This is a Brave Rewards publisher verification file. Domain: ngopot.com Token: f56aa6c52b6a82e66c66d9aa78a62d5b8dfcd55a326f2e64e63e502024be1626

Type something and hit enter

author photo
By On
Landasan Psikologi Pendidikan terdiri dari dua disiplin ilmu, yaitu Psikologi Perkembangan dan Psikologi Pembelajaran. Psikologi Perkembangan adalah ilmu  yang mempelajari perilaku individu selama perkembangannya, termasuk perkembangan fisik, psikologis, sosial, emosional, emosional, dan moral. Ada tiga teori dari pendekatan pembangunan menurut Syaodih (2004), yaitu :
  • Pendekatan progresif. Pengembangan pribadi melewati tahap tertentu. Setiap tahapan memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan tahapan lainnya.
  • Pendekatan Diferensial. Pendekatan ini memandang individu memiliki persamaan dan perbedaan. Atas dasar ini, orang membentuk kelompok. Anak-anak yang memiliki kesamaan dikelompokkan bersama. Jadi ada kelompok berdasarkan jenis kelamin, kemampuan intelektual, bakat, ras, agama, status sosial ekonomi, dan lainnya. 
  • Pendekatan yang salah. Pendekatan ini berusaha melihat karakteristik masing-masing individu, bisa disebut  pendekatan individual (lihat perkembangan pribadi seseorang). 
Dari ketiga pendekatan tersebut, yang paling banyak diterapkan adalah pendekatan  bertahap. Ada dua jenis pendekatan bertahap, komprehensif dan spesifik. Kit ini akan  mencakup semua aspek pengembangan sebagai faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyusun tahapan pengembangan. Sedangkan para ahli hanya mempertimbangkan faktor  tertentu  sebagai dasar penyusunan tahapan perkembangan anak, misalnya tahapan Piaget, Koglberg dan Erikson.

0 comments

Barangkali ada kekurangan dari tulisan ini silahkan tambahkan di kolom komentar untuk berdiskusi.