Trik Mendaftar Jalur Prestasi PPDB 2020

Pendaftaran Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2020-2021 atau yang biasanya lebih dikenal dengan PPDB 2020 dalam 2 hari lagi akan dimulai dengan pendaftaran secara online dan mandiri dari rumah masing-masing CPD (calon peserta didik). 

Seperti tahun sebelumnya, PPDB tahun ini juga menerapkan sistem zonasi. PPDB tahun ini terdapat 4 jalur masuk yaitu; zonasi, pretasi, perpindahan tugas orang tua dan juga jalur afirmasi. Jalur afirmasi adalah jalur masuk PPDB yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu, panti asuhan, dan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya yang menangani langsung pasien Covid- 19.

Untuk tulisan kali ini saya akan sedikit kasih bocoran dari hasil pengumpulan informasi seputar PPDB tahun 2020. Yang akan saya bahas disini adalah khusus jalur prestasi. Meskipun di juknis sudah diterangkan jalur prestasi itu seperti apa, tapi setelah saya baca juknisnya trik ini tidak ada di sana dan trik ini bisa sangat membantu kalian semua calon peserta didik untuk masuk ke sekolah inceran kalian kalau kalian memiliki prestasi bagus. 

Oh iya, jalur presastasi ini biasanya diserbu oleh mereka yang berada di luar zonasi ya, karena ini adalah salah satu cara dan mungkin cara satu-satunya bagi kalian yang berada di luar zonasi agar bisa masuk ke sekolah inceran kalian yang tidak pernah mengalami pemindahan tugas orang tua apalagi anak dari tenaga kesehatan yang menangani langsung pasien Covid-19. 

Trik ini bisa digunakan buat kalian yang masuk jalur zonasi tapi ingin mendaftar di jalur prestasi karena jarak zonasi kalian kalah jauh dari mereka yang memiliki jarak dekat ke sekolah. Caranya adalah, ketika kalian mendaftar PPDB 2020, kaliah jangan pilih jalur zonasi, pilihnya jalur prestasi saja tanpa memilih jalur yang lain terutama jalur zonasi. Karena ketika kalian memilih jalur prestasi maka kalian akan dianggap ikut seleksi jalur prestasi meskipun berada dalam zona. Terlebih ketika kalian masuk jalur prestasi tapi berasal dari dalam zonasi, maka kalian mendapatkan poin tambahan zonasi sebesar 2,25 seperti yang tertulis di juknis (lihat juknis dibawah).

Udah paham kan maksudnya? kalau belum paham saya jelaskan lagi. Misal jarak rumah kalian jauh dari sekolah A  adalah 2km. sedangkan jarak terdekat adalah sekolah B (bukan sekolah favorit tujuan kalian). Padahal kalian ingin masuk ke sekolah A, maka ketika mendaftar PPDB jangan memilih jalur zonasi. Pilihlah jalur prestasi saja, ingat pilih jalur prestasi saja tanpa pilihan kedua jalur zonasi. Hal ini akan otomatis kalian masuk ke jalur prestasi. Sedangkan kalau kalian menentukan pilihan keduanya adalah jalur zonasi maka kalain akan otomatis masuk ke jalur zonasi (sekolah B). Inget, pilihnya satu saja, bukan dua pilihan jalur prestasi dan zonasi, tapi pilihnya prestasi saja. 

Yang perlu diingat juga adalah dalam PPDB ini kalian bisa memilih 3 pilihan, misal pilihan :
  • pilihan pertama : sekolah B (jalur zonasi) jarak 0km
  • pilihan kedua : sekolah A (jalur prestasi)  2km
  • pilhan ketiga : sekolah C (prestasi luar zonasi) 18km
maka dari contoh di atas kalian akan otomatis masuk ke jalur zonasi pilihan pertama, sedangkan trik di atas selumnya hanya satu pilihan saja yaitu jalur prestasi tanpa memilih opsi kedua dan ketiga. Oh iya, karena PPDB ini diseleksi juga berdasarkan umur dan nilai, maka selain zonasi, prestasi dan afirmasi atapun perpindahan tugas. Setelah jarak, maka yang menentukan berikutnya adalah umur yang paling tua terlebih dahulu barulah kemudian prestasi calon peserta didik.






Itu adalah trik yang simpel sebenernya bagi kalian yang berada dalam zonasi tapi jarak rumah dengan sekolah jauh namun prestasi kalian bagus dan ingin masuk ke sekolah favorit di kotamu. Kalau ternyata trik ini tidak berjalan, maka penjelasan yang saya dapatkan dari sumber-sumber terpercaya tersebut tidak valid, atau bisa jadi ada perubahan aturan seputar PPDB 2020 terutama di jalur masuk prestasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Trik Mendaftar Jalur Prestasi PPDB 2020"

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel