Materi PHB 2


Materi yang akan diujikan pada PHB semester 2 kelas X. Untuk kalian yang mau belajar silahkan bisa baca-baca di bawah ini :

unsplash.com




Auto Number
Nilai atau angka yang terisi secara otomatis. Jika memilih long integer pada bagian file size maka microsoft access akan membuat nomor secara berurut dalam setiap record, tetapi jika memilih Replication ID maka microsoft access akan membuat sebuah nomor unik secara otomatis dalam setiap record

Text / Short Text
Di Microsoft Access versi 2013 sampai 2016 namanya short text tetapi di microsoft access 2010 kebawah namanya text. Type data ini digunakan untuk data alfanumerik (huruf, angka, simbol) panjang karakter maksimal 255 atau kita bisa membatasi banyaknya karakter yang ingin ditampilkan dengan cara mengatur file size dibagian bawah. type data ini paling banyak digunakan dalam pembuatan database.

Long Text / Memo
Di Microsoft Access versi 2013 sampai 2016 namanya Long Text tetapi di Microsoft Access 2010 kebawah namanya Memo. kegunaan type data ini sama seperti short text hanya saja kapasitasnya lebih besar, type data long text ini bisa menampung kalimat dan paragraf maksimal 64.000 karakter.

Number
Digunakan untuk menyimpan type data angka atau Numeric, pada bagian file size kita bisa memilih salah satu type angka yang akan kita gunakan.

Date/Time
digunakan untuk menyimpan data berupa tanggal, bulan, tahun. kita bisa memilih format waktu dibagian bawahnya

Currency
Digunakan untuk menyimpan data keuangan atau nilai nominal

Ole Object
Digunakan untuk memasukkan data berupa gambar atau foto

Hyperlink
Untuk membuat sebuah link yang dapat memanggil suatu situs atau file atau dokumen kemudian menampilkannya.

Attachment
Digunakan untuk melampirkan suatu file berupa gambar, dokumen, musik mp3, atau video

Calculated
Untuk menampilkan data hasil perhitungan antara beberapa field, ketika memilih data type calculated maka akan Secara otomatis terbuka expression builder disitu kita bisa menuliskan sebuah rumus penjumlahan.

Lookup Wizard
untuk membuat sebuah drop box yang menampilkan data disuatu field dan tabel yang berbeda dan bisa juga membuat data pilihan sendiri.


Fungsi Table, Query, Form, Report
  • Table adalah tempat untuk menyimpan data. Data yang ada di dalam tabel dapat kita manipulasi, kita lakukan operasi-operasi dasar database, kita urutkan datanya (men-sort), memperbaiki data yang telah terkumpul dan lain-lain. Jadi, fungsi dari tabel sebenarnya adalah sebagai tempat untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses.untuk cara pembuatannya adalah sebagai berikut.
  • Query adalah fasilitas yang digunakan untuk melihat, mengubah, menganalisis, menyaring, dan menampilkan data yang memenuhi syarat/kriteria tertentu dari satu tabel atau lebih. Juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi data (menambah, menghapus, mengubah, dll), melakukan sebuah penghitungan yang menggunakan formula atau rumus dan sebagai sumber data untuk record-record yang digunakan pad form maupun report.
  • Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master detail.
  • Report adalah sistem pelaporan yang digunakan ketika hendak menampilkan hasil laporan dari sebuah analisis data, baik berupa tabular, grafik maupun hasil-hasil perhitungan dan merupakan ekstrak dari basis data yang hasilnya dapat langsung dicetak melalui media printer, maupun ditampilkan ke layar monitor.
    Gambar bentuk report

Primary key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Nilai dari primary key adalah unik.”

Secara sederhananya, primary key dapat diartikan sebagai kolom yang berisi nilai unik, berfungsi sebagai identitas untuk membedakan setiap record yang ada pada tabel.
Primary key sendiri berfungsi sebagai identitas untuk membedakan antar record pada tabel.

Asscending & Desscending
  • Urut naik (ascending), Mengurutkan dari data yang mempunyai nilai paling kecil sampai paling besar
  • Urut turun (descending), Mengurutkan dari data yang mempunyai nilai paling besar sampai paling kecil.

Cara Membuat Query
Query dalam Microsoft Access adalah sebuah permintaan atau panggilan suatu data dalam sebuah data base, sebenarnya Fungsi Queri ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Filter pada Microsoft Excel. Query dalam Microsoft Access mempunyai kelebihan dari Filter pada Microsoft Excel antara lain dapat menampilkan data dari dua table atau lebih dengan mudah. Untuk memahami Query kalian harus mampu membuat atau memahami table/database terlebih dahulu. Langkah langkah membuat Query dalam Microsoft Access (klik disini untuk melihat cara membaut query)

Rumus- Rumus di Ms. Access
Untuk rumus-rumus yang digunakan untuk menghitung data di Ms. Acces silahkan klik disini

Membuat Form di Ms. Access
Untuk membuat form dalam access ada beberapa hal yang harus rekan lakukan, pertama klik disini untuk membaca selengkapnya


Nah itu adalah materi yang akan keluar di PHB semester 2 ini, silahkan yang mau belajar boleh belajar materi di atas. Kalau tidak mau belajar ya gak apa-apa, karena belajar itu adalah kebutuhan masing-maisng individu seharusnya tidak perlu dipaksa ataupun disuruh-suruh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi PHB 2"

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel