Klik Untuk Memulai Menambang Bitcoin Dengan Mudah

Ramadan Ini Sahur Bareng Istri

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” -QS Al- Baqarah 2:183.

Begitulah bunyi dari ayat Al-Qur'an yang mewajibkan kepada umat muslim untuk berpuasa pada bulan Ramadan. Bulan Ramadan sendiri merupakan salah satu bulan yang bisa dikatakan paling ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat islam di seluruh dunia. Karena pada bulan ini Allah SWT mewajibkan umat muslim untuk berpuasa lebih dari itu setiap amalan baik yang dilakukan pada bulan ini pahalanya akan dilipat gandakan, dan pahala dari puasa Ramadan sendiri Allah SWT -lah yang akan membalas secara khusus pahalanya bagi umat muslim.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” -HR. Muslim

Lebih spesial lagi bagiku yang pada puasa ini sudah tidak berada di rumah orang tua lagi. Meskipun masih ngontrak tapi pengalaman ini jauh lebih berharga dari pada harus tinggal bersama orang tua terus menerus. Meskipun sudah lebih dari 1 tahun menikah dan tahun lalu sudah melalui bulan Ramadan bersama istri, tapi tahun lalu istri pas sedang hamil saat bulan Ramadan jadi dia tidak puasa. Oleh sebab itu puasa kali ini spesial.

Karena sudah tidak tinggal bersama orang tua lagi maka untuk urusan membatalkan puasa (kata orang sih disebut buka puasa) dan juga makan sahur adalah urusan kami berdua selaku suami istri di rumah yang kami tempati. Menentukan menu buka puasa dan makan sahur ternyata tidak semudah saat masih tinggal bersama dengan orang tua yang mana urusan makan masih bisa ikut mereka. Tapi untuk saat ini kedua hal itu harus kita pikirkan sendiri, dimana ternyata tidak mudah untuk menyiapkan kedua hal itu. 

Untuk buka puasa sendiri dari dulu aku lebih suka menu gorengan (tempe/bakwan/tahun/martabak, atau yang lainya) serta minuman berbasiskan es (es apa saja), dan paling simpel ya es teh. Untuk urusan makan sahur kami tidak memasak saat sahur tapi kami persiapkan pada malam harinya setelah sholat tarawih. Semua yang mau kami masak kami kupas, potong dan siapkan saat malam sehingga pada saat sahur sudah siap tinggal memanaskan saja. Kecuali untuk beberapa makanan yang tidak bisa dipanaskan saat sahur semisal tumis kangkung maka kami masak pas sahur. 

Meskipun sudah biasa masak setiap hari tapi pengalaman masak untuk mempersiapkan berbuka puasa dan sahur itu adalah pengalaman baru bagi kami berdua. Belum lagi kalau saat sore aku belum pulang dari sekolah, istri harus mempersiapkan makan untuk berbuka sementara Reksa (anak kami) kadang sering kambuh rewelnya. Oleh sebab itu aku selalu berusaha untuk pulang cepat saat waktu pulang sudah tiba yaitu pukul 15:00. 

Pokoknya untuk sahur kami usahakan memasak makanan yang simpel tapi tetap seperti yang aku harapkan ada sejenis sayur-mayur dan lauk pauk, itu saja cukup. Sedangkan untuk berbuka aku tidak terlalu berharap pada makanan berat karena makan tempe 3 dan minum es teh saja sudah cukup kenyang untuk melanjutkan ibadah setelah berbuka. Baru deh setelah tarawih makan makanan berat guna mencegah agar tidak kekenyangan dan tidak bisa bergerak saat sholat tarawih. 

Itulah sedikit kisahku pada bulan Ramadan ini yang sudah tinggal bersama dengan istri di rumah yang kami kontrak. Semoga bulan Ramadan ini menjadikan kami lebih baik, lebih bertaqwa, lebih beriman, lebih diberkahi, lebih sehat, lebih bahagia, lebih makmur dari pada bulan Ramadan sebelumnya, aamiin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ramadan Ini Sahur Bareng Istri"

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Pasang Iklan Disini Untuk Promosi Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda:

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Pasang Iklan Disini Untuk Promosi Anda