Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here

Selain kemampuan berpresentasi di depan banyak audiens, kemampuan untuk membuat slide presentasi yang menarik ternyata juga memiliki kelebihan tersendiri. Sebagai contoh, bulan Meil lalu saya mendapatkan projek membuat slide presentasi untuk wisuda kelas XII di SMA 2 Pekalongan yang mendapatkan bayaran 20 kali lipat lebih banyak dari pada bayaran saat aku membuat slide presentasi di sekolah tempat aku mengajar. Tapi itu tidak hanya slide presentasi tapi juga syuting serta editing videonya. 

Namun dari situ kita tau bahwa skill membuat slide presentasi juga bisa menghasilkan uang yang banyak kalau dibarengi dengan banyaknya projek yang didapat. Oleh sebab itu belajar membuat slide presentasi yang menarik dan baik adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki kalian sebagai siswa kelas XII. Apalagi sebentar lagi kalian masuk dunia perkuliahan, dimana nantinya akan kalian temua tugas-tugas yang selalu memaksa kalian untuk melakukan presentasi di depan dosen dan temen-temen kalian sendiri. Bahkan saat sidah skripsipun kalian harus mempersiapkan diri untuk membuat presentasi dan mempresentasikannya di depan dosen penguji kalian. 


Meskipun kalian bisa membayar orang lain untuk membuat slide presentasi itu, tapi nyatanya ada duit yang kalian keluarkan untuk mendapatkan slide presentasi yang kalian minta itu. Oleh sebab itu dari slide presentasi saja kita sudah tau bahwa ini bisa menghasilkan pundi-pundi uang, apalagi kalau kalian sendiri bisa membuat slide presentasi sendiri kemudian kalian jual kepada orang lain. Sudah pasti uang itu akan menjadi milik kalian karena kalian berhasil menelurkan karya kalian sendiri untuk dijual. 

Nah, untuk membuat slide presentasi yang menarik dan baik tentu saja ada trik dan tipsnya. Nah pada tulisan kali ini saya akan mengajarkan kepada kalian hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat membuat slide presentasi agar menjadi lebih menarik bagi audiens kalian. 

Pertama, pastikan kalian membuat slide presentasi sendiri bukan menggunakan tamplate bawaan dari Power Point ataupun software presentasi lainnya. Karena dengan membuat sendiri kalian akan lebih merasakan nikmatnya saat slide yang kalian buat digunakan di presentasi sendiri atau orang lain yang membayar kamu. Memang sih kamu bisa membayar untuk membeli slide presentasi di website-website penyedia layanan penjualan slide presentasi tapi tak akan terasa senikmat saat kalian bisa membuat sendiri slide presentasi dan kalian sendiri yang menjual slide itu kepada orang lain ataupun kalian gunakan sendiri. Dengan membuat sendiri kalian juga mengasah skill kalian dalam mendesign, 

Dari proses membuat sendiri ini juga kalian juga bisa diawali dengan mencari ide telebih dahulu untuk tampilan slide kalian yang nanti akan dibuat. Karena pada dasarnya ide itu mahal oleh karena itu kenapa kalian harus dibayar saat membuat slide presentasi untuk orang lain. 

Pilih ukuran slide yang akan kalian gunakan adalah langkah kedua saat kalian akan membuat slide presentasi. Karena kalau kalian membuat slide presentasi dengan menggunakan Power Point maka akan ada dua opsi ukuran slide kalian, yaitu 16:9 (enam belas banding sembilan) atau 4:3 (empat banding tiga) yang bisa kalian pilih sendiri. 


Pastikan kalian tentukan dulu sebelum kalian membuat design untuk lebih lanjut, karena kalau ini ditentukan di akhir maka tampilan design kalian akan berantakan dan harus menata ulang dari awal. Untuk diketahui kebanyakan komputer sekarang itu sudah layar lebar dengan rasion 16:9 oleh sebab itu lebih baik kalian memilih ukuran ini untuk slide kalian semua. 

Langkah yang ketiga yang harus kalian implementasikan dalam membuat slide presentasi sendiri adalah dengan menggunakan slide master. Karena dengan menggunakan fasilitas yang satu ini kamu bisa membuat tampilan slide yang sama namu isinya beda hanya dengan sekali klik. Ini juga akan makin menghemat waktu dan tenaga kalian saat membuat slide presentasi. 

Falisitas slide master sudah pasti ada di Power Point bila kamu membuat slide dengan software presentasi punya Microsoft ini. Tapi kalau menggunakan yang software yang lain silahkan cari sendiri apa namanya barang kali juga ada fasilitas yang  fungsinya sama dengan slide master ini.


Gunakan font yang mudah terbaca adalah langkah ke-empat yang perlu diperhatikan dalam membuat slide presentasi agar menjadi menarik. Percuma kalau sudah susah-susah membuat slide presentasi tapi ternyata saat presentasi tulisan kita tidak terbaca karena salah memilih font yang sulit dibaca 


Ingat juga bahwa saat presentasi itu kita ingin mevisualisasikan apa yang kita sampaikan, percuma kalau ternyata saat presentasi tulisan yang ada di slide tidak bisa dibaca dengan jelas. Itu justru akan membuat audiens kita merasa pusing karena sudah ada slide presentasi tapi masih saja tidak bisa dibaca tulisannya, apalagi oleh audiens yang duduk dibagian belakang. 

Itu adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat slide presentasi, sebenernya tidak hanya 4 hal yang perlu diperhatikan tapi lebih banyak lagi, namun nanti tulisan ini akan terlalu panjang. Oleh sebab itu untuk kelanjutan dari hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam dalam membuat slide presentasi maka silahkan untuk dilihat disini atau juga bisa disini untuk selengkapnya.

0 comments

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah