Pemrograman dan Bahasa Pemrograman

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah tau kalau pemrograman adalah kegiatan merancang dan menulis program komputer. Sedangkan bahasa pemrograman adalah bahasa komputer yang digunakan dalam menuliskan programnya

Belajar memprogram tidak sama dengan belajar bahasa pemrograman. Belajar memprogram artinya mempelajari metodelogi pemecahan masalah, kemudian menuliskan algoritma pemecahan masalahnya dalam notasi tertentu. Sedangkan belajar bahasa pemrograman berarti belajar memakai sautu bahasa komputer, aturan tata bahasanya, instruksi-insturksinya, tata cara pengoperasian compiler-nya serta memanfaatkan instruksi-insturksi tersebut untuk membuat program yang ditulis hanya dalam bahasa itu saja. [Inggriani Liem 1996]


Ingat, dalam pemrograman yang lebih ditekankan adalah pemecahan masalah, sementara menulis kode program adalah aktivitas terakhir. Pada awalnya setelah kita menemui masalah adalah memecahkan masalah tersebut tanpa harus memikirkan nantinya akan ditulis dengan bahasa pemorgraman apa programnya. Kita hiraukan saja meskipun setiap programer sudah memiliki bayangan bahasa yang akan digunakan. Langkah-langkah pemecahan masalah inilah yang nantinya disebut dengan notasi algoritmik.
Karena belajar pemrograman yang baik dan benar itu bukanlah belajar membuat program "yang penting hasilnya benar", tetapi perlu dipikirkan bagaimana membuat program yang memiliki skema yang benar.  
Bila suatu  rancangan permasalahan sudah dibuat dengan skema yang benar, maka rancangan tersebut siap untuk dikodekan ke dalam bahasa pemrograman yang sudah ditentukan akan digunakan agar program itu dapat dieksekusi oleh komputer. Nah, untuk itulah kita perlu belajar bahasa pemrograman, entah itu bahasa pemrograman yang spesifik (specific purposes programing language) ataupun yang miliki tujuan secara umum (general purposes programming language) itulah dua golongan bahasa pemrograman yang dikelompokan sesuai dengan tujuan aplikasinya [Rinaldi Munir, 2011].
  1. Bahasa Pemrograman Bertujuan Khusus (specific purposes programing language) yang termasuk kelompok ini misalnya Cobol, bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi bisnis dan administrasi, Fortran yang digunakan untuk membuat aplikasi komputasi ilmiah, bahasa Assembly atau biasanya disebut bahasa rakitan yang juga disebut bahasa pemrograman mesin, Prolog bahasa pemograman untuk membuat aplikasi kecerdasan buatan, serta masih banyak lagi yang lainya yang bisa kalian cari sendiri di internet. 
  2. Bahasa Pemorgaman Bertujuan Umum (general purposes programming language), ini adalah bahasa pemorgaman yang sering sekali kita temukan dalam kehidupan pemrograman sehari-hari karena hampir kita kenal dimana-mana. Pascal, Basic, C, C++ adalah beberapa contoh bahasa yang digunakan untuk keperluan secara umum. 
Meksipun  dikelompokan menjadi dua seperti di atas, namun hal itu tidak benar-benar baku. Bahasa bertujuan khusus tidak berarti tidak bisa digunakan untuk aplikasi lain, begitu pula demikian bahasa khusus bukan berarti tidak bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang bertujuan khusus. Setiap bahasa pemrorgaman memiliki kelebihan dan kekurangan, oleh sebab itu diciptakan bahasa pemrograman lain yang bisa saling melengkapi. Serta perbedaan itu ada karena pada dasarnya bahasa pemrograman dibuat untuk bermacam-macam kegunaan yang berbeda pula.
Sedangkan berdasarkan "kedekatan" bahasa pemrorgaman dibedakan menjadi dua, yaitu bahasa mesin dan bahasa manusia. Keduanya sering juga disebut dengan istilah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. 
  1. Bahasa Tingkat Rendah. Bahasa ini dirancang agar setiap instruksinya langsuyng dikerjakan oleh komputer tanpa harus melalui penerjemahan. Contoh dari bahasa ini adalah bahasa mesin (assembly) yang mana bahasa ini berisi sekumpulan kode biner nol dan satu ( 0 & 1). Setiap perintah dari bahasa mesin ini langsung dimengerti oleh mesin dan langsung dikerjakan. Bahasa ini bersifat primitif, sangat sederhana dan relatif sulit untuk dipahami manusia. 
  2. Bahasa Tingkat Tinggi. Berbeda dengan bahasa tingkat rendah, bahasa ini lebih mudah dipahami manusia dan tentunya lebih manusiawi serta bahasa ini lebih dekat dengan bahasa manusia terutamanya bahasa Inggris. Namun meskipun demikian bahasa ini memiliki kelemahan yaitu tidak bisa langsung dieksekusi oleh komputer. Bahasa ini perlu diterjemahkan terlebih dahulu oleh sebuah translator bahasa yang disebut dengan compiler ke dalam bahasa mesin sebelum akhirnya dieksekusi oleh CPU. Contoh bahasa ini adalah Visual Basic, Pascal, Java, PHP, dll. 
Meskipun banyak yang sering menyebut dengan istilah bahasa tingkat tinggi dan rendah, namun sebenernya batasan itu tidak cukup jelas untuk membedakan keduanya. Ada beberapa penulis yang menyebut bahasa tingkat tinggi karena dianggap lebih manusia dan mudah dipahami oleh manusia. Ada pula yang membedakan menjadi 3, yaitu bahasa tingkat tinggi, bahasa tingkat menengan/sedang serta bahasa tingkat rendah [Les Goldschlager, 1988].

Untuk mempelajari bahasa apa yang kalian inginkan, kalian bisa mencari sendiri referensinya dari internet. Banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kalian pelajari satu persatu, dari mulai yang mudah hingga yang susah menurut kalian masing-masing.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

46 Responses to "Pemrograman dan Bahasa Pemrograman"

  1. nama : ira herawati
    kelas : XI IPS 1
    no. absen : 13

    • Program
    Implementasi dari algoritma yang ditulis ke dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat di proses oleh komputer.

    • Pemrogram
    Orang yang bekerja menyusun suatu program.

    • Bahasa pemrograman
    Suatu notasi yang digunakan dalam uraian-uraian algoritma dan struktur data untuk dapat berkomunikasi dengan komputer.

    Jenis-jenis Bahasa Pemrograman
    Secara umum, bahasa pemrograman dibagi kedalam 4 kelompok yaitu :

    1. Bahasa tingkat rendah
    Bahasa pemrograman generasi pertama dimana bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunkan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanya pembuatnya saja.

    2. Bahasa tingkat menengah
    Bahasa Pemograman dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan yang kurang familiar. Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).

    3. Bahasa tingkat tinggi
    Bahasa pemrograman yang mempunyai ciri mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti COBOL, dBase, dll.

    4. Bahasa berorientasi objek
    Bahasa pemrograman yang lebih modern dari bahasa tingkat tinggi, seperti Visual Basic, Visual C++, dll.

    • Fungsi Bahasa Pemrograman
    Media untuk meyusun dan memahami serta sebagai media komunikasi antara programer dengan komputer

    Struktur Dasar Pemrograman
    Salah satu tahapan dari pengembangan sebuah program adalah menterjemahkan atau mengkodekan rangcangan terinci yang telah dibuat menjadi program komputer yang siap pakai.


    1. Penulisan program yang interaktif

    Beberapa cara atau kiat untuk menulis program yang interaktif adalah sebagai berikut:

    Program harus dapat melakukan validasi terhadap setiap data yang masuk.
    Program harus dapat mengecek setiap kemungkinan-kemungkinan penting yang muncul pada data masukan.
    Buatlah agar program dapat memberikan tanda bahwa yang diinginkan sudah terpenuhi.
    Berikan keterangan pada setiap keluaran bila user salah mengoperasikan program tersebut.
    Berikanlah pesan apabila program sedang melakukan suatu proses yang memerlukan suatu waktu tunggu.

    2. Penulisan program yang efisien

    3. Hal yang kita dpat efisienkan dalam menulis suatu program komputer:

    Mengefisiensikan pernyataan yang terdapat pada program.
    mengefisiensikan pemakaian memori komputer.
    mengefisiensikan pemakaian piranti masukan ataupun keluaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Az-Zahra Putri Yusuf
      Kelas : XI IPS 2
      Nomor Absen : 09

      permisi, izin melengkapi tanggapan untuk rekan Ira Herawati
      Konsep Dasar Pemrograman

      Konsep dasar pemrograman komputer yaitu Input, proses, dan output.

      Input merupakan proses memasukan data ke dalam komputer menggunakan perangkat input (mouse, keyboard atau lainnya)Setelah data di inputkan maka akan diproses menggunakan perangkat procesing yang biasanya terdiri dari : menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengkelompokkan, dan mencari perangkat penyimpanan (storage).Data yang sudah diproses akan ditampilkan berupa informasi melalui perangkat output (speaker, monitor, atau lainnya).

      Namun kini konsep tersebut dikembangkan lagi menjadi Oiginating > Input > Proses > Output > Distribution.

      Originating yaitu pengumpulan data yang biasanya berupa pencatatan data sebelum proses input.Sedangkan distribution adalah proses menyebarkan informasi kepada pihak-pihak tertentu.Ada satu lagi komponen penting yaitu Storage.Storage adalah tahapan yang merekam hasil pengolahan data. Dan nantinya digunakan untuk proses input selanjutnya.

      Delete
  2. Nama : Nur Juliana
    Kelas : XI IPS 1
    No. Absen : 27

    Dari beberapa sumber yang saya baca, untuk manfaat belajar Bahasa Pemrograman itu sendiri adalah
    1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir.
    2. Mengembangkan Cara Berpikir dengan sistematis.
    3. Melatih ketelitian.
    4. Meningkatkan kemampuan dalam mengatasi masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Rossy Rachmasani
      Kelas: XI IPS 2
      No absen: 31

      "Manfaat belajar bahasa pemograman"
      1.melatih logika
      2.mendapatkan ilmu baru
      3.kecepatan mengetik meningkat

      Delete
    2. Nama: Khoirunnisaa
      Kelas: XI IPS 2
      No absen: 20

      Permisi izin menambahkan
      Belajar bahasa pemrograman merupakan sebuah pembiasan. Pembiasaan dalam menuliskan baris-baris kode yang benar, pembiasaan dalam menggunakan penalaran yang tepat, dan pembiasaan dalam menggunakan perumusan yang sesuai. Proses-proses tersebut juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi orang-orang yang mempelajari bahasa pemrograman.

      Beberapa manfaat belajar bahasa pemrograman di antaranya adalah sebagai berikut ini:

      1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Logis
      2. Mengembangkan Cara Berpikir Dengan Sistematis
      3. Melatih Teliti Terhadap Detail
      4. Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatasi Masalah

      Delete
    3. Nama : Arientia Purwitasari
      Kelas : XI IPS 2
      No. Absen : 07

      Permisi izin menambahkan, untuk kekurangan belajar bahasa pemrograman itu sendiri adalah jika belajar bahasa pemrograman secara mandiri biasanya agak lambat karena butuh belajar berulangkali sampai bisa menangkap apa yang di maksud dari sebuah coding itu.
      Butuh kemauan yang sangat kuat untuk bisa belajar mandiri karena, selalu kebingungan dan harus punya kemauan untuk bisa menyelesaikan belajarnya

      Delete
  3. nama : ira herawati
    kelas : XI IPS 1
    no. absen : 13

    • Program
    Implementasi dari algoritma yang ditulis ke dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat di proses oleh komputer.

    • Pemrogram
    Orang yang bekerja menyusun suatu program.

    • Bahasa pemrograman
    Suatu notasi yang digunakan dalam uraian-uraian algoritma dan struktur data untuk dapat berkomunikasi dengan komputer.

    • Jenis-jenis Bahasa Pemrograman
    Secara umum, bahasa pemrograman dibagi kedalam 4 kelompok yaitu :

    1. Bahasa tingkat rendah
    Bahasa pemrograman generasi pertama dimana bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunkan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanya pembuatnya saja.

    2. Bahasa tingkat menengah
    Bahasa Pemograman dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan yang kurang familiar. Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).

    3. Bahasa tingkat tinggi
    Bahasa pemrograman yang mempunyai ciri mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti COBOL, dBase, dll.

    4. Bahasa berorientasi objek
    Bahasa pemrograman yang lebih modern dari bahasa tingkat tinggi, seperti Visual Basic, Visual C++, dll.

    • Fungsi Bahasa Pemrograman
    Media untuk meyusun dan memahami serta sebagai media komunikasi antara programer dengan komputer

    Struktur Dasar Pemrograman
    Salah satu tahapan dari pengembangan sebuah program adalah menterjemahkan atau mengkodekan rangcangan terinci yang telah dibuat menjadi program komputer yang siap pakai.


    1. Penulisan program yang interaktif

    Beberapa cara atau kiat untuk menulis program yang interaktif adalah sebagai berikut:

    Program harus dapat melakukan validasi terhadap setiap data yang masuk.
    Program harus dapat mengecek setiap kemungkinan-kemungkinan penting yang muncul pada data masukan.
    Buatlah agar program dapat memberikan tanda bahwa yang diinginkan sudah terpenuhi.
    Berikan keterangan pada setiap keluaran bila user salah mengoperasikan program tersebut.
    Berikanlah pesan apabila program sedang melakukan suatu proses yang memerlukan suatu waktu tunggu.

    2. Penulisan program yang efisien

    3. Hal yang kita dpat efisienkan dalam menulis suatu program komputer:

    Mengefisiensikan pernyataan yang terdapat pada program.
    mengefisiensikan pemakaian memori komputer.
    mengefisiensikan pemakaian piranti masukan ataupun keluaran.

    ReplyDelete
  4. Nama:puspita dewi rani
    Kelas :XI IPS1
    NO URUT: 29
    menurut artikel yang saya baca ada beberapa macam² bahasa pemograman yaitu
    1.bahasa pemograman C(kategori tingkt tinggi)
    2.bahasa pemograman JAVA(kategori tingkt tinggi)
    3. Bahasa pemograman Phyton
    4. Bahasa pemograman ruby
    5.bahasa pemograman SQL
    6.bahasa pemograman couldfision
    7. Bahasa pemograman COBOL
    8. Bahasa pemograman PHP
    9. Bahasa pemograman microsoft visual basic
    10. Bahasa pemograman visual c++
    11. Bahasa pemograman DELPHI
    12. Bahasa pemograman ASP
    13. Bahasa pemograman XML
    14. Bahasa pemograman WML
    15. Bahasa pemograman PERL
    16. Bahasa pemograman CFM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Adinda Joanita Bunga A
      Kelas: XI IPS 2
      No: 01
      17. Bahasa pemrograman HTML
      18. Bahasa pemrograman CSS (Cascading Styless Sheets)
      19. Bahasa pemrograman C ++ (berorientasi objek)
      Nomor 6 harusnya ColdFusion (aplikasi server)

      Delete
    2. Nama: Syahrully Amanda Faatikh
      No:33
      Kls: XI Ips 2

      20. Antonio Script
      21. Bahasa pemrograman pascar
      22. Switch Apple

      Delete
  5. Nama : nauroh khisanah
    Kelas : XI IPS 1
    No. Absen: 23

    Dari sumber yang saya baca perbedaan bahasa pemrograman bertujuan khusus dan umum adalah

    • umum : dirancang untuk menulis perangkat lunak yang akan digunakan untuk memecahkan berbagai masalah, dikenal sebagai bahasa bertujuan umum karena dirancang untuk tidak memecahkan masalah spesifik, behasa yang termasuk jenis ini XML dan HTML dan bahasa bertujuan umum ini lebih terbuka

    • khusus : dirancang khusus untuk aplikasi tertentu, contoh LISP dan prolog, keduanya dirancang khusus untuk tujuan kecerdasan buatan dan pemrograman bertujuan khusus ini lebih spesifik

    ReplyDelete
  6. Nama : Ufairotul Iffat
    Absen : 34
    kelas : XI Ips 1

    kumpulan algoritma-algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman adalah program
    pemrograman biasanya merujuk pada aktivitas yang berkaitan dengan pembuatan program
    1. Bahasa pemrograman bertujuan khusus digunakan untuk membuat aplikasi bisnis/administrasi
    2. Bahasa pemrograman bertujuan untuk umum yaitu bahasa yang sering kali ditemukan dalam kehidupan pemrograman sehari-hari untuk keperluan secara umum

    berdasarkan kedekatan bahasa pemrograman dibagi menjadi 2

    1. Bahasa tinggat rendah bahasa ini bersifat primitif, sangan sederhana, relatif sulit dipahami manusia
    2. Bahasa tingkat tinggi bahasa ini mudah dipahami oleh manusia karena menggunakan bahasa manusia terutama bahasa Inggris
    kelemahannya yaitu tidak bisa langsung diterjemahkan oleh komputer, harus diterjemahkan oleh translator terlebih dahulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Nawal
      Kelas : XI IPS 2
      No.Absen : 25

      Setelah di sebutkan tentang tingkatan-tingkatan dalam bahasa pemrograman di atas. Berikut ini merupakan 10 Bahasa Pemograman yang paling populer menurut The PYPL PopularitY of Programming Language Index, yaitu :
      1. Python
      Urutan Pertama yang paling populer atau sering digunakan adalah Python dimana python ini sendiri adalah bahasa pemrograman yang dinamis dan mendukung pemrograman​​ berorientasi objek.
      2. Java​​ 
      Urutan kedua di tempati oleh bahasa pemrograman JAVA dimana JAVA adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam atau​​ smartphone.​​
      3. Javascript
      Javascipt adalah bahasa scripting yang handal dan berjalan pada sisi client, bahasa javascript sendiri populer di internet dan dapat berkerja di sebagian besar web browser seperti​​ Mozilla dan ​​ Opera karena penggunaanya yang lebih interaktif dan dinamis.
      4. C#
      C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak​​ digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.
      5. PHP
      PHP atau PHP Hypertext Pre-Processor merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis.
      6. C atau C++
      Bahasa C ini termasuk bahasa pemrograman tertua yang pernah ada dan masih populer sampai sekarang. Bahasa C sendiri Dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan Komputer.
      7. R
      Bahasa R ini dikenal juga sebagai bahasa GNU S adalah bahasa pemrograman yang diperuntukkan untuk analisis statistika dan grafik.
      8. Objective-C
      Objective-C adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk pengembangan aplikasi yang digunakan pada perangkat Apple, bahkan sistem operasi iOS pun dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Objective-C.
      9. Swift
      Bahasa Pemrograman ini adalah bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh Apple inc. Untuk pengembangan aplikasi di dalam​​ platform khusus buatan Apple Inc. Bahasa ini termasuk dalam golongan objek fungsional dan di rancang agar dapat berkerja dengan Objective-C.
      10. Matlab
      Matlab adalah sebuah lingkungan komputasi numerikal dan bahasa pemrograman komputer generasi keempat yang memungkinkan manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data, implementasi algoritme, pembuatan antarmuka pengguna, dan peng-antarmuka-an dengan program dalam bahasa lainnya.

      Delete
  7. Nama : Febri maulana
    Kelas : XI IPS 1
    No absen : 07


    Bahwa bahasa pemrograman bertujuan dan dapat digolongkan menjadi khusus dan umum

    Bahasa Pemrograman bertujuan khusus (specific purpose programming languange). Yang termasuk kelompok ini adalah Cobol (untuk terapan bisnis dan administrasi), fortran (aplikasi komputasi ilmiah), bahasa assembly (aplikasi pemrograman mesin), prolog (aplikasi kecerdasan buatan), bahasa simulasi buatan (simscript), dan sebagainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Yosafat Adi Hernowo
      Kelas : XI IPS 2
      No. Presensi : 35

      Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

      Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
      High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
      Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
      Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

      Delete
    2. Nama : Victor vitrianto
      Absen :34
      Kelas :XI IPS2

      Izin menambahkan untuk Tujuan bahasa pemrograman umum.

      Bahasa pemrograman tujuan umum dirancang untuk menulis perangkat lunak yang akan digunakan untuk memecahkan berbagai masalah. Mereka memiliki beberapa domain aplikasi. Mereka dikenal sebagai bahasa bertujuan umum karena dirancang untuk tidak memecahkan masalah spesifik.

      Delete
    3. Nama: Firyal Rasyad Krisfianda
      Kelas: XI IPS 2
      No. presensi: 15

      Permisi, izin menyampaikan pendapat dan menambahkan jawaban.
      Menurut saya, yang disampaikan oleh Febri ada yang kurang, saya ingin menambahkan kelompok yang termasuk ke dalam bahasa pemrogaman bertujuan umum.
      Jadi, yang termasuk kelompok bahasa pemrogaman bertujuan umum adalah bahasa Pascal, Basic, dan C, C++, C#, Java, dan sebagainya.

      Selain itu, tadi saya juga sempat membaca bahwa ternyata programmer biasanya lebih menyukai bahasa pemrogaman umum karena didukung oleh pustaka dan API pihak ketiga. Namun, baik itu bahasa pemrogaman bertujuan umum ataupun khusus, keduanya masih bisa digunakan bersama untuk mengembangkan perangkat lunak.

      Delete
    4. Nama : Zaidan Rizqi Ananfa
      Kelas : XI IPS 2
      No.presensi : 36

      Permisi izin menambahkan beberapa tujuan umum dari bahasa pemograman tujuan umum dirancang untuk menulis perangkat lunak yang akan digunakan untuk memecahkan berbagai masalah. Mereka memiliki beberapa domain aplikasi. Mereka dikenal sebagai bahasa bertujuan umum karena dirancang untuk tidak memecahkan masalah spesifik. Sebaliknya, bahasa ini mencakup berbagai masalah. Kadang-kadang, bahasa pemrograman tujuan umum disebut sebagai pemrograman berbasis teks. Ini karena programmer perlu mengetikkan teks, angka, dan simbol saat coding. Bahasa-bahasa ini juga menggunakan sintaks formal. Bahasa pemrograman tujuan umum dibagi lagi menjadi dua jenis: (I) Bahasa markup tujuan umum; Ini adalah bahasa markup yang digunakan untuk lebih dari satu tujuan tetapi biasanya untuk membuat struktur. Bahasa yang termasuk jenis ini adalah XML dan HTML. (II) Pemodelan tujuan umum; Jenis bahasa pemrograman tujuan umum ini digunakan untuk membuat representasi dari suatu sistem. Salah satu bahasa tersebut adalah Unified Modeling Language (UML

      Delete
    5. permisi, izin untuk menambahkan untuk bahasa pemrograman menurut generasinya digolongkan menjadi 5 generasi :

      Generasi ke-1: machine language
      Generasi ke-2: assembly language: Assembler
      Generasi ke-3: high level programming language, contoh: C dan Pascal
      Generasi ke-4: 4 GL (fourth-generation language), contoh: SQL
      Generasi ke-5: Programming Language Based Object Oriented & Web Development

      Delete
  8. Nama. : Aminah
    Kelas. : XI Ips 1
    No.absen. : 01

    Pemrograman adalah kegiatan merancang dan menulis program komputer. Sedangkan bahasa pemrograman adalah bahasa komputer yang digunakan dalam menuliskan programnya.

    Bahasa pemrograman berdasarkan tujuannya dibagi menjadi dua yaitu:
    1. Bahasa Pemrograman Bertujuan Khusus ( Specifik purposes programing language )
    2. Bahasa Pemrograman Bertujuan Umum ( general purposes programming language )

    Sedangkan berdasarkan kedekatan bahasa pemrograman dibedakan menjadi dua yaitu:
    1. Bahasa mesin
    2. Bahasa manusia
    Keduanya sering juga disebut dengan istilah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan bahasa pemrograman tingkat rendah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Fadhilah Ramdhani
      Kelas : XI IPS 2
      Absen : 14


      Izin untuk menambahkan jawaban milik Aminah
      Untuk Bahasa Pemrograman dengan kelebihan dan kekurangannya
      - Bahasa pemrograman phyton
      Kelebihan : Bahasa ini cukup mudah jika di bandingkan dengan yang lainnya, Untuk Anda yang ingin bisa membuat sebuah game maka bisa memakai phyton ini karena bisa mendukung segala platform.
      Kekurangan : Pada compile data masih lambat jika di bandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, Phyton hanya bisa di gunakan di beberapa aplikasi smartphone saja, Kerap error ketika running.
      - Bahasa pemrograman java
      Kelebihan : Bisa banyak di gunakan pada android dan IOS dan game serta pengembangan dari software PC.
      kekurangan : Yakni bisa memakan banyak jumlah memori pada laptop. Hal ini di sebabkan media koding dan compilernya memiliki ukuran yang besar, Bahasa yang di gunakan juga sangat sulit untuk di pahami pada seorang pemula.
      - Bahasa pemrograman C
      Kelebihan : Termasuk bahasa yang sudah terstruktur jadi akan jauh lebih mudah bagi program jika melacak sebuah kesalahan.
      Kekurangan : Bahasa C ini tidak bisa mendukung adanya program berorientasi objek sehingga harus menciptakan bahasa C yang lainnya, Bahkan Anda bisa kesulitan jika adanya error.
      - Bahasa pemrograman C++
      Kelebihan : Program yang amat sangat kompleks seperti vodeo game PC playstation dan lain sebagainya, C++ bisa di gunakan windows phone blackberry android dan ios.
      Kekurangan : Bahasa C++ ini merupakan bahasa yang paling sulit di antara seluruh bahasa

      Delete
    2. Nama: Rikarda Chika Marcella Harijanto
      Kelas: XI IPS 2
      No. absen: 30
      Bahasa pemrograman yang begitu populer dan juga dibutuhkan oleh dunia kerja, yaitu:

      1. Java
      Bahasa pemrograman ini berusia lebih dari 20 tahun, dan telah digunakan oleh lebih dari 10 juta developer dan 15 miliar perangkat di seluruh dunia. Ia bisa berjalan di hardware dan sistem operasi manapun melalui Java Virtual Machine.

      2. Phyton
      Phyton merupakan bahasa pemrograman umum yang digunakan untuk pengembangan web dan bahasa pendukung untuk pengembang software. Bahasa ini juga digunakan secara luas pada komputasi saintifik, data mining, juga machine learning. Ia juga digunakan oleh beberapa situs seperti Instagram, YouTube, Reddit, dan NASA

      3. PHP
      PHP merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan pengembang web. Ia banyak digunakan baik untuk menambah fungsi yang tidak dimiliki oleh HTML, maupun juga untuk berinteraksi dengan database MySQL.

      4. Javascript
      Javascrit seringkali dijuluki sebagai ‘bapaknya’ bahasa pemrograman karena popularitasnya di kalangan developer. 80% pengembang dan 95% dari semua website menggunakannnya.

      5. C#
      C# atau C sharp adalah bahasa pemrograman object-oriented buatan Microsoft yang didesain untuk berjalan di platform .NET. Namun, ia juga bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi Windows maupun Android/ iOS dengan teknologi dari Xamarin.

      6. C++
      Bahasa pemrograman ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C. Dan juga dipandang lebih sulit dipelajari dan digunakan daripada Phyton atau Javascript, C++ masih banyak dipakai pada sistem legacy yang dipergunakan oleh enterprise-enterprise besar.

      7. Swift
      Adalah pemrograman buatan Apple untuk iOS dan macOS yang dirilis pada 2014. Ia merupakan salah satu bahasa pemrograman yang popularitasnya tumbuh paling pesat, karena dipengaruhi oleh popularitas perangkat iOS.

      8. Perl
      Perl merupakan bahasa pemrograman yang popular untuk administrator sistem dan jaringan.

      9. R
      R menuai popularitasnya seiring dengan peningkatan kebutuhan terhadap analisa big data. Pada sebuah survei yang diselenggarakan oleh Stack Overflow, Bahasa R merupakan bahasa yang ‘paling sedikit dibenci’ oleh programmer

      10. Ruby on Rails
      Ruby on Rails merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan baik besar maupun kecil. Beberapa perusahaan yang menggunakan Rails ada AirBnB, Groupun, Twitter, Shopify, dan Basecamp.

      Delete
  9. Nama : Syifa Azzahra Afra
    Kelas : XI IPS 1
    No. Absen : 33

    Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

    Bahasa pemrograman komputer yang kita kenal antara lain adalah Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa lainnya. Namun tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

    Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

    1.Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
    2.High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
    3.Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
    4.Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Evelyn Daniela Sidauruk
      Kelas: XI IPS 2
      No.absen : 13

      Sedangkan menurut generasinya, bahasa pemrograman digolongkan menjadi 5 generasi:

      Generasi ke-1: machine language

      Generasi ke-2: assembly language: Assembler

      Generasi ke-3: high level programming language, contoh: C dan Pascal

      Generasi ke-4: 4 GL (fourth-generation language), contoh: SQL

      Generasi ke-5: Programming
      Language Based Object Oriented & Web Development

      Delete
  10. Nama : Intan Dwi Yanuarita
    Kelas : xi ips 1
    Absen : 12

    fungsi utama dari sebuah bahasa pemrograman, yaitu :

    *Sebagai media komunikasi antara operator dengan mesin

    *Menjadi media yang mengoperasikan sebuah mesin

    *Sebagai media bagi programmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi

    *Memberikan perintah kepada mesin dan komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Adinda Joanita Bunga A
      Kelas: XI IPS 2
      Absen: 01
      Fungsi dasar dari bahasa pemograman adalah agar komputer dapat mengolah data sesuai dengan alur yang dibuat secara sistematis oleh penyusunnya. Lebih lanjut, pemograman dapat memudahkan pengoperasian sebuah mesin sehingga meringankan pekerjaan manusia.

      Delete
    2. Nama : Angeline Putri
      No : 06 ( Enam)
      Kelas : XI IPS 2

      Permisi izin menambahkan, Bahasa Pemrograman juga terdiri atas serangkaian aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer.
      Sistemnya terdiri dari beberapa tingkatan untuk memberi perintah pada setiap peranti, utilitas, dan aplikasi yang dipakai dalam pengoperasian komputer.

      Delete
    3. Nama :Almira Syifa Amadea
      Kelas : XI IPS 2
      Absen: 03

      Permisi, izin menambahkan untuk fungsi Bahasa Pemrograman.
      Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

      Delete
    4. Nama : Julianingsih
      Kelas : XI IPS 1
      No : 14

      Permisi, izin menambahkan
      Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4:

      •Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)

      •High Level Language (seperti Pascal dan Basic)

      •Middle Level Language (seperti bahasa C), dan

      •Low Level Language (seperti bahasa Assembly)

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
  11. Nama: Gita Agustin
    Kelas: XI IPS 1
    Absen: 09

    Kelebihan bahasa pemrograman
    1. Mudah dipelajari
    2. Lebih cepat
    3. Memiliki sistem pengolaha
    memori lebih mudah
    4. Memiliki konkurensi
    5. Memperbaiki kekurangan dari bahasa pemrograman yang sudah ada

    ReplyDelete
  12. Nama : Shofi Hidayanti
    Kelas : XI IPS 1
    No.Absen : 32

    Dari sumber yang saya baca bahasa pemrograman dibagi menjadi 2 khusus dan umum
    1. Bahasa pemrograman bertujuan khusus : digunakan membuat aplikasi bisnis dan administrasi, fotran digunakan membuat aplikasi komputasi ilmiah, bahasa assembly atau bahasa rakitan disebut bahasa pemrograman mesin.
    2. Bahasa pemrograman bertujuan umum : bahasa ini sering kali kita temukan dalam kehidupan pemrograman sehari-hari Pascal, Basic, C, C++ adalah bahasa digunakan untuk keperluan secara umum.
    Sedangkan berdasarkan "kedekatan" bahasa pemrograman dibagi menjadi 2, bahasa mesin dan bahasa manusia sering disebut bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah
    1. Bahasa tingkat rendah : bahasa ini dirancang setiap intruksinya. Contoh bahasa mesin yang mana bahasanya berisi sekumpulan kode biner nol dan satu.
    2. Bahasa tingkat tinggi : bahasa ini lebih mudah dipahami manusia tentunya lebih manusiawi. Contoh : Visual, Basic, Pascal, Java, PHP, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Ahmad Zida Niam
      Kelas: XI IPS 2
      No. Absen: 2

      Permisi, izin menambahkan jawaban. Selain dikelompokkan berdasarkan tujuan dan kedekatan, bahasa pemrograman juga dikelompokkan berdasarkan generasi, yaitu:

      1. Bahasa Pemrograman Generasi I
      Bahasa pemrograman generasi pertama berorientasi pada mesin. Program disusun dengan menggunakan bahasa mesin. Tentu saja program generasi ini sangat sulit untuk dipahami oleh orang awam dan sangat membosankan bagi pemrogram. Pemrogram harus benar-benar menguasai operasi komputer secara teknis. Namun bahasa generasi ini memberikan eksekusi program yang sangat cepat. Selain itu, bahasa mesin sangat bergantung pada mesin (machine dependent), artinya, bahasa mesin antara satu mesin dengan mesin lainnya akan berbeda.

      2. Bahasa Pemrograman Generasi II
      Bahasa pemrograman generasi kedua menggunakan bahasa rakitan (assembly). Sebagai pengganti kode-kode biner, digunakanlah kependekan dari kata-kata. Misalkan “MOV” untuk menyatakan “MOVE”. Setiap instruksi dalam bahasa rakitan sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa mesin.Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin mengingat perintah dalam bentuk kata-kata yang dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.

      Berikut adalah contoh instruksi yang ditulis dalam bahasa rakitan akan menjadi seperti berikut: Tampak bahwa penggunaan notasi seperti MOV AH, 02 jauh lebih mudah diingat atau dipahami daripada penulisan instruksi dalam bahasa mesin:1011 0100 0000 0010.

      3. Bahasa Pemrograman Generasi III
      Bahasa pemrograman generasi ketiga menggunakan pendekatan prosedural. Sebagai bahasa prosedural, pemrogram perlu menuliskan instruksi-instruksi yang rinci agar komputer melaksanakan tugasnya. Program ditulis dengan menggunakan kata-kata yang biasa dipakai manusia, seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu di layar dan READ untuk membaca data dari keyboard.
      Bahasa generasi ketiga seringkali disebut sebagai high level language disebabkan bahasa ini menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang masuk dalam kategori generasi ketiga yaitu ADA, ALGOL, C, BASIC, COBOL, FORTRAN, dan PASCAL.

      4. Bahasa Pemrograman Generasi IV
      Bahasa pemrograman generasi keempat dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam membuat program sehingga diharapkan produktifitas pemrogram jadi meningkat dan program dapat dibuat dalam waktu yang lebih singkat. Alhasil, bahasa pemrograman generasi keempat yang dikenal dengan sebutan 4GL dapat dipakai oleh pemakai yang kurang mengetahui hal-hal teknis tentang pemrograman tanpa bantuan pemrogram profesional. Sebagai contoh pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft Access di lingkungan PC dengan mudah.

      Bahasa pemrograman generasi keempat biasa disebut sebagai high level languageatau bahasa berorientasi pada masalah (problem oriented language) karena memungkinkan pemakai menyelesaikan masalah dengan sedikit penulisan kode dibandingkan pada bahasa prosedural. Bahasa pemrograman generasi keempat menggunakan pendekatan non-prosedural. Untuk mendapatkan suatu hasil, seorang pemakai tidak perlu memberitahukan secara detail tentang bagaimana mendapatkannya.

      5. Bahasa Pemrograman Generasi V
      Bahasa pemrograman generasi kelima merupakan kelompok bahasa-bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artificial intelligence). Kecerdasan buatan adalah disiplin dalam ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia.

      PROLOG dan LISP merupakan dua contoh bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan.

      Delete
  13. Nama : Nadhifa Lisania
    Kelas : XI IPS 1
    Absen :

    Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari :

    -Bahasa mesin, yang memberikan perintah ke komputer dengan menggunakan kode bahasa biner, misalnya 01100101100110.
    -Bahasa tingkat rendah, yang memberikan perintah ke komputer dengan menggunakan kode pendek (kode mnemonic), misalnya [kode_mesin | MOV], SUB, CMP, JMP, JGE, JL , LOOP, dll.
    -Bahasa tingkat tinggi, yang merupakan bahasa komputer yang menggunakan instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, misalnya, mulai, akhir, jika, sementara, dan, atau, dll Komputer dapat memahami compiler bahasa manusia atau penerjemah program yang dibutuhkan.
    -Inggris Intermediate, yang merupakan bahasa komputer yang menggunakan campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia lihat contoh di bawah Bahasa Tingkat Tinggi dan instruksi yang bersifat simbolik, misalnya, {,},?, <<, >> , &&, ||, dll.

    Kebanyakan bahasa pemrograman diklasifikasikan sebagai High Level Languages, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Menengah dan Majelis Bahasa yang merupakan Rendah Bahasa.

    ReplyDelete
  14. Nama : Dafa Tiara
    Kelas : XI IPS 1
    No. Absen : 05

    Bahasa Pemrograman
    Bahasa pemrograman adalah program yang berisikan serangkaian instruksi untuk menjalankan fungsi tertentu. Beberapa contoh bahasa pemrograman yaitu :
    •Low Level Language
    Contohnya : bahasa Assembly.
    •Middle Level Language
    Contohnya : Bahasa C.
    •High Level Language
    Contohnya : Basic dan Pascal.
    •Object Oriented Language Contohnya : Visual C, Visual Base, Delphi,Visual FoxPro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Nisa'ul Mumtazah
      Kelas : XI IPS 2
      Absen: 27

      Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:

      1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
      2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
      3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
      4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.

      Delete
    2. Nama : Ammar Faqih Utomo
      Kelas : XI IPS 2
      Absen : 04

      Permisi izin membenarkan beberapa contoh bahasa pemrograman yaitu:

      -Low level language
      Contohnya : Bahasa mesin(machine language)

      -Middle level language
      Contohnya : Assembler dan MASM(Microsoft Macro Assembler)

      -High level language
      Contohnya : C++, Visual basic(non -Net), PHP(prosedural), Delphi(Borland), Pascal(Turbo pascal).

      -Object Oriented Language
      Contohnya : PHP, Visual Basic.Net, Java, JSP, ASP.

      Delete
  15. Naufal athaya (22)
    XI IPS 1

    Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Nisa'ul Mumtazah
      Kelas:XI IPS 2
      Absen:27

      Permisi izin menambahkan. Fungsi utama dari sebuah bahasa pemrograman, di antaranya adalah sebagai berikut:

      1. Sebagai media komunikasi antara operator dengan mesin
      2. Sebagai media bagi programmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi
      3. Sebagai media bagi pengguna untuk mengoperasikan mesin atau komputer

      Delete
  16. Naufal athaya (22)
    XI IPS 1

    Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Nova Aulia Zahara Calista
      No: 28
      Kelas: XI IPS 2

      izin menambahkan penjelasan dari Naufal Athaya

      Fungsi utama dari sebuah bahasa pemrograman adalah:
      1. Sebagai media komunikasi antara operator dan mesin
      2. Menjadi media yang mengoperasikan sebuah mesin
      3. Sebagai media bagi progammer dalam mengembangkan sebuah aplikasi
      4. Memberikan perintah pada mesin dan komputer

      Delete
  17. Nabila Tsaqif
    XI IPS 2 (24)
    Beberapa bahasa pemrograman yang banyak digunakan, antara lain :

    Assembly Language, Basic, C, C++, Cobol, Delphi, Erlang, Elixir, Fortran, Golo, Java, Json, Kotlin, Lisp, LFE, Pascal, Php, Python, Ruby, Swift, SQL, Snobol, Strach, Spark, T-Sql, Tynker, Visual Foxpro, Visual Fortran, Visual Basic, Visual Basic.net, dll.

    ReplyDelete
  18. Nama: Azahra Nur Alivia
    Kelas : Xl IPS 2
    Absen: 08

    Berikut ini 10 bahasa pemograman yang terkenal di indonesia:

    1. Javascript

    JavaScript tetap merupakan bahasa pemrograman paling populer di dunia. Hal ini dikarenakan JavaScript merupakan salah satu bahasa utama yang digunakan untuk membangun halaman web. Bahasa ini membantu membuat situs web interaktif dan juga dapat digunakan untuk membuat game. Developer menyukainya karena ringan, fleksibel, dan kuat. Namun, meskipun namanya mirip, JavaScript hanya memiliki sedikit kesamaan dengan Java.

    2. Phyton

    Python adalah salah satu bahasa pemrograman terpopuler dan juga paling cepat berkembang. Dalam hal popularitas, bahasa ini beralih dari tempat ketiga tahun lalu ke tempat kedua pada 2019. Bahasa open source ini tidak hanya sering digunakan untuk aplikasi kecerdasan buatan dan ilmu data, tetapi juga dikenal mudah untuk dimulai. Konferensi dan pertemuan yang didedikasikan untuk Phyton digelar oleh komunitas besar di sekitarnya.

    3. Java

    Java pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystems pada 1995, yang kemudian diakuisisi oleh Oracle. Bahasa open source ini digunakan oleh perusahaan seperti Twitter dan Netflix, dan merupakan sesuatu yang standar di perusahaan besar. Pengembang telah menggunakan Java untuk membuat aplikasi seluler dan web, game, dan software berbasis database. Bahasa ini juga mirip dengan C++ dan C#, yang memungkinkan developer dengan mudah beralih antar bahasa.

    4. PHP

    PHP, yang merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor, adalah bahasa pemrograman open source untuk pengembangan web dan membuat halaman web interaktif. Telah digunakan oleh Facebook dan Yahoo, bahasa ini bekerja dengan baik pada database. Namun, developer telah lama diejek sebagai salah satu bahasa pemrograman terburuk.

    5. C#

    C#, diucapkan “C-sharp,” dikembangkan oleh Microsoft dengan tim yang dipimpin oleh Anders Hejlsberg. Mirip dengan bahasa pemrograman Java, C# digunakan dalam aplikasi seluler, game, dan perangkat lunak perusahaan.

    6. C++

    Bahasa pemrograman C++ dibangun dari C pada tahun 1979. Bjarne Stroustrup membuatnya ketika ia sedang mengerjakan tesis PhD-nya, sebagai cara untuk menambahkan fitur tambahan ke C. Sekarang, bahasa ini masih banyak digunakan karena merupakan bahasa inti di banyak sistem operasi, browser, dan game.

    7. TypeScript

    TypeScript adalah bahasa pemrograman open source yang dikembangkan dan dikelola oleh Microsoft. Bahasa ini bukan hanya salah satu yang paling populer, tetapi juga yang paling cepat berkembang. Dengan sintaks dan semantik yang serupa, TypeScript sangat mirip dengan JavaScript, tetapi dengan fitur lebih kuat yang membantu pengembang membangun aplikasi skala besar. TypeScript juga didukung oleh editor kode gratis Microsoft Visual Studio Code, yang merupakan proyek open source teratas di GitHub.

    8. Shell

    Shell sangat populer di departemen TI, memungkinkan mereka untuk menulis perintah yang secara langsung memberitahu sistem operasi apa yang harus dilakukan. Ini dapat digunakan untuk mengotomatiskan proses umum seperti menginstal atau menghapus program dari jarak jauh, atau untuk mengelola, mencadangkan, dan menyalin file.

    9. C

    C adalah salah satu bahasa pemrograman tertua yang masih digunakan hingga saat ini. Dikembangkan oleh Dennis Ritchie pada tahun 1972, bahasa ini dirancang untuk pemrograman beragam sistem komputer dan hardware. Banyak bahasa populer saat ini, termasuk Java, PHP, dan JavaScript, yang berakar pada C.

    10. Ruby

    Ruby adalah bahasa pemrograman open source yang dibuat oleh Yukihiro “Matz” Matsumoto. Dengan memadukan bagian terbaik dari bahasa favoritnya, Matz membuat Ruby terfokus pada kemudahan penggunaan. Bahasa pemrograman ini dirilis pada tahun 1995, dan sejak saat itu menjadi lebih populer. Beberapa konferensi dan pertemuan telah diadakan berdasarkan bahasa pemrograman Ruby.

    ReplyDelete
  19. Nama : Niken dwi puspitasari
    Kelas : XI IPS 2
    Absen : 26

    Fungsi dasar dari bahasa pemograman adalah agar komputer dapat mengolah data sesuai dengan alur yang dibuat secara sistematis oleh penyusunnya. Lebih lanjut, pemograman dapat memudahkan pengoperasian sebuah mesin sehingga meringankan pekerjaan manusia.

    ReplyDelete
  20. Nama: Dewi Sunia
    Kelas: XI IPS 2
    No.absen: 11

    Fungsi dan kegunaan kita belajar pemrograman dasar:

    Untuk mengenal lebih jauh apa itu komputer, dan mengetahui bagaimana cara kita agar bisa memberikan perintah kepada komputer, selain itu bisa mempermudah pekerjaan kita setiap hari dengan cara membuat program sesuai dengan yang kita butuhkan.

    ReplyDelete
  21. Nama : Khazimatul Karimah
    Kelas : XI IPS 2
    No absen : 19

    Kelebihan JAVA

    1. Mud Untuk Dikembangkan
    Salah satu kelebihan dari Java adalah kemudahan dalam hal pengembangan aplikasi. Hal ini tentu saja sangat membantu para programmer dan developer untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan aplikasi yang berbasis Java.

    2. Sifatnya multiplatform
    Kelebihan lainnya dari bahasa pemrograman java dan banyak diminati oleh para developer dan programmer yaitu salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, atau dengan kata lain universal dan bisa digunakan dalam platform apapun. Hal ini tentunya membuat banyak sekali para pengembang aplikasi yang menggunakan basis bahasa pemrograman Java untuk membuat aplikasi yang diinginkannya.

    3. Memiliki kemudahan dalam menyusun suatu script
    Kelebihan lainnya dari bahasa pemrograman Java bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Para programmer dan developer dalam menyusun sebuah program, harus menggunakan sebuah script, agar program tersebut dapat berjalan.

    Dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, script tersebut akan lebih mudah untuk dibuat dan dipelajari, sehingga beberapa programmer pemula pun sudah bisa mengembangkan sebuah aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

    4. Apabila programmer beorientasi pada usability, maka Java sangat mendukung
    Keunggulan bahasa pemrograman java berhubungan erat dengan kemampuan aplikasi – aplikasi yang dibuat dengan Java yang dapat bekerja di platform manapun. Dan hal ini berhubungan dengan usability, atau kegunaan dari suatu aplikasi.

    5. Bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap objek
    Bahasa pemrograman Java adalah salah satu bentuk atau jenis bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Itu artinya setiap aplikasi yang dibangung dengan menggunakan bahasa pemrograman java akan disesuaikan dengan objek atau bisa juga dengan tampilan dan interface dari aplikasi tersebut.

    6.Dinamis
    Sifat dinamis ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan bahasa pemrograman java karena sangat mudah untuk dikembangkan.

    ReplyDelete

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel