5W 1H Dunia Per[SAHAM]an

Untuk memulai sesuatu hal yang baru biasanya kita sering bertanya-tanya harus mulai dari mana terlebih dahulu, apalagi memulai suatu hal yang bener-bener masih baru dan asing bagi diri kita sendiri. Begitu juga dengan saham bagi Anda yang masih belum tau harus memulai dari mana, kapan mulainya dsn harus bagaimana, maka dengan membaca tulisan saya ini Anda sudah melakukan langkah yang tepat. Karena dari sini kita akan belajar saham dari dasar banget dan bener-bener dari dasar serta dengan bahasa yang paling mudah dipahami, atau biasa disebut bahasa orang awam dalam dunia saham.

Aku sering banget mendapatkan pertanyaan dari temen dan terutama dari murid-muridku di sekolah ataupun yang sudah lulus dan baru saja tertarik ataupun hanya sekedar pengen tau seputar dunia persahaman yang salah satunya seperti pertanyaan di bawah ini berasal dari muridku yang sudah lulus tahun kemarin dan sekarang sedang kuliah di salah satu perguruan tinggi di Indoneisa.

Apa itu saham via bisnis.com
Pada intinya pertanyaan-pertanyaan bagi mereka yang baru pertama kali penasaran soal dunia persahaman ataupun orang yang beneran pengen terjuan di dunia persahaman adalah, 
Apa yang harus dilakukan saat pertama kali mau belajar ataupun terjun ke dunia persahaman?
Kalau aku sendiri biasanya meminta mereka untuk mempelajari saham dari dasarnya, yaitu mereka harus mengetahui 5W 1H tentang dunia persahaman. Kenapa harus 5W 1H, bukannya itu seperti pelajaran bahasa Indonesia dalam membuat berita, ataupun itu seperti seorang wartawan dalam mencari berita. Iya bener, memang itu semua berhubungan dengan dua hal tersebut (Pelajaran Bahasa Indonesia & Wartawan mencari berita). Kebetulan di sekolah aku juga jadi pembimbing untuk eskul jurnalistik, dan dari situ aku jadi sadar bahwa segala sesuatu yang ingin kita pelajari atuapun kita seriusi bisa kita tau dasarnya dari 5W 1H tersebut. Oleh sebab itu aku sangat merekomendasikan siapapun yang pengen belajar saham alangkah lebih baiknya harus mengetahui dulu 5W 1H dari dunia saham itu sendiri. Setidaknya tanyakan sajalah seputar 5W 1H soal saham kepada diri kamu sendiri seperti pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

5W 1H memang lebih sering digunakan dalam dunia jurnalisme, tapi tidak ada yang salah ketika kita mulai belajar hal baru dan juga ikut bertanya berdasarkan pokok masalah yang ada di 5W 1H itu. Apa (What), Siapa (Who), Kapan (When), Mengapa (Why), Dimana (Where) dan terakhir Bagaimana (How) adalah kata-kata yang harus kalian jawab milik atau cari jawabannya terlebih dahulu sebelum kalian terjuan bebas ke dunia saham.

Kenapa 5W 1H? ok, kita jawab ya. Dengan kalian mempertanyakan atau mencari jawaban atas pertanyaan2 itu (yang ada di 5W 1H) maka kalian jadi tau hal yang paling dasar sekali seputar dunia saham. Gak percaya ? ok kita buktikan lagi satu persatu semua pertanyaan dari kata yang ada di 5W 1H dimulai dari kata WHAT hingga nanti kata HOW diakhir tulisan ini.



Mungkin untuk tulisan yang pertama ini pembaca bisa menuliskan pertanyaan-pertanyaan seputar persahaman dengan diawali kata Apa (What), Siapa (Who), Kapan (When), Mengapa (Why), Dimana (Where) dan terakhir Bagaimana (How) di kolom komentar di bawah ini. Karena ini tulisan pertama bagaimana kalau pertanyaanya yaitu diawali dengan kata WHAT (apa) terlebih dahulu.

Ok, saya tunggu pertanyaan-pertanyaanya di kolom komentar ataupun di DM instagram.com/isengrapher untuk aku tulis di tulisan berikutnya seputar dunia persahaman

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "5W 1H Dunia Per[SAHAM]an"

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel