Trailing Stop Aplikasi RHB TradeSmart Baru

Bagi seorang trader, kemudahan dalam menggunakan aplikasi trading (Online Trading) yang diberikan oleh sekuritas adalah sebuah nilai plus yang bisa dijadikan sebagai alasan kenapa kita sebagai trader mau menjadi nasabah di sekuritas tersebut. Tentu saja alasan itu juga masih dipertimbangkan dengan alasan lain seperti besaran fee yang dibebankan setiap kali kita melakukan transaksi pembelian ataupun penjualan saham, update info bursa, atapun fasilitas lain yang biasanya disediakan oleh sekuritas untuk menarik nasabah membuka akun saham di tempat mereka. 

Nah, pada kesempata kali ini aku mau berbagi sedikit tentang salah satu fasilitas yang diberikah oleh sekuritas tempatku membuka saham. Ini bukan promosi karena aku juga bukan sales dari sekuritas tersebut apalagi brand ambasador mereka. Ini semata karena aku mau berbagi/sharing ilmu dan pengetahuan yang sudah aku dapatkan ketika aku ditawari untuk ikut pelatihan penggunaan aplikasi OLT terbaru mereka pada hari Kamis, 23 April 2020. 

Ilustrasi OLT saham via unsplash
Sebenernya tidak mengikuti pelatihan yang diadakan secara online tersebut saja aku sudah sedikit paham cara penggunaan dan fasilitas yang ada di apliksai mereka. Namun ternyata ada hal baru yang ditambahkan ke dalam aplikasi baru mereka yang sebelumnya di aplikasi lama tidak ada. Yah, meskipun tambahan fasilitas ini sebenernya sudah banyak digunakan di OLT sekuritas lain yang aku juga menjadi nasabah disana. 
Ini bukan promosi karena aku juga bukan sales dari sekuritas yang aku sebutkan disini, apalagi brand ambasador mereka"
Nah, fasilitas yang pertama adalah GTC (Good Till Cancel), dari namanya saja kita sudah tau kalau dengan menggunakan menu ini kita bisa pasang order buy atau sell di harga tertentu hingga kita membatalkan order tersebut. Maksudnya adalah ketika kita mau membeli saham BBRI misalanya diharga 2400, padahal harga sekarang sudah 2800an, maka kita tidak perlu lagi mengklik order buy setiap hari ketika kita menggunakan fasilitas GTC tersebut. Nah, di aplikasi RHB TradeSmart sendiri GTC diseting selama 90 hari, namun kita bisa kok mengubah menjadi lebih cepet misal 30 hari saja. Jadi selam order BBRI 2400 belum done/matched kita tidak perlu lagi menginput order buy setiap hari karena dengan GTC ini kita sudah otomatis memasukan order buy hingga hari yang kita inginkan, begitu juga untuk order sell ya. 

Lalu yang bagus juga dari fasilitas RHB TradeSmart baru ini adalah adanya fasilitas Trailing Stop, nah apa sih sebenernya Trailing Stop itu ? Trailing stop adalah fasilitas trading yang membantu Anda menyesuaikan stop loss/cut loss dengan lebih sistematis dan otomatis saat trading masih berjalan. Trailing Stop ini digunakan untuk cut loss/stop loss agar kerugian dari turunnya harga saham tidak semakin banyak karena sudah dicegah dengan trailing stop secara otomatis.

Misal, ketika kita memiliki saham BBRI di harga 2800, namun ternyata setelah kita beli harga BBRI justru turun dan tidak naik. Sebagai trader kita pasti tidak ingin mengalami kerugian yang semakin dalam, oleh sebab itu digunakanlah fasilitas trailing stop ini. Fasilitas trailing stop ini bisa diseting sesuka hati pembaca. 

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan video di bawah ini. 


Menurut info yang saya dapata dari sales RHB, mulai tanggal 1 Mei 2020 semua nasabah harus sudah berganti pindah menggunakan apliaksi yang terbaru. Oleh sebab itu pelatihan ini diadakan oleh pihak sekuritas untuk mengenalkan apa yang baru dari apliaksi OLT mereka.

Karena pelatihan tersebut dilakukan melaui aplikasi zoom secara online, jadi mohon maaf kalo selam perekaman kadang ada suara-suara atau terganggu dengan gerakan kursor yang tidak terkontol. Tapi sekali lagi harapan saya ini bisa jadi pengetahun bagi pembaca yang menjadi nasabah di RHB Sekuritas. Ingat ini bukan promosi dan ajakan kepada pembaca untuk mendaftar sebagai nasabah di RHB Sekuritas seperti yang penulis lakukan. Pembaca diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk menjadi nasabah di sekuritas lain sesuai dengan pilihan dan kemudahan yang didapatkan. 

Untuk alasan kenapa saya pakai RHB Sekuritas adalah karena pada awal saya mengikuti SPM (Sekolah Pasar Modal) level 1 dan 2 di Semarang dulu, RHB Sekuritas-lah yang memfasilitasi kegaitan tersebut bersama dengan Bursa Efek Indonesia kantor cabang Semarang. Meskipun saya menjadi nasabah di RHB Sekuritas, saya juga memiliki akun di 2 sekuritas lain yaitu Sinarmas Sekuritas dan juga Indo Premier Sekuritas. Bahkan saat ini saya ingin membuat satu lagi rekening saham syariah di Danareksa Sekuritas dengan alasan karena RDN yang digunakan di Danareksa menggunakan RDN BRI. Hal ini bisa mempermudah dan mempercepat transaksi penyelesain penarikan dana saya yang notabene adalah nasabah di bank BRI. Selain itu dulu pernah juga mengantarkan istri untuk ikut SPM di Semarang pada tahun 2019 seminggu setelah menikah dan kebetulan sekuritasnya adalah Danareksa Sekuritas. 

Untuk sekuritas lain pernah sih tertarik dengan Mirae Asset Sekuritas karena mendengar banyak omongan positif dari temen-temen di grup investor/trader. Namun saya sendiri masih mikir-mikir hal lain seperti fee, fasilitas dan layanan yang diberikan oleh sekuritas tersebut sebelum membuka akun baru. Untuk Danareksa sendiri aku pengen karena juga aku pengen punya rekening saham khusus syariah yang bisa aku gunakan untuk investasi mempersiapkan masa depan calon anak yang masih ada di dalam rahim istriku. 

Untuk saat ini Danareksa sendiri memang sudah dinyatakan sebagai salah satu sekuritas yang memiliki SOTS (Syariah Online Trading System), namun ketika saya tanya via DM instagram katanya SOTS tersebut masih dalam proses pengembangan dan nanti akan dikabarkan di website atapun sosial media mereka saat SOTS tersebut siap digunakan oleh para nasabah. Jadi saat ini saya belum menjadi nasbah di Danareksa Sekuritas ya. 

Jangan lupa tinggalkan komentar ataupun kripik saran seputar artikel yang sudah saya tulis di atas ataupun seputar blog bahkan usulan artikel apa yang Anda inginkan untuk saya tulis di postingan berikutnya agar saya bisa memfasilitasi keinginan pembaca semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Trailing Stop Aplikasi RHB TradeSmart Baru"

  1. untuk di aplikasi andoridnya blm ada fasilitas tsb ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok, kan aplikasinya juga baru dan di bawah ada GTC itu dicentang aja

      Delete

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel