Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here

Untuk dapat menjalakan website di internet maka dibutuhkan yang namanya domain dan hosting. Domain itu adalah alamat website yang biasanya bisa diakses dengan mengetikkannya di browser atau perambah di dunia maya seperti Mozila Firefox, Google Crome, Safari, Opera, atau yang lainnya. Sedangkan hosting adalah tempat untuk menaruh file-file dari website kita. Kalau dianalogikan, biasanya saya mencontohkan dengan contoh ini yaitu domain adalah alamat rumah, sedangkan hosting adalah tanah untuk membangun rumahnya, sedangkan website itu dianalogikan sebagai rumahnya dong tentunya. 

Nah, kali ini saya mau ngeshare dua webhosting gratis yang bisa digunakan untuk mengupload/mengunggah website kita. Kenapa harus gratis ? karena tulisan ini aku dedikasikan khusus untuk murid-muridku yang sedang mempelajari materi CMS dan tentunya nantinya mereka harus mengupload CMS itu ke hosting. Saya tidak mau membebani murid-muridku dengan harus membeli domain atau hosting, oleh sebab itu dua layanan hosting gratis ini bisa digunakan untuk proses belajar mereka. Nantinya bila sudah memahami semua alur dan proses kerja CMS ataupun website maka mereka bisa membeli atau mengelola hosting sendiri. 

Pertama, ada InfinityFree.com, sebuah layanan hosting gratis yang bisa digunakan oleh pembaca dengan segala kelebihan dan kekuranganya. 

Kelebihan dari layanan hosting gratis ini antara lain : 

  1. Gratis sudah pastinya (ada yang beberbayar juga kok kalau mau)
  2. Penyimpanan yang tanpa batas
  3. Tidak ada iklannya
  4. SSL Gratis
  5. 10 Akun Email Gratis
  6. Brandwidth Tanpa Batas

Kekurangannya antara lain : 

  • Tidak ada dukungan dari perusahaan, hanya ada dari forum
  • Performa server yang terbatas
  • Domain aktif 72jam seteleh didaftarkan (termasuk lama)

Kedua, adalah Awardspace.com, yang juga memberikan layanan hosting dan domain gratis bagi anda yang tidak mau mengeluarkan uang. 

 Kelebihan dari hosting gratis ini adalah : 

  1. Penyimpanan nya 1 GB
  2. Gratis sudah pasti
  3. Dukungan CS
  4. Installer Skrip
  5. Gratis 1 Akun Email
  6. Gratis 1 Domain
  7. Gratis 3 Subdomain
  8. Domain Langsung Jadi

Sedangkan kekuranganya adalah  :

  • Brandwidth Terbatas
  • Pemuatan Situs Lambat

Itu adalah dua layanan hosting gratis yang bisa digunakan untuk menginstal website ataupun wordpress yang bisa digunakan untuk belajar membuat website pribadi. Oh iya, untuk layanan hosting gratis ini tentunya dapat layanan domain gratis juga namun untuk domain gratis tidak domain seperti blog ini, tapi domain yang belakannya seperti : sma1pkl.atwebpages.com untuk awardspace, namun juga ada pilihan lain yang pada intinya pada bagain sabelum dot kom ada embel-embelnya seperti itu. Namanya juga layanan gratis jadi pasti lebih banyak kekurangan dari pada kelebihannya. Kalau mau yang banyak kelebihannya maka mending beli layanan domain dan hosting sendiri. 

Semoga saja sedikit info ini bisa menjadi opsi lain selain layanan hosting yang diberikan oleh 000webhost.com yang selama ini sudah banyak digunakan oleh banyak sekali  mayoritas penggunan hosting gratis di internet. 

Selamat mencoba dan selamat belajar, semoga bermanfaat

1 comments:

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah