Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here

Bisa dikatakan aku mulai ngeblog sejak masih duduk di bangku sekolah dulu waktu di Pesantren, yaitu sekitar tahun 2005 dan itu kali pertama aku kenal dengan dunia internet plus disitu aku diajari membuat website statis dengsn menggunakan aplikasi Frontpage dari Microsoft. Lalu berlanjut saat masuk kuliah kebetulan kuliah di jurusan Teknologi Pendidikan, sebuah jurusan yang telah menjerumuskanku ke dalam dunia perinternetan hingga sekarang ini, untuk kita selengkapnya tentang perjalan ngeblogku bisa dibaca pada halaman About yang ada di menu di atas. 

Setelah sekian lama ngeblog dengan pasang surutnya, aku sering bergonta-ganti tamplate untuk tampilan blogku. Mulai dari template yang heboh selayaknya tamplate-tamplate berjenis majalah (magazine) atau yang simple dan minimalis yang hanya mementingkan isi daripada tampilan saja. Semua tamplate yang aku gunakan kebanyakan adalah tamplate blog gratisan yang banyak bertebaran di internet kalau dicari dengan menggunakan kata kunci "tamplate blogger" atau kata kunci "free blogger tamplate" maka akan muncul banyak banget tamplate gratisan yang bisa digunakan dengan bebas tanpa harus membelinya. Namun karena bersifat gratis maka ada aja yang membuatku tidak puas dengan tampilan tamplate tersebut. Mulai dari tidak responsive, tidak cocok untuk menampilkan iklan adsense, hingga tampilan yang dibatasi fiturnya dan untuk mendapatkan fitur yang dibatasi itu saya harus membeli tamplate tersebut. 

coinpayu

Sebagai contoh tamplate yang aku gunakan ini adalah tamplate premium buatan salah satu orang Indonesia yang memang menyediakan tamplate premium untuk dibeli. Sebelum aku membeli tamplate ini aku terlebih dahulu mencoba menggunakan tamplate gratisnya dan aku coba otak-atik tampilannya agar sesusai dengan keinginanku yaitu resposive, bisa menampilkan iklan adsense, simpel, loading cepat, mendukung SEO, navigation bar gak hilang saat discrol, serta ada tampilan feature post di bagian depan blognya. 


Setelah mencoba dan mengutak atik tampilan agar sesuai keinginan aku tidak bisa mendapatkan tampilan yang aku inginkan yaitu dibagain feature post pada halaman depan blognya, itu artinya fitur ini dimatikan oleh developer tamplate ini agar bisa dibeli bila menginginkan tamplate ini. Akhirnya aku nekat beli deh tamplate ini dengan harga $4 atau kalau dirupiahkan maka harganya adalah Rp. 55.000,-. Karena kebetulan di paypal aku punya uang hasil dari bayaran iklan dari shorte.st maka aku belilah tamplate yang sedang aku pake di blog ini. 

Setelah aku pasang dan atur sedemikian rupa termasuk pengaturan menu, iklan, video, judul blog dan lain sebagainya. Aku menemukan bahwa ada dalam tamplate ini, diantaranya : 

  1. Saat ada iklan adsense muncul di dalam postingan, kadang tulisan/artikelnya ketutupan iklan adsense (gambar bawah).
  2. Iklan di side bar statis (Iklan Anda) kalau discrol nembus ke footer, makanya aku akali iklannya disitu satu saja, tadinya aku pasang dua iklan (adsense dan iklan tokocrypto)
  3. Tidak ada tombol back to top
  4. Pada halaman depan blog, dibagian snippet blog tidak ada cuplikan isi artikel blognya, cuma judul artikel, gambar artikel, tanggal dan penulisnya. Padahal kalau ada cuplikan isi artikel itu keren banget, aku sudah coba otak atik tapi belum ketemu harus dikasih kode apa. 
Beberapa hal bug yang aku temukan di tamplate ini sudah aku laporkan ke pengembangnya karena di fasilitas saat aku membeli tamplate ini ada kalimat "6 Month Premium Support" artinya aku bisa mendapatkan support untuk keluha tamplate ini hingga 6 bulan sejak aku membelinya. Makanya aku laporkan bug apa yang aku temukan di tamplate ini agar ada pembaharuan. 

Beberapa bug yang aku temukan memang tidak tertera dalam fitur tamplatenya seperti tombol back to top, cuplikan artikel di snippet halaman depan blog. Tapi kalau seandainya itu ada apalagi jaman sekarang kebanyakan blog memang seperti itu pasti tamplate ini akan semakin keren ketika dipakai. 
Adapun alasanku beli tampalte ini adalah karena menurutku tamplate ini sangan cocok digunakan oleh penulis blog yang bersifat blog pribadi seperti blogku ini. Karena ada bebeapa blog yang menggunakan tamplate dengan tipe majalah (magazine) jadi seolah-olah blog itu dikelola oleh banyak orang sehingga seperti terlihat lebi profesional padahal penulisnya hanya satu doang. 

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika mau beli tamplate buat blog berdasarkan pengalaman yang aku alami ini di antaranya adalah : 
  1. Yakinkan diri untuk beli atau tetep pakai yang gratis.
  2. Tentukan untuk dipakai diblog apa tamplatenya, blog pribadi atau blog umum semacam blog berita.
  3. Ketahui hak-hak yang didapat saat membeli tamplate tersebut.
  4. Bisa tidak dibayar dengan rupiah, kalau tidak bisa pastikan kamu punya kartu kredit atau alat pembayaran yang bisa digunakan untuk membayar dengan dolar atau mata uang lain. Lebih bagus kalau jaman sekarang bisa dibayar pakai duit yang ada di dompte digital.
  5. Sebelum beli mending pake dulu yang gratis, kalau dirasa cocok dengan fitur yang ada baru beli yang premiumnya. 
  6. Cari dari developer Indonesia biar komunikasinya mudah kalau kamu tidak bisa bahasa asing, selain itu juga demi mendukung produk karya anak bangsa pastinya. 

Mungkin itu saja beberapa tips yang harus diperhatikan saat mau membeli tamplate blog premium. Barangkali pembaca ada yang punya pengalaman saat membeli tamplate blog atau ada tips lain boleh didiskusikan di kolom komentar pastinya. Happy blogging.

0 comments

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah