelum pasar buka (order booking)? kalo iya maka bisa, soale biasanya aku buy ato sell sebelum pasar buka lalu aku tinggal kerja.

      Delete

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel