Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Sebenernya aku sudah pengen membuat konten ini sejak akhir tahun lalu karena aku yakin ini bakal booming, dan ternyata memang akhirnya booming beneran pada pertangan bulan januari ini dimana ada seorang mahasiswa Indonesia bernama Gozali yang iseng upload foto selfinya selama 500 hari dari tahun 2017 ke market NFT opensea.io dan laku hingga akhirnya dia jadi miliader baru di Indonesia berkat NFT selfi dirinya itu. 


Sebenernya rada nyesel juga kenapa baru sekarang dibuat tutorialnya padahal udah ada niat dari akhir tahun lalu untuk membuat tutorial ini. Tapi yang namanya nyesel mau diapakan lagi juga sudah tidak bisa, jadi mending mari sharing saja tentang bagaimana cara upload NFT kita ke market NFT opensea.io yang notabene merupakana market NFT terbesar di dunia.

Sebelum menonton videonya perlu dipahami dulu apa itu NFT dan apa itu gas fee. Jadi yang namanya NFT menurut situs wikipedia, adalah token yang tidak dapat dipertukarkan (Bahasa Inggris: Non-Fungible Token atau NFT) adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital). NFT tidak saling bertukar. NFTs umumnya dibuat dengan mengunggah berkas, seperti karya seni digital, ke pasar lelang.Ini membuat salinan berkas, yang direkam sebagai NFT pada buku besar digital. Sementara berkas digital itu sendiri dapat direproduksi tanpa batas, NFT yang mewakili berkas digital dilacak di rantai blok dan memberikan bukti kepemilikan kepada pembeli. Rantai blok seperti Ethereum dan Flow masing-masing memiliki standar tokennya sendiri untuk menentukan penggunaan NFT mereka.

Atau bahasa gampangnya adalah aset digital yang dihargai dengan menggunakan mata uang kripto. Aset digital ini bisa berupa karya seni berupa foto, gambar, video ataupun audio. Bisa juga barang koleksi digital lain seperti skin dalam game, domain website dan lain sebagainya yang sudah dijual di pasar NFT. Jadi kalo kamu punya karya seni tapi belum dijua di market NFT maka belum jadi NFT, karena setiap NFT memiliki kode unik sendiri yang tercata di blockchain. 

Kalo gas fee sendiri secara gampang adalah biaya atau ongkos kita melakukan penjualan/pemajangan karya NFT kita di market NFT seperti di opensea.io

Begitulah kira-kira penjelasan sedikit tentang NFT dan gas fee, sekarang mari kita tonton video tutorial cara uplaod NFT ke market OPENSEA.io tanpa membayar gas fee alias gratis di  bawah ini. 



Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk subcribe dan share video ini agar orang lain juga tau gimana menghasilkan uang dengan menjual NFT. Selamat bercuan dan berkarya.

0 comments

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah