This is a Brave Rewards publisher verification file. Domain: ngopot.com Token: f56aa6c52b6a82e66c66d9aa78a62d5b8dfcd55a326f2e64e63e502024be1626

Type something and hit enter

author photo
By On

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang cukup populer di dunia keuangan. Saham memungkinkan para investor untuk memiliki kepemilikan atau bagian dari sebuah perusahaan. Dalam investasi saham, terdapat beberapa istilah yang penting untuk dipahami. Berikut ini adalah beberapa istilah yang berhubungan dengan saham:

Saham (Stock)

Saham atau sering disebut juga dengan stock, adalah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan sebuah perusahaan. Saham umumnya diperdagangkan di bursa efek dan bisa dibeli oleh investor untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga saham tersebut.


Harga Saham (Stock Price)

Harga saham adalah nilai yang ditentukan oleh pasar untuk membeli atau menjual saham suatu perusahaan. Harga saham bisa berubah-ubah tergantung dari permintaan dan penawaran di pasar. Saat permintaan tinggi dan penawaran rendah, harga saham akan naik dan sebaliknya.


Dividen (Dividend)

Dividen adalah pembayaran yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham sebagai bagian dari keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan. Dividen biasanya dibagikan secara berkala dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi investor.


IPO (Initial Public Offering)

IPO adalah proses di mana sebuah perusahaan pertama kali menjual sahamnya ke publik. Pada saat IPO, perusahaan akan menawarkan sahamnya kepada investor untuk pertama kalinya dan menerima uang dari penjualan saham tersebut.


Blue Chip

Blue chip adalah saham dari perusahaan-perusahaan besar dan terkenal yang memiliki reputasi yang baik dan stabil. Blue chip umumnya dianggap sebagai investasi yang relatif aman dan bisa memberikan keuntungan jangka panjang.


Bearish dan Bullish

Bearish dan bullish adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan arah pergerakan harga saham. Jika harga saham cenderung turun, maka pasar dianggap bearish. Sebaliknya, jika harga saham cenderung naik, maka pasar dianggap bullish.


Broker

Broker adalah perusahaan atau individu yang memfasilitasi transaksi saham antara investor dan bursa efek. Broker bisa membantu investor untuk membeli atau menjual saham dan biasanya mengambil komisi sebagai imbalan atas jasanya. Broker ini di indonesia disebut juga dengan nama "sekuritas" yang mana di Indonesia terdapat banyak broker/sekuritas yang bisa memfasilitasi investor untuk melakukan transaksi saham.



Itu adalah beberapa istilah yang berhubungan dengan dunia saham, sebenernya masih banyak istilah lain yang berhubungan dengan saham ataupun pasar modal (saham) yang bisa dipelajari secara mandiri. Silahkan tuliskan istilah lain yang kalian temukan melalui kotak komentar di bawah tulisan ini, jangan lupa untuk menuliskan nama dan juga kelas kalian masing-masing

0 comments

Barangkali ada kekurangan dari tulisan ini silahkan tambahkan di kolom komentar untuk berdiskusi.