Aturan Menulis Kode Pascal

Seperti yang pernah saya bilang pada pertemuan sebelumnya, kalau untuk pertemuan minggu ini kita akan memulai mempelajari algoritma dengan menggunakan bahasa Pascal. Bahasa Pascal sendiri adalah bahasa pemrograman yang bisa dibilang untuk membuat program komputer, namun bahasa ini tergolong bahasa yang jadul meskipun hingga sekarang masih digunakan terutama untuk pembelajaran algoritma pemrograman di sekolah ataupun di universitas. Hal ini karena bahasa Pascal tergolong bahasa pemrograman tingkat tinggi yang perintah-perintahnya hampir sama dengan bahasa manusia terutama dalam bahasa Inggris.

Untuk menulis kode pascal pastikan kalian sudah menginstal aplikasi yang pada minggu lalu saya minta untuk kalian instal di smartphone atapun komputer/laptop kalian.  Bila belum silahkan baca lagi pada akhir artikel (disini) aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk belajar pascal ini.


Di atas ini adalah contoh kode program yang ditulis di aplikasi pascal, kalian bisa menggunakan Pascal N-IDE Editor And Compiler Programming di smartphone Android kalian ataupun Free Pascal & Lazarus IDE dari komputer/laptop kalian masing-masing. 

Kode program pascal itu terdiri dari dua bagian yaitu : bagian deklarasi dan bagian inti program. Untuk bagian deklarasi seperti contoh yang ada di atas itu teletak antara perintah program dan begin. Sedangkan untuk bagian inti program kodenya ditulis diantara perintah begin dan end.

Berikut ini adalah beberapa jenis kode program yang digunakan pada bagian deklrasi :
 
Perintah Uses 
Uses adalah cara bahasa pemrograman pascal untuk memasukkan kode-kode external yang dikenal dengan unit (atau library dalam bahasa pemrograman lain). Sebagai contoh, perintah clrscr yang saya gunakan pada program utama merupakan perintah yang ada pada unit crt. Terdapat berbagai unit yang bisa kita gunakan, seperti math, sysutils, printer, dan strutils.

Ketersediaan unit ini berbeda-beda untuk masing-masing aplikasi. Compiler Free Pascal memiliki unit yang lebih banyak dari pada Turbo Pascal karena masih aktif dikembangkan hingga sekarang.

Perintah Type
Pada bagian deklarasi Type, kita bisa membuat tipe data bentukan. Sebagai contoh, dalam kode diatas saya membuat tipe data warna, dimana tipe data ini hanya bisa diisi dengan nilai merah, kuning, atau biru.

Perintah Constant
Konstanta atau constant adalah sebuah ‘penampung’ yang nilainya bersifat tetap. Dalam contoh diatas, saya membuat konstanta PI dengan nilai 3.14.
 
Dalam penulisan angka, tanda ‘koma’ digunakan sebagai pemisah ribuan, sedangkan tanda ‘titik’ digunakan untuk pemisah desimal. Ini berlaku dalam hampir semua bahasa pemrograman komputer lainnya, seperti C, C++, PHP, dan Java
 
Perintah Variable
Variabel atau variable adalah ‘penampung’ yang nilainya bisa berubah sepanjang alur program. Kita akan sering menggunakan variabel dalam pembuatan kode program. Pada contoh diatas saya membuat variabel jari2 yang diset bertipe data integer. Nilai jari2 juga langsung diisi dengan angka 7.

Perintah Function 
Sebuah fungsi atau function dikenal juga sebagai subprogram, karena kita bisa memecah alur program yang panjang menjadi fungsi-fungsi yang saling terpisah. Berbeda dengan prosedur, fungsi akan mengembalikan nilai.

Dalam contoh diatas saya membuat function luas_lingkaran yang digunakan untuk menghitung luas lingkaran. Fungsi ini akan mengembalikan nilai akhir bertipe real.

Perintah Procedure

Pada dasarnya, prosedur atau procedure adalah fungsi yang tidak mengembalikan nilai. Prosedur adalah sesuatu yang unik di dalam pascal. Bahasa pemrograman lain umumnya tidak mengenal prosedur.

Dalam kode diatas saya membuat procedure kel_lingkaran untuk menghitung keliling lingkaran. Karena prosedur tidak mengembalikan nilai, maka saya langsung menampilkan hasilnya dengan writeln.

Sedangkan pada bagian inti program akan berisikan kode-kode program utama yang digunakan di dalam pascal itu sendiri. Untuk bagian inti ini nanti kodenya bisa banyak bisa sedikit tergantung seberapa komplek program yang kita buat.

Dari contoh kode di atas, maka dapat diketahui bahwa pada bagian deklrasi belum ada perintahnya, sedangkan tulisan "hello_world" adalah nama dari programnya itu sendiri. Sedangkan tulisan " {bagian deklarasi}" adalah komentar yang digunakan dalam program pascal. Komentar yang berada pada tanda kurung kurawal tidak akan muncul pada aplikasi yang kita buat. Seperti halnya komentar yang pernah kita pelajara di HTML dasar.

Untuk bagian inti dari kode di atas sudah terdapat kode "writeln('Hello World!')" dan juga "readln" yang merupakan kode inti dari program yang kita buat untuk program pertama kita. Ingat! kode di atas hanya contoh awal dari kode yang ada di pascal, Nantinya kita akan mempelajari banyak kode/perintah yang digunakan di pascal. 

Untuk hasil dari kode di atas sendiri hanya menampilkan tulisan Hello Word! sesuai dengan apa yang tertulis di baris 5 kode itu. Sedangkan kode yang lain tidak akan muncul di layar program karena kode yang lain bukanlan apa yang kita inginkan untuk muncul di layar program. 

Perlu diperhatikan dan juga diingat bahwa sebuah program di pascal selalu diawali dengan memberi nama program dengan perintah awal program dan diakhiri dengan perintah end.  Dimana perintah program digunakan untuk memberikan nama pada program yang kita buat seperti pada contoh kode di atas maka nama program yang kita buat adalah hello_world. Nama progam ditulis tanpa spasi dan tidak boleh diawali dengan angka. Seperti dalam HTML, di pascal juga tidak case sensitive, itu artinya kita mau menulis "MemBaCa" atau "membaca" itu sama saja. 
 
Untuk latihan kalian bisa mencoba menambahkan kode baru di bawah perintah writeln('Hello World!') copy saja kode itu lalu ubah tulisan  yang ada di dalam tanda kurung dan petik dengan tulisan yang lain. Maka nanti di program kalian akan muncul tulisan yang kalian buat itu. Misal saya ganti seperti contoh di bawah ini,

Berikut ini adalah video tutorial cara menggunakan aplikasi Pascal N-IDE Editor And Compiler Programming di smartphone Android yang bisa kalian tonton agar menambah pengetahuan kalian.

Sekarang kalian bisa mencoba untuk menulis kode seperti yang ada di atas lalu ubahlah sesuai dengan keinginan kalian masing-masing. Selamat Belajar. 

sumber tulisan : duniailkom

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aturan Menulis Kode Pascal"

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda:

Iklan Tengah Artikel 2

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Iklan Bawah Artikel