This is a Brave Rewards publisher verification file. Domain: ngopot.com Token: f56aa6c52b6a82e66c66d9aa78a62d5b8dfcd55a326f2e64e63e502024be1626

Type something and hit enter

author photo
By On
Aplikasi online trading atau biasanya disebut juga dengan OLT adalah aplikasi yang diberikan oleh sekuritas untuk digunakan oleh para nasabahnya untuk bertransaksi saham, baik itu transaksi beli ataupun transaksi jual. Setiap sekuritas memiliki aplikasi online trading masing-masing, dan setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Tidak ada aplikasi oline trading yang sempurnah 100% menurut saya. Oleh sebab itu saya memiliki lebih dari satu aplikasi online trading yang digunakan, begitu juga dengan sekuritasnya.

Nah, kali ini saya pengen sharing sedikit tentang salahs atu aplikasi online trading yang saya gunakan baru-baru ini, bahkan belum sampai satu bulan sejak tulisan ini saya buat. Tapi sebelum dimulai aku akan memberithaukan bahwa aku bukan merekomendasikan ataupun melarang pembaca untuk memakai aplikasi ini, karena keputusan menggunakan atau tidak aplikasi ini sepenuhnya di tangan Anda dan saya tidak bertanggung jawab bila setelah Anda membaca artikel ini jadi tertarik dan pengen membuat akun di Korea Investment & Sekuritas (KISI).
Saya bukan merekomendasikan ataupun melarang pembaca untuk memakai aplikasi ini, karena keputusan menggunakan atau tidak aplikasi ini sepenuhnya di tangan Anda.
Saya juga bukan sales dari sekuritas ini jadi untuk informasi seputar pendaftaran dan lain sebagainya yang berhubungan dengan KISI akan saya jawab sebisa saya dan kalau tidak bisa silahkan tanyakan ke call center/service center KISI di website mereka.

Cloud Hosting Indonesia

Berawal dari info di akun instagram salah satu sumbe belajarku tentang saham, tapi saya lupa yang mana karena aku belajar dari banyak akun instagram seputar saham. Dari situ ada yang komen kalau di Korea Investmen & Sekuritas biaya feenya hanya 0,13% untuk fee beli, sedangkan untuk fee jual 0,23%. Menurutku itu tergolong biaya fee yang paling murah dari sekurita yang sudah saya gunakan yaitu RHB Sekuritas, Indopremiere Sekuritas dan Sinarmas Sekuritas. Dari situlah aku mulai mencari tau apa itu Korea Investment & Sekuritas yang nantinya disingkat sebagai KISI. 

Saya sempet tanya ke orang yang komen di akun instagram yang saya sebutkan tadi tentang KISI, dari situ saya tau bahwa benar kalo kisi feenya paling murah di antara semua sekuritas di Indonesia setahuku. Setelah mencari tau apa itu KISI, akhirnya aku beranikan diri untuk mencoba secara trial aplikasi yang mereka dengan mendaftar melalui website KISI.co.id yang bisa diakses kapan saja. 

Aplikasi KOINS Mobile
Pertama mencoba adalah mencoba untuk aplikasi mobilenya yang bernama KOINS MTS (Mobile Trading System). Dari sini aku tertarik dengan tampilan watchlistnya yang menurutku ketje sekali (lihat gambar samping). Tampilannya tidak seperti tampilan OLT pada aplikasi yang lain karena kita bisa memilih 4 tampilan berbeda sesuai dengan yang kita inginkan.
Setelah mencoba dengan aplikasi mobilenya, lalu aku coba mendonwload aplikasi dekstopnya yang ternyata tidak kalah ketje dari aplikasi mobilenya. Salah satu bagian dari aplikasi KOINS yang paling aku suka adalah di bagian stock chart, dimana di situ kita bisa menggunakan yang namanya Signal Search yaitu fasilitas yang diberikan untuk mempermudah nasabah dalam memantau grafik saham pilihan yang dilengkapi dengan signal untuk beli dan jual yang muncul pada grafik sahamnya (seperti gambar di bawah).

Meskipun kita harus mencari mana signal yang cocok, karena tidak semua signal memberikan tanda-tanda yang selalu benar, tapi ini menurutku asik banget. Belum lagi di bagian menu Stock Search yang ada fasilitas untuk memilih saham saham berdasarkan chandle atau pattern atau kondisi tertentu yang menurutku mempermudah nasahab untuk terus bertransaksi dengan aplikasi ini.
Hosting Unlimited Indonesia

Sebelum mencoba aplikasi ini aku pernah mencoba tiral di beberapa aplikasi dari sekuritas lain semisal BNI Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, dan juga Danareksa Sekuritas. Menurutku aplikasi KOINS tidak jauh berbeda dengan aplikasi HOTS milik Mirae Asset Sekuritas. Aku berpikir mungkin karena keduanya merupakan serkuritas dari Korea, jadi aplikasinya tidak jauh berbeda hanya peletakan menu dan warna saja yang berbeda. Jadi kalau ditanya mau pake aplikasi apa ya aku memilih KISI karena aplikasinya mirip Mirae tapi fee lebih murah. Sebelum mencoba KOINS aku memang lebih tertarik ke Mirae karena awalnya aku pengen membuat akun syariah tapi setelah tau ternyata OLT sekuritas itu sama saja dengan yang reguler hanya bedanya di saham-sahamnya yang syariah sedangkan fee tetep sama. Maka aku lebih memilih KISI daripada Mirae Sekuritas yang kata orang banyak penggunanya dan menjadi salah satu sekuritas yang paling aktif di Indonesia pada tahun lalu, mungkin yang teraktif deh.
Tampilan Stock Chart KOINS di Dekstop
Oh iya, untuk KISI sendiri pendaftaranya masih manual karena kata salesnya untuk pendaftaran online masih eror dan entah kenapa kok lama sekali diperbaikinya. Jadi saat mendaftar menjadi nasabah KISI aku harus mendolot form yang dikirimkan salesnya ke email aku terus aku cetak dan kirim ke Jakarta. Malahan karena tanda tangan aku yang baru beda dengan tanda tangan di KTP maka aku harus mengirim berkas yang bertanda tangan lagi ke Jakarta. Tapi akhirnya form pendaftaranku di terima dan sekarang aku sudah menjadi nasaban di KISI dan sudah mulai bertransaksi beli dan jual saham.

Hosting Unlimited Indonesia
Memang aku membuat akun di KISI ini untuk kegiatan trading bukan investasi, hal ini karena fee yang ditawarkan oleh mereka tergolong lebih murah dari sekuritas yang sudah aku gunakan lebih dulu. Kegiatan trading ini sendiri aku manfaatin untuk menambah penghasilan harian selain penghasilan bulanan yang aku dapatkan dari bekerja sebagai guru di sekolahan. 

Hosting Unlimited Indonesia

44 comments

Barangkali ada kekurangan dari tulisan ini silahkan tambahkan di kolom komentar untuk berdiskusi.

  1. Apakah KOINS bisa early order kah Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah yang dimaksud early order itu order sebelum pasar buka (order booking)? kalo iya maka bisa, soale biasanya aku buy ato sell sebelum pasar buka lalu aku tinggal kerja.

      Delete
  2. kalo fee top up and fee untuk narik dana ada biaya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk topup dan tarik dana beda dengan bank RDN itu feenya sesuai dengan fee yang berlaku untuk transfer ke rekeng bank lain, tapi kalao sama maka tidak ada feenya dan bisa selesai dalam 1 hari kerja.

      Delete
  3. Kak, kalau untuk minimal fee nya ga ada kan? Kayak sekuritas lain ada yang minimal fee nya 10ribu, klo transaksi jual/beli fee nya di bawah itu jadi digenapin 10ribu. Mohon pencerahannya kak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada mas, berapapun beli ya feenya sesuai dengan fee yang sudah ditentukan oleh sekuritas, misal disini di KISI 0,13% mau beli 100rb ya tetep 0,13%

      Delete
  4. Baru beberapa hari yg lalu di grup telegram saya ada yg bahas KISI ini. Pas aku coba trialnya lah kok persis Mirae ya? Ternyata sama2 Korea punya ya. Kebetulan belum bikin Mirae, aku coba daftar KISI ini aja

    Btw, sekarang KISI sudah bisa daftar online karena Bank nasabah wajib BCA. Nggak perlu kirim2 berkas lagi.
    Sejauh ini kekurangannya ada syarat video call dengan pihak sekuritas, yang jeda waktunya kurang lebih satu bulan kemudian 😅 lama banget IMO

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama persis aplikasinya, cuma pelayanan bagus mirae murutku, cuma fee lebih ringan kisi

      Delete
  5. Deposit minimal berapa ya ? Apakah dibawah 1 juta ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. deposit minimal 100rb, aku dulu awal mbuat juga 100rb

      Delete
  6. Ada minimum saldo yg gabisa di withdraw tidak ya? Kalau ada berapa ya?

    ReplyDelete
  7. kisi ada 4 akun ya, akun reguler, syariah, margin dan daytrade. bisa dijelaskan satu2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. reguler itu yang biasa saja pada umumnya,

      syariah itu tentu saja akun yang hanya memperdagangkan emiten2 yg sesuai syariah di dalamnya, misal kalo emiten rokok pasti tidak ada di akun syariah.

      margin itu bisa dikatakan akun yang bisa dapat pinjam duit dari sekuritasnya, tapi ada syarat2nya pastinya

      sedangkan akun daytrade itu akun yang hanya bisa untuk transaksi harian, jadi kalo beli pagi harus dijual sebelum tutup pasar kalo tidak ya nanti akan dijual paksa oleh sistem sekuritasnya gitu

      Delete
  8. I think this is an informative post and it is very beneficial and knowledgeable. Therefore, I would like to thank you for the endeavors that you have made in writing this article. All the content is absolutely well-researched. Thanks... etoro

    ReplyDelete
    Replies
    1. i hope so, and thank you for visiting, I really appreciate it

      Delete
  9. Efficiently written information. It will be profitable to anybody who utilizes it, counting me. Keep up the good work. For certain I will review out more posts day in and day out. etoro

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you for visiting pal, I really appreciate

      Delete
  10. Thanks for an interesting blog. What else may I get that sort of info written in such a perfect approach? I have an undertaking that I am just now operating on, and I have been on the lookout for such info. iq option signals

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you for visiting dude, I really appreciate

      Delete
  11. Di aplikasi KOINS ini apakah ada fitur trailing stop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, bisa ditonton disini >> https://youtu.be/Tj3HSTD3e10

      Delete
  12. thank you for your visiting, i hope you enjoy my articles here

    ReplyDelete
  13. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post. Eddie Listorti

    ReplyDelete
    Replies
    1. thansk mate, hope you enjoy it even you dont know the content fo the articles

      Delete
  14. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing blog that understand the value of providing a quality resource for free. investing in cambodia

    ReplyDelete
  15. I am continually amazed by the amount of information available on this subject. What you presented was well researched and well worded in order to get your stand on this across to all your readers. https://penzu.com/p/d640b6dd

    ReplyDelete
  16. you are welcome, thanks for your appreciate, keep rolling around my blog

    ReplyDelete
  17. bedanya KISI sama Koin apa?
    akun yang dipake sekarang jenis reguler atau perdagangan online?
    soalnya baca disini jumlah setorannya beda.
    https://www.kisi.co.id/faq#:~:text=Jumlah%20setoran%20minimum%20untuk%20membuka,Rupiah)%20untuk%20akun%20perdagangan%20reguler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KISI itu singkatan dari Korea Invesment & Sekuritas Indonesia, sedangkan KOINS itu nama aplikasi milik KISI. Setoran dan fee yang tertulis di blog ini sesuai dengan setoran dan fee pada waktu pertama aku membuat akun di KISI, bisa jadi untuk sekarang sudah berubah karena mungkin sudah tidak promo lagi, maaf saya bukan sales jadi untuk lebih jelasnya bisa ditanya ke CS atau sales KISI tentang setoran dan fee transaksinya.

      Delete
    2. Terima kasih sudah membantu. sudah dihubungi sama salesnya melalui IG.

      Delete
    3. sama-sama, senang bisa membantu

      Delete
  18. apakah koins juga lag seperti hots mirae saat jam 9.00?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak pernah ngamati sih, soalnya untuk saat ini saya pakai koins hanya chartnya saja bukan untuk transaksi, sedangkan untuk transaksi menggunakan sekuritas lain

      Delete
  19. Izin bertanya Kak. Saya baru mulai belajar tentang saham dan saya tertarik dengan sekuritas KISI. Tapi saat saya buka playstore ternyata ada ada 2 pilihan aplikasi, yaitu KISI dan Koins. Apakah keduanya sama saja ? Atau ada perbedaan di Bank yg bekerja sama ? Misal Kisi = BCA sedangkan Koins = Mandiri ? Atau perbedaannya ada di fee atau lainnya.
    Terimakasih sebelumnya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut pengetahuanku, KISI mobile itu isinya cuma info2/berita saja, sedangkan KOINS itu aplikasi tradingnya, semoga gak salah pengetahuan saya ini, tapi mungkin bisa tanya ke salesnya apakah info yg saya ketahui ini bener atau tidak

      Delete
    2. Terimakasih atas penjelasannya Kak 🙏

      Delete
    3. sama-sama, semoga bisa membantu

      Delete
  20. bro, cara depositnya gimana ya? terus minimalnya sekarang ini berapa ya? ini baru selesai daftar online tapi gatau cara deposit&minimal depositnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara depositnya sama kayak transfer duit dari rekening bank satu ke rekening bank lainnya. untuk minimal masih sama 100rb. kalo baru daftar online nunggu dulu balesan email dari KISI untuk mendapatkan akun RDN (Rekening Dana Nasabah) nah rekening RDN itu kayak persis rekening bank, tapi tidak ada buku tabungannya cuma ada bentuk laporan tiap bulannya dikirim melalui email dan bisa dicek di aplikasi AKSES milik KSEI. kalo sudah dapat akun RDN baru bisa deposit. jadi tunggu dulu email balesan dari KISI yang menerangkan itu ya, baru deh deposit, nanti bisa tanya lagi kalo misal ada pertanyaan

      Delete
  21. sy sdh daftar kisi dan udh pnya rdn nya jg. udh download koins mobile jg nih.tp aku masih awam bgt, sumpah ga ngerti cara main nya gmn. kira2 bs ksih petunjuk umum ga? sy dpt panduannya, tp pke bhsa inggrs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan bisa memulai dengan mengisi/deposit ke RDN terlebih dahulu uang untuk membeli sahamnya, setelah itu baru deh bisa mulai beli saham yang diinginkan

      Delete