This is a Brave Rewards publisher verification file. Domain: ngopot.com Token: f56aa6c52b6a82e66c66d9aa78a62d5b8dfcd55a326f2e64e63e502024be1626

Type something and hit enter

author photo
By On
image from aoseonline.org
Mulai senin 4 Maret 2019 besok kelas XII akan mengikuti kegiatan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) hingga tanggal 19 Maret 2019. Mungkin kalau ditanya kok lama banget USBN nya, ya karena pada tanggal 7 ada libur nasional, yaitu libur Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka. Sedangkan pada tanggal 11 s.d 14 Maret 2019 kelas XII wajib mengikuti gladi bersih simulasi UNBK untuk semua mata pelajaran. Oleh sebab itulah kenapa USBN tahun ini terasa lama karena ada libur nasional di sela-selanya serta ada gladi bersih simulasi UNBK itu. 

Nah, sementara itu untuk kelas X dan XI selama UNBK akan mendapatkan jatah belajar di rumah, itu si bahasa halusnya, tapi kenyataanya bisa dibilang libur, hehe. Harapannya si selama kegiatan belajar di rumah itu kelas X dan XI bisa memanfaatkan waktu untuk belajar sendiri materi-materi pelajaran secara mandiri dengan memanfaatkan media belajar yang bisa mereka gunakan di rumah. Ya meskipun kegiatan belajar di rumah bagi kelas X lebih panjang waktunya dari pada kelas XI, namun pada dasarnya hal ini bertujuan sama yaitu memberikan kesempatan kepada mereka untuk bisa belajar secara mandiri di rumah. 

Menurut pihak sekolah sendiri, kenapa kelas X dan XI diberikan waktu belajar di rumah karena kelas yang biasanya digunakan untuk kegiatan belajar harus digunakan sebagai ruang ujian (USBN), oleh sebab itulah kelas X dan XI diberikan waktu untuk belajar mandiri di rumah. Selain itu kelas XI pada tanggal 17 Maret 2019 nanti mereka juga akan melangsungkan kegiatan studi wisata ke Bali selama kurang lebih satu minggu. 

Kalau biasanya kalain pergi ke sekolah dapat uang saku, nah kali ini kan kalian tidak ke sekolah, pasti ada beberapa dari kalian yang karena tidak sekolah maka tidak dapat jatah uang saku. 
Nah, dari pada di rumah tidak dapat uang saku seperti biasanya kalian pergi ke sekolah. Nah, sambil menunggu datangnya tanggal 17 Maret bagi kelas XI, sedangkan bagi kelas X selama USBN berlangsung bisa memanfaatkan waktu "Belajar Mandiri di Rumah" ini dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat, diantara;

Yang paling pertama tentu saja sesuai dengan judul acara itu, yaitu kalian bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk kembali mempelajari materi-materi yang selama ini telah dipelajari di sekolah. Pasti tuh ya materi-materi yang awal-awal ada sedikit lupa-lupa ingatnya gitu, nah kesempatan yang bagus ini bisa digunakan untuk membaca-baca lagi buku paket dan buku catatan agar materi yang sudah lama tidak terlupakan begitu saja. Selain itu kalian juga bisa memanfaatkan waktu untuk mempelajari materi yang belum di ajarkan oleh guru agar nanti ketika kalian kembali masuk sekolah kalian sudah paham materi yang belum dijelaskan itu. Selain itu juga kamu bisa dapat nilai plus dari guru kalian karena tanpa disuruh sudah mau belajar materi yang belum diajarkan, itu artinya kalian adalah murid yang mandiri dan mencerminkan salah satu karakter murid SMANSA yang memiliki jiwa kemandirian tinggi. 

Kegiatan kedua yang bisa dilakukan selama USBN berlangsung bagi kelas X dan XI adalah mempelajari hal baru selain belajar materi-materi pelajaran. Kenapa saya anjurkan kalian untuk mempelajari hal baru selain materi pelajaran? ya karena saya yakin kalian pasti bosan juga kalau harus setiap waktu/setiap hari belajar materi pelajaran sekolah teru, nah oleh sebab itu kalian bisa mempelajari beberapa hal yang kalian suka, misal buat kalian yang suka ngerusuhi ibu di dapur kalian bisa mencoba-coba membuat resep masakan baru yang bisa kalian praktekin selama ibu berangkat kerja, hehehhe. Atau mugkin kalian punya ide lain, misal kalian suka sama hal-hal yang berbau Korea, oke lah kalian bisa memanfaatkan waktu untuk menghafalkan kosakata baru di sela-sela waktu belajar mandiri kalain di rumah. Nah, kalau saya sendiri si lebih seneng memanfaatkan waktu luang untuk belajar saham dan belajar bahasa pemrograman baru yang belum saya kuasai, mungkin kalian juga tertarik dengan yang saya pelajar ini, boleh lah kita kapan-kapan belajar bareng.

Kegiatan selanjutnya yang bisa kalian lakukan selama "liburan" ini adalah merencanakan acara-acara organisasi/eskul yang next time akan berlangsung. Waduh kalau ini bau-bau anak organisasi/eskul banget ya guys. Tapi menurut saya selain belajar, belajar dan belajar, anak SMANSA itu kebanyakan adalah orang-orang yang sibuk dengan eskul/organisasinya. Bahkan beberapa dari kalian lebih sering dispen kegiatan eskul/organisasi dari pada berada di kelas, nah oleh karena itu waktu yang ada selama 2 minggu ini bisa kalian manfaatkan untuk merancang kira-kira kegiatan eskul/organisasi berikutnya mau dibuat apa, kan bentar lagi mau ada kegiatan pramuka (galang tangguh), PMR (Gratisia) dan bulan April ada Kartinian serta prom. Biar acaranya semakin meriah dan tidak begitu-begitu aja setiap tahunnya kalian bisa banget loh memanfaatkan waktu di sela-sela belajar mandiri kalian untuk hal ini.

Melakukan hobi, adalah opsi berikutnya yang bisa kalian lakukan selama masa belajar mandiri di rumah agar tentu saja kalian tidak bosan dan bete karena harus di rumah melulu sementara uang saku jatah sekolah tidak cair, hehehe. Kan mending kalian melakukan hobi kalian agar lebih bermanfaat waktu kalian berada di rumah. 

Tapi kalau hobi kalian nonton drama Korea atau film yang lain saya tidak menganjurkan kalian menghabiskan waktu untuk seharian full nonton film di TV ataupun streaming dari komputer kalian. Karena itu bisa malah membuat liburan kalian jadi semakin malas untuk ngapa-ngapain. Bolehlah selingan aja nonton satu episod drakor saja, jangan satu episode kalian habiskan dalam waktu satu hari, itu mah namanya pemborosan mata, hahaha.

Bisa juga karena kalian berada di rumah sendirian sementara orang tua kalian harus kerja, kakak kalian harus kuliah/kerja, adek juga harus sekolah. Inilah kesempatan kalian untuk beberes rumah kalian sendiri, yah itung-itung selama liburan kalian bantu-bantu ibu dan ayah bersihin rumah, nyuci piring, nyirami tanaman atau jemur kasur kalian yang sering basah karena iler (bukan ompol ya) hehe. Mama/papa bakal seneng dan bangga karena selama waktu mereka kerja pas pulang rumah sudah bersih dan rapi karena jasa kalian guys, wah apalagi kalo setiap hari selama libur USBN, bisa jadi besok pas masuk sekolah uang jajan ditambahi nih, wenak tho.

Nah, kira-kira itu beberapa hal yang bisa kalian lakukan selama kalian menjalani masa "belajar mandiri di rumah", agar belajar kalian di rumah tidak membosankan dan monoton dengan buku pelajaran mulu. Kalau kalian punya ide lain bisa kok tulis ide kalian di kolom komentar agar bisa dibaca oleh pembaca yang lain. Barang kali ide kalian juga bsia menjadi hal yang baru untuk pembaca yang lain, so share it.

0 comments

Barangkali ada kekurangan dari tulisan ini silahkan tambahkan di kolom komentar untuk berdiskusi.