Memanfaatkan Waktu Disaat Corona Memaksa Kita Rebahan

Mau dibilang libur tapi nyatanya ini bukan waktunya untuk liburan, tapi kalo mau dibilang gak libur tapi nyatanya cuma di rumah doang gak berangkat ke sekolah untuk mengikuti kegiatan KBM (kegiatan belajar mengajar)mseperti sediakala.

Jaga jarak via holamigo.id
Sesuai dengan instruksi dari pemerintah dan juta pemrov Jawa Tengah terkain dengan pencegahan pandemi Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan nama beken Corona. Maka terhitung sejak tanggal 16 Maret 2020 semua sekolah khususnya yang berada di bawah lingkungan pemprov Jateng yaitu SMA & SMK sederajat memutuskan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah masing-masing dengan memanfaatkan kemajuan teknologi internet.
Hal ini juga berimbas dengan kegiatan pembelajaran di SMA 1 Pekalongan yang sejak dikeluarkannya SK Gubernur yang kemudian ditindak lanjuti dengan keluarnya surat pemberitahuan untuk Wali Murid SMANSA yang telah dipublikasikan lewat website sekolah. Bahwa semua kegiatan pembelajaran termasuk Ujian Sekolah yang seharusnya masih tersisa 3 hari lagi yaitu dari hari Senin sampai dengan hari Rabu (18 Maret 2020) terpaksa diganti dengan penugasan individual dan harus dilaksanakan di rumah masing-masing Kartinians.
Sejak keluarnya himbauan tentang Social Distancing di hampir semua lingkup pelayanan publik termasuk sekolah. Maka semua pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka di kelas diganti dengan pembelajaran jarak jauh berbasis internet dengan menggunakan media pembelajaran baik itu melalui grup-grup chatting semacam whatsapp, telegram ataupun media belajar berbasis internet lain seperti edmodo, quipper school, ruang guru atuapun yang lainnya.
Meskipun pemerintah beserta pihak sekolah menghimbau agar semua siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan mengguanakan fasilitas internet, tapi saya yakin tidak sedikit yang justru memanfaatkan waktu social distancing ini untuk berlibur dan bermalas-malasan di rumah. Maksudnya bermalas-malasan itu waktu yang ada tidak digunakan untuk belajar sebagaimana mestinya namun justru digunakan untuk nonton drama korea sampai habis bersesen-sesen. Bahkan pasti ada yang menghabiskan waktu dengan tidur sepuasnya mumpung ada libur dadakan seperti sekarang ini. Kalau pergi berlibur mungkin tidak ya, karena kemungkinan banyak yang kuatir kalau-kalau pas berlibur ke tempat wisata malah nanti kena virus corola, jadi mending lebih baik di rumah sambil mantengin status gebetan atau sambil stalking instagram mantan yang sampai sekarang masih saja jomblo sejak putus dengan kamu.
Sebenernya, meskipun kalian malah untuk belajar materi pelajaran sekolah. Kalian masih bisa memanfaatkan waktu luang disaat social distancing ini dengan banyak hal. Salah satunya yang bisa kalian lakukan adalah memanfaatkan waktu selama 14 hari ini dengan mengasah skill kalian dalam bidang yang kalian sukai dan itu bisa dilakukan sendirian di rumah kalian masing-masing. Misal buat kalian yang hobi main game kenapa tidak mengasah skill kalian dalam game yang kalian sukai itu. Dari pada cuma main game tapi skill tidak berkembang, mending kalian gunakan waktu ini dengan mengasah skill kalian dengan cara bermain game dengan diberikan patokan atau goal yang harus kalian raih selama waktu tertentu. Misal kalau kalian suka main game PES/FIFA (game sepak bola), dan kalian masih belum bisa salah satu skill tendangan terbaru maka itu bisa kamu asah terus menerus hingga kalian bisa dan akhirnya jadi mahir.
Buat kalian yang suka menulis kenapa tidak menuliskan cerita fiksi atau puisi soal virus corola ini. Kalau saya sendiri suka nulis blog maka saya luangkan waktu untuk mencari ide dengan membaca berita atau buku kemudian idenya ditulis di blog saya sendiri.
Jangan cuma tidur dan makan doang ya, gunakan waktu 2 minggu ini untuk belajar hal baru yang pengen kalian kuasai. Itu kalau kalian sudah mengerjakan tugas dari sekolah tentunya ya, kalau tugas dari sekolah belum dikerjakan ayo ndang dikerjakan dulu baru deh kalian bisa belajar hal baru seperti saya di atas.
Atau kalian bisa juga belajar hal baru yang selama ini pengen kalian pelajari, misal belajar masak bagi yang cewek-cewek, atau juga bisa buat para cowok agar bisa masak seperti saya. Iya saya bisa masak, dan saya suka masak, sering di rumah saya masak untuk istri saya dan keluarga. Kalau ada resep baru selalu saya praktikan cara membuat masakan dengan resep itu. Selama liburan dadakan corola ini juga saya gunakan waktu saya untuk belajar bahasa pemrograman javascirpt serta python. Kebetulan kedua bahasa itu termasuk bahasa yang belum saya kuasai dan penasaran pengen bisa dan mahir dengan kedua bahasa pemrograman itu.
Nah, kalau kalian sendiri kira-kira apa yang bisa kalian lakukan saat liburan dadakan virus corola seperti sekarang ini?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memanfaatkan Waktu Disaat Corona Memaksa Kita Rebahan"

Post a comment

Terima kasih telah mampir dan silahkan tinggalkan jejak (komentar) Anda di bawah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung ke email Anda:

Iklan Tengah Artikel 2

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Iklan Bawah Artikel