This is a Brave Rewards publisher verification file. Domain: ngopot.com Token: f56aa6c52b6a82e66c66d9aa78a62d5b8dfcd55a326f2e64e63e502024be1626

Type something and hit enter

author photo
By On

Free Pascal adalah kompilator sumber terbuka untuk bahasa Pascal dan Object Pascal yang berjalan secara lintas platform [wikipedia]. Artinya aplikasi free pascal ini bersifat gratis dan dapat digunakan/diinstal di sistem operasi apa saja seperti di Windows, Mac OS, lunix bahkan Android dan lain sebagainya seusai dengan data yang ada dari sistus download freepascal.org

coinpayu
 
Selain dengan menggunakan aplikasi Pascal N-IDE Editor And Compiler Programming di smartphone Android, kalian juga bisa menulis kode pascal dari laptop/komputer kalian dengan menggunakan aplikasi Free Pascal. Meskipun sebeneranya kalian juga bisa menggunakan aplikasi Lazarus IDE yang mana dengan aplikasi ini tampilannya lebih modern dibandingkan dengan Free Pascal. Namun bagi kalian yang baru mengenal pascal maka saya merekomendasikan aplikasi Free Pascal untuk digunakan menulis kode pascal dari pada Lazarus IDE. Hal ini karena dengan menggunakan aplikasi Free Pascal maka kalian dituntut untuk menulis semua kode dari awal. Sedangkan bila menggunakan Lazarus IDE maka kode dasar dari pascal sudah otomatis ditulis di lembar kerja baru seperti halnya di editor pascal versi Android yang biasanya kalian gunakan.  
 
Ok, untuk menginstal Free Pascal, maka terlebih dahulu kalian harus mendownload aplikasnya dari website reseminya FreePascal.org dan memilih aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer kalian. Setelah proses download selesai maka kalian bisa menginstal aplikasi tersebut di komputer kalian sesuai dengan yang kalian inginkan. 

Untuk tutorial cara menginstal dan mendowloadnya kalian bisa menonton video di bawah ini agar lebih mudahnya.

ads here

Jangan lupa untuk kunjungi channel youtube saya #EDUSINEMA di link : Youtube.com/c/EdUs-isengrapher. Jangan lupa juga untuk klik Like, Subcribe, Share dan Komen bila ada masukan atau pertanyaan.

0 comments

Barangkali ada kekurangan dari tulisan ini silahkan tambahkan di kolom komentar untuk berdiskusi.