Struktur Dasar Algoritma

Algoritma adalah langkah-langkah penyelesaian suatu masalah yang mana di dalamnya terdapat 3 struktur dasar, yaitu : struktur dasar urutan (Sequence) , sturktur dasar pemilihan (Selection), dan struktur dasar pengulangan (Repetition). 



Ketiga struktur dasar ini biasanya akan ditemukan saat pembuat program menuliskan algoritmanya, entah itu dengan menggunakan pseudocode ataupun dengan menggunakan flowchart atau diagram alir. Berikut ini adalah ilustrasi untuk ketiga struktur dasar algoritma yang akan kita pelajari kali ini. 


Struktur Dasar Urut (Sequence)
Struktur urut adalah struktur yang digunakan untuk mengerjakan jenis program yang pernyataannya sequential atau berurutan. Pada struktur ini, perintah yang diberikan secara beruntun atau berurutan baris per baris mulai dari awal hingga akhir. Struktur urutan tidak memuat lompatan atau pengulangan didalamnya. 

Intruksi dalam struktur urut memiliki karakteristik seperti: 

  1. Tiap perintah dikerjakan satu persatu sebanyak sekali
  2. Pelaksanaan perintah dilakukan secara berurutan
  3. Perintah terakhir merupakan akhir dari algoritma
  4. Perubahan urutan dapat menyebabkan hasil yang berbeda

Struktur urut dalam sains biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan pada kasus yang melibatkan rumus-rumus sederhana dengan melibatkan operator penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Beberapa contoh kasus yang dapat menerapkan logika dengan struktur urut adalah perhitungan suatu besaran dengan rumus sederhana seperti jarak tempuh, luas persegi panjang, luas lingkaran, perhitungan upah pegawai, dan sejenisnya.


Struktur Dasar Pemilihan (Selection)

Struktur Pemilihan adalah struktur yang digunakan pada program yang memerlukan proses pengujian kondisi untuk mengambil suatu keputusan apakah suatu baris perintah akan diproses atau tidak. Pengujian kondisi ini dilakukan untuk memilih salah satu dari beberapa alternatif yang tersedia. Tidak semua baris program akan dikerjakan pada struktur ini, melainkan hanya baris yang memenuhi syarat saja. Secara umum, perintah dalam struktur ini berjalan secara runtun atau berururut mulai dari perintah pertama hingga akhir, namun perintah dapat  dibuat berpindah ke perintah lain atau berhenti jika syarat yang ditentukan terpenuhi.

Struktur Dasar Pengulangan (Repetition)

Salah satu kelebihan komputer adalah kemampuanya untuk mengerjakan perintah secara berulang kali tanpa lelah. Ini berbeda dengan manusia yang cepat lelah bila mengerjakan pekerjaan yang sama berulang-ulang, tidak hanya lelalu bisa jadi membosankan. Struktur Pengulangan adalah struktur yang melakukan pengulangan beberapa kali terhadap satu baris atau satu blok baris program. Pengulangan akan dilakukan sesuai dengan persyaratan yang diberikan.

Sebagai contoh, Anda diminta untuk menulis kalimat "Saya tidak akan malas belajar informatika" sebanyak 100 kali, maka bila ditulis dengan manual maka akan melelahkan. Berbeda bila tulisan tersebut diselesaikan menggunakan program komputer yang di dalamnya terdapat algoritma untuk peritnah itu. Maka jadilah 

Algoritma tulisan 100 kali :
  repeat 100 times
    Tulis "Saya tidak akan malas belajar informatika"

Contoh lain untuk struktur pengulangan ini bisa dilihat pada gambar di bawah ini, dimana Anda akan login ke dalam website facebook.com. Bila username dan password yang Anda masukan benar maka akan langsung selesai program tersebut, berbeda ketika Anda salah mengetikan username atau passwordnya maka Anda diminta untuk menginput lagi password dan username Anda dengan benar.


Itulah 3 struktur dasar dalam penulisan algoritma. Pada contoh di atas saya menuliskan algoritmanya menggunakan flowchart (diagram alir) yang pada pertemuan sebelumya telah saya tuliskan materinya disini. Andapun dapat menulis algortima dengan menggunakan pseudocode untuk menyelesaikan masalah yang ada di atas. 
 
Kalian juga bisa menyaksikan video penjelasan untuk materi struktur dasar algoritma di youtube channel saya di s.id/edusinema atau di bawah ini  


Untuk latihan silahkan kalian buat masing-masing 1 untuk ketiga struktur dasar algoritma dengan menggunakan flowchart seperti pada contoh. Kalian bisa menggambarkanya menggunakan aplikasi paint, Ms. Word, atapun Ms. Power point lalu kemudian kalian upload hasil pekerjaan kalian form yang sudah saya berikan linknya di google classroom. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Struktur Dasar Algoritma"

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel