Pengalaman Membuat Mie Ayam Sendiri


Mie ayam kaldu made by me
Berkat ibu membeli alat untuk membuat gilingan adonan mie serta karena memang aku adalah salah satu makhluk hidup yang menyukai makan mie ayam, maka ter-realisasi-lah sudah keinginanku untuk bisa membuat mie ayam sendiri. Memang sih ini bukan resep pribadi hasil karyaku, karena resep yang aku gunakan ini aku pelajari dari video masak-memasak yang ada di Youtube. Berkat panduan dari video itu pulalah akhirnya aku bisa membuat mie ayam sendiri dari mulai membuat mie secara manual hingga memasak bahan-bahan yang sudah dibeli di pasar dan minimarket. Dimulai dari belanja bahan-bahan di pasar karena kebetulan minggu kemarin ibu minta dianterin ke pasar, sambil nunggu ibu selesai belanja, aku sekalian nitip beberapa bahan-bahan untuk membuat mie ayam itu, dan inilah beberapa bahan yang digunakan untuk membuat mie ayam sendiri di rumah.

Bahan-bahan

Bahan untuk membuat mie
  1. Tepung terigu 
  2. Telur ayam 
  3. Minyak sayur
Bahan untuk membuat kaldu ayam
  1. Ayam potong 1kg (atau secukupnya) 
  2. Caisim untuk sayuran khas mie ayam 
  3. Kecap manis 
  4. Kecap asin 
  5. Minyak wijen 
  6. Saus pedas 
  7. Bawang merah 
  8. Bawang putih 
  9. Merica 
  10. Ketumbar 
  11. Kemiri 
  12. Jahe 
  13. Kunyit 
  14. Minyak sayur 
  15. Daun bawang
Proses pembuatan 
Yang paling pertama aku lakukan dalah membuat adonan mie terlebih dahulu dengan mencampurkan tepung terigu 500gr dengan satu butir telur ayam serta aku tambahkan sedikit minyak sayur, kira-kira 3 sendok makan serta air secukupnya agar bisa menyatukan tepung dan telurnya. Uleni bahan-bahan untuk membuat mie itu sampai kira-kira nanti kalau digiling dengan penggilingan mie akan menjadi mie yang tidak basah, karena kalau basah nanti mienya akan lengket. Jangan lupa setelah mienya digilang dan jadi mie seutuhnya, taburi mie dengan tepung yang masing ada agar mie itu tidak lengket dan menyatu dengan yang lainya.



Mie buatan sendiri
Proses membuat mie menurutku adalah proses paling melelahkan karena aku harus menguleni mie hingga benar-benar siap untuk digiling menjadi mie. Beberapa kali aku sampai tanya ke ibu ini adonanya bagaimana, apakah sudah seperti ini sudah siap atau belum, dan beberapa kali harus ditambahkan air agar adonanya benar-benar siap untuk dicetak di penggilingan. 

Setelah mie selesai digiling dan berbentuk mie, maka selanjutnya aku biarkan mie itu senjenak sambil menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat campuran ayam ke dalam mienya. 

Panaskan wajan degan menambahkan minyak goreng secukupnya, masukan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam minyak yang sudah memanas. Goreng hinga bawang putih tercium bau harum dan sedap, kemudian masukan ayam yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong sesuai selera. Setelah beberapa menit masukan air secukupnya kedalam wajan yang berisi ayam itu dan biarkan hingga ayam yang direbus itu mengeluarkan kaldu yang akan menambah kelezatan mie ayamnya nanti. 

Mie ayam kaldu sudah siap dinikmati
Setelah mendidih dan ayam di dalam wajan terlihat sudah matang, angkat wajan berisi ayam dan kaldu ayam itu dan sekarang kita akan menggoreng bumbu (bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, jahe, kunyit, merica) yang sudah di haluskan ke dalam wajan yang berisi minyak panas. Goreng semua bumbu itu agar harum dan sedap lalu masukan ayam beserta air kaldu yang sudah kita buat tadi ke dalam bumbu yang panas itu. Masukan beberapa sendok makan kecap manis, kecap asin dan minyak wijen ke dalam olahan itu dan biarkan saja hingga semua bahan-bahan tercampur dengan bumbu dan siap untuk dinikmati. 



Sembari menunggu ayam yang masih dimasak beserta bumbu-bumbunya, kita bisa memanaskan panci untuk merebus caisim dan mienya terlebih dahulu. Jangan lupa tambahkan 2 sendok makan minyak sayur ke dalam air yang akan digunakan untuk merebus mie dan caisim serta pastikan sebelum memasukan mie dan caisim air nya sudah mendidih terlebih dahulu. Setelah dirasa mie dan caisim sudah matang, angkat dan siapkan di dalam mangkuk. Lalu siram mie dan caisim itu dengan kuah dan juga ayam yang sudah kita masak tadi, tambahkan bawang goreng, kecap serta saus secukupnya.

Sekarang tinggal menikmati mie ayam buatan sendiri yang dijamin rasanya wenak tenan, kalau gak percaya boleh lah main ke rumah nanti aku buatin, asal kamu mau membuat adonan mienya, karena membuat adonan mie itu yang paling melelahkan dari pada masak kaldu ayamnya.

Oh iya, sebenernya menurut resep yang aku tonton di Youtube ada bahan yang namanya kecap Inggris, aku aja baru tau ada kecap yang masih sodaraan sama kunci. Berhubung di pasar dan minimarket gak ada jadi terpaksa gak pakai itu kecap saudaranya kunci Inggris, namun rasanya tanpa kecap yang satu ini tetep saja yahud dan enak kok.



Kalau boleh memberi nama, maka aku namakan mie ayam ini sebagai mie ayam kaldu, karena rasa kaldunya itu luar biasa, dan aku jadi tau ternyata masak kalau ditambah minyak wijen baunya jadi sedap banget, mungkin inilah rahasia yang selama ini aku cari.

Selamat mencoba bagi pembaca yang penasaran dengan rasa mie ayam buatan sendiri. Nanti kalau sudah bisa membuat sendiri rasanya tidak mau beli mie ayam di warung mie ayam pinggir jalan lagi, hehehe.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengalaman Membuat Mie Ayam Sendiri"

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel