This is a Brave Rewards publisher verification file. Domain: ngopot.com Token: f56aa6c52b6a82e66c66d9aa78a62d5b8dfcd55a326f2e64e63e502024be1626

Type something and hit enter

author photo
By On

Pada semester ini kita akan mempelajari tentang website, khususnya tentang HTML, CSS dan juga CMS. Nah, untuk awal semester ini kita akan memulainya dengan mempelajari CMS, karena untuk HTML pastinya kalian sudah memiliki sedikit pengetahuan karena kita pernah mempelajarainya di kelas X. 


CMS sendiri memiliki kepanjangan dari Content Management System, yang kalau dibahasa Indonesiakan artinya adalah Sistem Pengelolaan Isi. Maksudnya disini adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur atau mengelola isi (konten) sebuah website. Mirip seperti perpustakaan yang digunakan menjaga buku-buku dan menyimpannya. Konten atau isi ini dapat berupa teks yang sederhana, foto-foto, musik, video, dokumen, atau apa pun. Keuntungan besar dari menggunakan CMS adalah hampir tidak dibutuhkan kemampuan teknis atau pengetahuan teknis dalam pengelolaannya. CMS yang mengelola semua konten milik anda, jadi anda tak perlu melakukannya. CMS juga membantu anda dalam menjaga konten, mengembangkan, dan mengelolanya dalam cara yang paling baik.  
ads here

Dengan CMS kita juga tidak perlu repot-repot untuk belajar bahasa pemrograman yang berhubungan dengan website. Asal mau belajar cara menggunakan CMS tersebut maka kita sudah bisa memakai CMS untuk kebutuhan kita masing-masing. Selain itu ada terdapat banyak template atau themes (kalau saya menyebut "kulit website") yang bisa digunakan tanpa harus ribet-ribet membuat dari awal. Kita tinggal download yang gratis kemudian pasang di CMS kita. Kalau mau lebih keren bisa beli template/themes CMS kita dari berbagai penyedia jasa pembuatan template/themes yang bertebaran di internet. Salah satunya bisa juga dengan menggunakan jasa Desain web di sribu yang menyediakan jasa Desain web sesuai dengan keinginan kamu, jadi tidak perlu lagi deh repot-repot membuat template sendiri.


CMS itu ada banyak jenisnya, ada yang digunakan untuk membuat website pribadi, website perusahaan, website e-commerce, website forum seperti kaskus dan lain sebagainya. Beberapa CMS yang populer adalah Wordpress, Joomla, Drupal, vBulletin, Prestashop. Kalau di Indonesia sendiri punya Aura CMS yang dibuat oleh developer tahan air.  


Itu adalah sedikit pengenalan tentang CMS, untuk tugas pada pertemuan pertama ini silahkan kalian baca selengkapnya di Google Classroom. 

Selamat Belajar !

0 comments

Barangkali ada kekurangan dari tulisan ini silahkan tambahkan di kolom komentar untuk berdiskusi.