This is a Brave Rewards publisher verification file. Domain: ngopot.com Token: f56aa6c52b6a82e66c66d9aa78a62d5b8dfcd55a326f2e64e63e502024be1626

Type something and hit enter

author photo
By On
Berkenaan dengan penyebaran Coronavirus Disease (Covid -19) yang semakin meningkat maka kesehatan lahir dan batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan. 

Itulah adalah kalimat pembuka yang tertulis pada surat edaran (SE) nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang disampaikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Di dalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa, Ujian Nasional (UN) yang sedianya dilaksanakan mulai akhir bulan Maret 2020 ini dinyatakan dibatalkan termasuk di dalamnya Ujian Komptensi Keahlian bagi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Good Bye Ujian Nasional

Dengan dibatalkannya Ujian Nasional ini maka, salah satu syarat kelulusan dari satuan pendidikan tidak lagi ditentukan dengan keikutsertaan siswa di Ujian Nasional 2020. Adapun untuk syarat seleksi masuk perguruan tingggi juga sama, tidak ditentukan berdasarkan nilai Ujian Nasional karena UN sudah dibatalkan. 

Setelah surat edaran ini beredar luas dan hampir semua sekolah sudah mendapatkan edaran tersebut, maka dipastikan UNBK (Ujian Nasional Berbasi Komputer) dinyatakan MATI. 

Innalillahi Wa Innalillahi Roji'un, setelah berjuang melawan virus corola yang semakin liar menyerang siapa saja. Akhirnya Ujian Nasional-pun menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 24 Maret 2020 seperti yang tertulis di surat edaran menteri pendidikan di atas. Ternyata Ujian Nasional pun tidak mampu menghindar dari serangan pandemi virus yang sudah menjadi momok di seluruh belahan pantat, eh belahan dunia itu. 

Semoga saja Ujian Nasional mati dengan tenang dan mendapatkan tempat yang terindah disisi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Mari kita kenang jasa-jasa Ujian Nasional yang telah banyak memberikan manfaat dan juga cemoohan dari banyak pihak sejak Ujian Nasional ini diadakan pertama kali tahun 1950-an dimana di kala itu Ujian Nasional disebut dengan Ujian Penghabisan, dan akhirnya habis sudah masa hidupnya Ujian ini [baca lanjutannya disini]

0 comments

Barangkali ada kekurangan dari tulisan ini silahkan tambahkan di kolom komentar untuk berdiskusi.