Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here

Riset pasar (market research) adalah proses pengumpulan informasi dari target market tentang kelayakan produk atau layanan baru dan evaluasi produk lama untuk dikembangkan. Riset pasar memungkinkan brand untuk menemukan target market dan mendapat feedback atau pendapat tentang minat mereka (konsumen) terkait produk atau layanan yang akan ditawarkan kepada (pasar) konsumen.

Dengan kata lain, riset pasar diartikan sebagai proses mengevaluasi kelayakan suatu produk atau layanan baru, melalui riset yang dilakukan secara langsung dengan konsumen potensial.

Dengan adanya market research (riset pasar) maka perusahaan/pengusaha dapat mengetahui produk/ jasa apa yang dibutuhkan konsumen, kualitas produk/ jasa seperti apa yang dibutuhkan konsumen, dan siapa target market yang potensial untuk produk tersebut.

Dengan melakukan riset pasar, perusahaan atau brand bisa memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Memahami kebutuhan konsumen membantu bisnis menciptakan produk atau layanan yang sesuai harapan konsumen. Intinya, riset pasar membantu perusahaan atau bisnis mengumpulkan informasi penting dari target pasar. Ini bisa menghilangkan bias dan asumsi sehingga kamu bisa memahami sikap konsumen, dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan data.

Riset primer adalah proses pengumpulan informasi langsung tentang pasar dan pelanggan kamu. Riset primer terbagi ke dalam dua jenis yaitu: riset eksplorasi dan riset spesifik.

  1. Riset eksplorasi adalah penelitian yang menghasilkan pertanyaan atau masalah yang perlu ditangani perusahaan.
  2. Riset primer spesifik adalah riset yang dilakukan setelah riset eksplorasi untuk menemukan jawaban atas masalah yang diidentifikasi melalui penelitian eksplorasi.

Riset primer bisa dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Riset kuantitatif (data numerik atau statistik) berkaitan dengan data seperti tren atau informasi dari catatan publik. Sedangkan riset kualitatif (data non numerik) berkaitan dengan opini publik atau perasaaan konsumen tentang produk atau jasa. Beberapa metode riset kualitatif yang sering digunakan adalah: wawancara, penelitian etnografi, dan fokus grup. [baca selengkapnya disini]

0 comments

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah