Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here

Melanjutkan tulisan sebelumnya dengan judul yang sama yaitu "Life Skill Penting yang Harus Dipelajari oleh Murid SMA (part 1)". Kali ini saya akan membagikan 5 life skill penting yang harus dipelajari dan dikuasai oleh anak SMA agar kelak setelah lulus SMA memiliki kompetensi dan juga skill yang mumpuni dan menunjang untuk menjalani kehidupan di dunia perkuliahan maupun di dunia kerja dan juga masyarakat umum.

Silahkan dibaca dengan seksama agar tidak terlewat satupun skill yang seharusnya dimiliki oleh anak SMA agar kehidupan setelah masa SMA menjadi lebih bermakna dan menarik. Ok, langsung kita lanjutkan kira-kira life skill apa saja yang harus anak SMA kuasai dan miliki di bawah ini: 


Keterampilan Memimpin

Keterampilan memimpin adalah kemampuan untuk memimpin dan mengelola orang lain. Ini termasuk kemampuan untuk memotivasi dan menginspirasi orang lain, mengembangkan tim yang kuat, dan memimpin dengan contoh yang baik. Belajar keterampilan memimpin dapat membantu siswa dalam mengembangkan kepemimpinan yang kuat dan menjadi pemimpin yang efektif di masa depan.


Keterampilan Kolaborasi

Keterampilan kolaborasi adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dalam mencapai tujuan yang sama. Ini termasuk kemampuan untuk membangun hubungan kerja yang kuat, berbagi ide dan gagasan, dan menyelesaikan masalah bersama-sama. Belajar keterampilan kolaborasi dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri untuk bekerja dalam lingkungan tim dan menjadi anggota tim yang efektif.

Meskipun kita tidak bisa menghidari kompetisi apapun, namun berkolaborasi itu lebih baik dari pada berkompetisi


Keterampilan Teknologi

Keterampilan teknologi adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi dengan bijak. Ini melibatkan kemampuan untuk mengoperasikan perangkat lunak dan perangkat keras, memahami keamanan siber, dan memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan tugas-tugas. Belajar keterampilan teknologi dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri untuk dunia yang semakin tergantung pada teknologi. Minimal untuk anak SMA harus memiliki skill dalam mengoperasikan komputer dasar. Jangan sampai anak SMA kok tidak bisa atau tidak ngerti cara mengupdate antivirus, tidak tau cara meratakan tulisan ke kanan kiri (justify) bahkan tidak bisa memanfaatkan fitur-fitur di excell ataupun spreadsheet untuk mempermudah kegiatan mengolah angka dengan komputer. Karena saya sendiri yang dulu mengajar TIK namun sekarang berpindah ke Prakarya dan Kewirausahaan karena tugas. 

Saya melihat anak-anak SMA jaman sekarang sedikit sekali minatnya untuk memanfaatkan komputer, jangankan minat, yang memiliki perangkat komputer ataupun laptop saja tidak ada separuh dari semua total jumalh anak SMA di sekolah saya. Saat saya berusaha memgetahui kemampuan dasar komputer mereka, saya suruh mereka untuk mengetik dengan sepuluh jari namun tidak ada satupun siswa yang mampu mengetik 10 jari karena mereka lebih terbiasa dengan smartphone daripada laptop ataupun komputer.


Keterampilan Berpikir Kritis

Keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan untuk mempertanyakan, mengevaluasi, dan menyelidiki ide-ide dan argumen dengan cara yang rasional. Ini melibatkan kemampuan untuk mengambil keputusan yang berdasarkan fakta dan bukti yang tersedia. Belajar keterampilan berpikir kritis dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan analitis dan membuat keputusan yang tepat di berbagai situasi.

Mungkin kalau saya boleh menyarankan anak-anak SMA bisa mulai belajar filsafat agar pemikirannya kritis, terasah serta terbuka secara luas.


Keterampilan Empati

Keterampilan empati adalah kemampuan untuk merasakan dan memahami perasaan dan perspektif orang lain. Ini melibatkan kemampuan untuk berempati dengan orang lain dan merespons secara tepat. Belajar keterampilan empati dapat membantu siswa dalam membangun hubungan yang sehat dan membantu mereka dalam berkomunikasi dengan orang lain secara efektif.

Dalam rangka mempersiapkan siswa SMA untuk masa depan mereka, belajar life skill menjadi hal yang sangat penting. Melalui pemahaman dan penguasaan atas keterampilan tersebut, siswa dapat memperoleh kepercayaan diri yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa depan. Dengan memperoleh life skill, siswa dapat lebih siap dan siaga dalam menghadapi perubahan dan tantangan dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu, penting bagi siswa SMA untuk belajar dan menguasai life skill penting yang telah disebutkan di atas dan sebelumnya, semoga bermanfaat dan selamat belajar.

0 comments

Barangkali ada kekurangan dari tulisan ini silahkan tambahkan di kolom komentar untuk berdiskusi.